Daftar Menu Gizi Seimbang untuk Anak yang Wajib Dipenuhi

Published by konten on

daftar menu gizi seimbang untuk anak

Dikurasi Oleh: Maretta Putri A., S.Farm., Apt

Daftar menu gizi seimbang untuk anak yang wajib dipenuhi ternyata bukan dari bahan makanan yang mahal. Tahukah Anda? Ternyata tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya sejak kecil. Makan teratur tiga kali sehari bukan jaminan terpenuhinya gizi anak. Sebagai orang tua, tugas Anda adalah memastikan mereka mendapat cukup nutrisi sesuai tahapan usianya.

Makanan bergizi tidak harus mahal dan mewah ataupun dibeli di supermarket besar. Anda bisa membeli bahan makanan bernutrisi di dengan harga yang murah tetapi harus dijaga kebersihannya. Sebagai referensi, berikut daftar asupan bernutrisi tinggi yang wajib diberikan kepada anak setiap hari.

1. Sayuran Berwarna

Makanan gizi seimbang untuk anak yaitu tidak lepas dari sayur. Meskipun tidak banyak yang menyukainya, tetapi setiap hari anak diwajibkan konsumi sayur. Ketidaksukaan seseorang terhadap sayuran ternyata bisa disebabkan karena jarang dikenalkan pada sayur sejak kecil. Alhasil tumbuh kembang si Kecil bisa tidak seimbang. Nah, mulai sekarang Anda wajib memasukkan sayur berwarna ke dalam menu makan harian anak-anak.

Selain kaya serat, sayuran juga mengandung zat penting lain seperti vitamin, karbohidrat, serta antioksidan yang berperan dalam perkembangan tubuh dan otak si kecil. Bayam, wortel, tomat, brokoli, serta pakcoy adalah beberapa contoh sayuran yang sangat bagus untuk anak-anak. Jadi jangan lupa memasukan ke dalam menu makan harian buah hati, ya.

2. Susu

Menu seimbang bagi bayi dan balita yang tidak boleh dilewatkan adalah susu. Susu adalah sumber makanan yang mengandung protein, kalsium, kalium, serta vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi anak. Terutama ASI yang berperan penting untuk menambah imun tubuh secara alami pada bayi dan balita, karena itu para dokter ataupun ahli gizi menyarankan untuk memberikan ASI eksklusif.

Beberapa jenis susu juga memiliki kandungan asam folat yang penting untuk perkembangan otak anak. Apabila anak tak suka minum susu, cobalah mengganti dengan olahan dairy product lain, seperti keju atau yogurt.

3. Ikan

Contoh daftar menu gizi seimbang untuk anak adalah ikan. Baik ikan laut maupun ikan tawar sama-sama mengandung nutrisi tinggi yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan si kecil. Nutrisi yang dimaksud adalah protein serta vitamin A, D, E, dan K. Mengonsumsi ikan secara rutin juga akan membuat mata anak lebih sehat dan jernih.

Ikan yang sangat direkomendasikan adalah ikan salmon dan sarden karena mengandung asam lemak omega 3 dan DHA. Namun, ikan jenis lain juga tak kalah banyak nutrisinya, kok. Yuk, biasakan anak makan ikan sejak dini.

4. Daging dan Kuning Telur

Makanan seimbang untuk anak selanjutnya adalah daging dan kuning telur. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan terkena anemia, lho. Anemia pada si kecil biasanya ditandai dengan gejala lemas, letih, serta emosi yang tidak terkontrol. Untuk itu, berikan nutrisi penting berupa makanan kaya zat besi seperti daging dan kuning telur.

Zat besi diperlukan dalam proses pembentukan hemoglobin darah. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi akan membuat anak lebih sehat, bugar, dan yang lebih penting yaitu agar tubuh tidak kekurangan gizi.

5. Buah-Buahan

Gizi seimbang untuk anak bisa didapatkan dari buah-buahan. Anak juga perlu banyak mengonsumsi buah-buahan karena mengandung serat (fiber) yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Apabila serat tercukupi, si Kecil akan merasa kenyang lebih lama dan tidak gampang sembelit. Selain itu, serat larut dalam buah-buahan juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Tak hanya buah dan sayur, serat juga bisa diperoleh dari rumput laut.

Buah-buahan yang mengandung vitamin C dosis tinggi seperti jeruk, melon, dan nanas ternyata juga bermanfaat menjaga kesehatan gusi anak, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah infeksi. Jadi jangan lupa sediakan buah untuk si kecil, ya.

6. Kacang-Kacangan

Menu makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kacang-kacangan. Kacang adalah sumber energi yang sangat bagus untuk anak-anak. Kandungan protein nabatidi dalamnya juga dapat membantu meningkatkan kapasitas otak mereka, sehingga daya ingatnya makin tajam. Jadi tak hanya tubuh yang aktif, tapi kemampuan berpikirnya juga lebih optimal.

Selama anak tidak alergi dengan kacang-kacangan, tidak ada salahnya dimasukan ke dalam menu makan hariannya. jenis kacang-kacangan yang bacik untuk si Kecil diantaranya kacang polong, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai. Pastikan Anda mengolah kacang-kacang tersebut dengan benar agar tidak membuat tersedak.

Nah, itulah beberapa asupan bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan gizi anak. Selalu konsultasikan dahulu keseimbangan gizi anak dengan dokter atau ahli gizi. Bila perlu, berikan vitamin atau suplemen makanan tambahan agar mereka tumbuh lebih aktif, sehat, dan ceria. Anda bisa membelinya di K24Klik tanpa keluar rumah dan langsung diantar kerumah.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *