fbpx
Share this:

Dikurasi Oleh: Maretta Putri A., S.Farm., Apt

Tahukah Anda? Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya sejak kecil, lho. Ya, makan teratur tiga kali sehari bukan jaminan terpenuhinya gizi anak. Sebagai orang tua, tugas Anda adalah memastikan mereka mendapat cukup nutrisi sesuai tahapan usianya.

Makanan bergizi tidak harus mahal, kok. Sebagai referensi, berikut daftar asupan bernutrisi tinggi yang wajib diberikan kepada anak setiap hari.

  1. Sayuran Berwarna

Ketidaksukaan seseorang terhadap sayuran ternyata bisa disebabkan karena ia jarang dikenalkan pada sayur sejak kecil. Alhasil tumbuh kembangnya jadi tidak optimal. Nah, mulai sekarang Anda wajib memasukkan sayur berwarna ke dalam menu makan harian anak-anak.

Selain kaya serat, sayuran juga mengandung zat penting lain seperti vitamin, karbohidrat, serta antioksidan yang berperan dalam perkembangan tubuh dan otak si kecil. Bayam, wortel, tomat, brokoli, serta pakcoy adalah beberapa contoh sayuran yang sangat bagus untuk anak-anak.

2. Susu

Susu adalah sumber makanan yang mengandung protein, kalsium, kalium, serta vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi anak. Beberapa jenis susu juga memiliki kandungan asam folat yang penting untuk perkembangan otak mereka. Kalau anak tak suka minum susu, coba ganti dengan olahan dairy product lain, seperti keju atau yogurt.

3. Ikan

Baik ikan laut maupun ikan tawar sama-sama mengandung nutrisi tinggi yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan si kecil. Nutrisi yang dimaksud adalah protein serta vitamin A, D, E, dan K. Mengonsumsi ikan secara rutin juga akan membuat mata anak lebih sehat dan jernih.

Ikan yang sangat direkomendasikan adalah ikan salmon dan sarden karena mengandung asam lemak omega 3 dan DHA. Namun, ikan jenis lain juga tak kalah banyak nutrisinya, kok. Yuk, biasakan anak makan ikan sejak dini.

4. Daging dan Kuning Telur

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan terkena anemia, lho. Anemia pada si kecil biasanya ditandai dengan gejala lemas, letih, serta emosi yang tidak terkontrol. Untuk itu, berikan nutrisi penting berupa makanan kaya zat besi seperti daging dan kuning telur.

Zat besi diperlukan dalam proses pembentukan hemoglobin darah. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi akan membuat anak lebih sehat, bugar, dan aktif bergerak.

5. Buah-Buahan

Selain sayur, anak juga perlu banyak mengonsumsi buah-buahan. Sumber makanan ini mengandung serat (fiber) yang membantu menjaga kesehatan pencernaan, sehingga si kecil kenyang lebih lama dan tidak gampang sembelit.

Selain itu, serat larut dalam buah-buahan juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Tak hanya buah dan sayur, serat juga bisa diperoleh dari rumput laut.

Buah-buahan yang mengandung vitamin C dosis tinggi seperti jeruk, melon, dan nanas ternyata juga bermanfaat menjaga kesehatan gusi anak, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah infeksi. Selalu sedia buah di kulkas ya, Bun.

6. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber energi yang sangat bagus untuk anak-anak. Kandungan protein di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan kapasitas otak mereka, sehingga daya ingatnya makin tajam. Jadi tak hanya tubuh yang aktif, tapi kemampuan berpikirnya juga lebih optimal.

Nah, itulah beberapa asupan bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan gizi anak. Bila perlu, yuk berikan vitamin atau suplemen makanan tambahan dari K24 agar mereka tumbuh lebih aktif, sehat, dan ceria.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *