Kekurangan Gizi: Pengertian, Akibat, dan Cara Mengatasi

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

dampak-tubuh-kekurangan-gizi
Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Tubuh kekurangan gizi memang menjadi salah satu kondisi yang tidak boleh dianggap sebelah mata begitu saja. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena apabila tubuh malnutrisi maka akan menyebabkan sejumlah masalah pada tubuh.

Bahkan beberapa penyakit berbahaya pun bisa menyerang apabila tubuh mengalami kurang gizi. 

Kurang gizi adalah kondisi dimana tubuh tidak memperoleh asupan nutrisi yang cukup seperti asupan protein, vitamin, kalori hingga mineral. Adapun efek dari kekurangan gizi tersebut akan menyebabkan  tubuh kurus, wasting, hingga stunting.

Malnutrisi juga bisa menyerang siapa pun itu. Baik anak-anak, maupun orang dewasa. 

Dampak Kekurangan Gizi Bagi Manusia

Kurang gizi yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama memang tidak boleh dianggap sebelah mata karena dapat menimbulkan masalah yang mengganggu kesehatan anda. Terlebih lagi apabila masalah ini terjadi pada anak-anak maka akan menyebabkan mereka mudah untuk terkena infeksi.

Kerja sama antara UNICEF (United Nations Children’s Fund) dengan Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) menemukan bahwa 31 persen balita di Indonesia mengalami stunting. Maka dari itu, masih dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk mengatasi problem krusial ini.

Dan langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengeui bagaimana pengertian, dampak kekurangan gizi, contoh penyakit, serta cara mengatasinya.

Untuk itulah pentingnya mengetahui bagaimana tanda tubuh kekurangan gizi. Berikut ulasannya. 

Adanya penurunan berat badan 

Tanda tubuh kekurangan gizi yang pertama adalah penurunan berat badan. Penurunan berat badan tersebut dapat terjadi karena menurunkan jumlah asupan makanan maupun nutrisi. Tetapi perlu diingat juga apabila penurunan berat badan belum tentu karena malnutrisi tetapi juga bisa disebabkan karena adanya penyakit tertentu. 

Sulitnya untuk konsentrasi 

Tidak hanya itu saja, seseorang yang kekurangan gizi ternyata juga akan lebih sulit untuk konsentrasi.  Adapun kesulitan dalam konsentrasi tersebut biasanya juga disebabkan karena masalah kesehatan seperti mengalami anemia. 

Kulit menjadi lebih pucat 

Kulit yang pucat bukan hanya terjadi ketika anda sedang sakit saja, tetapi juga terjadi ketika tubuh anda kekurangan gizi atau mengalami malnutrisi. Adapun bagian yang paling terlihat biasanya adalah warna bibir dimana menjadi lebih pucat daripada biasanya. 

Mudah mengalami lelah 

Lelah memang menjadi salah satu kondisi yang sering terjadi tetapi apabila anda mudah mengalami lelah walaupun sedang menjalani aktivitas yang tidak berat, maka anda wajib berhati-hati. Pasalnya mudah lelah juga bisa menjadi tanda apabila tubuh anda kekurangan gizi. 

dampak-kekurangan-gizi-pada-tubuh-manusia
Dampak kekurangan gizi pada tubuh manusia (Dok.Istimewa/K24klik)

Rambut kering dan rontok 

Bukan hanya kulit anda yang mengalami masalah, tetapi rambut juga akan lebih kering dan rontok ketika anda sedang mengalami malnutrisi ini. Biasanya malnutrisi tersebut juga akan menyebabkan rambut menjadi lebih coklat dibandingkan dengan biasanya. 

Selain tanda tubuh kekurangan gizi diatas, masih ada tanda lainnya seperti nafsu makan dan minum yang berkurang, sering merasa sakit dengan proses penyembuhan lama, merasa lebih lemah dan pada anak biasanya mempunyai berat badan yang tidak bertambah. 

Penyebab Kurang Gizi 

Adapun kekurangan gizi ini ternyata dapat disebabkan oleh berbagai macam hal  diantaranya adalah 

  1. Penyakit tertentu di mana dapat menyebabkan nafsu makan seseorang menjadi berkurang seperti gangguan pencernaan, penyakit hati hingga penyakit paru-paru 
  2. Kondisi kesehatan mental tertentu seperti depresi atau skizofrenia yang akan mempengaruhi mood seseorang untuk makan 
  3. Gangguan pencernaan makanan yang berdampak pada proses penyerapan nutrisi. Contohnya seperti penyakit colitis ulserati dan crohn.  
  4. Mengalami demensia dimana menyebabkan seseorang mengabaikan kesehatan bahkan hingga lupa 
  5. Mengalami penyakit terkait gangguan makan seperti anoreksia 

Contoh Penyakit Kekurangan Gizi

Kondisi tubuh kurang gizi bukanlah sesuatu yang bisa disepelekan. Jangan sampai Anda menganggapnya sebelah mata. Karena bisa berdampak lebih besar pada kesehatan tubuh sehingga menimbulkan penyakit kekurangan gizi.

Berdasarkan temuan para ahli kesehatan, terdapat beberapa contoh penyakit akibat kurang gizi atau malnutrisi. Antara lain:

  1. Marasmus
  2. Skorbut (skurvy)
  3. Kwashiorkor
  4. Beri-beri
  5. Anemia
  6. Pellagra
  7. Hiponatremia
  8. Defisiensi vitamin
  9. Gondok
  10. Hipokalemia

Cara Mengatasi Kurang Gizi Pada Orang Dewasa

Umumnya, pada orang dewasa, ahli gizi akan menawarkan rencana pengobatan yang mendetail. Rencana tersebut dirancang menyesuaikan berbagai faktor; seperti penyakit bawaan, komplikasi, tingkat keparahan, dan masih banyak lagi.

Biasanya rencana tersebut berisi seputar perubahan pola makan. Pasalnya, ini adalah solusi paling utama yang diberikan ahli gizi. Bisa berupa penyertaan makanan bergizi yang sudah diperhitungkan, bisa pula dengan menyertakan suplemen tertentu.

Usai program khusus, nantinya pasien akan terus diawasi. Tujuannya untuk mengamati pertumbuhan berat badan serta kemampuan rutin. Pemantauan ini juga bertujuan untuk memastikan zat gizi dan asupan kalori sudah tepat.

Demikian beberapa tanda dan penyebab dari kekurangan gizi yang perlu diketahui.  Untuk mengobati tubuh kekuurangan gizi sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti mulai mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh dan melakukan pemeriksaan secara rutin pada dokter.