Share this:

berat-badan-4

Masalah berat badan tidak hanya dialami oleh mereka yang bertubuh gemuk saja. Banyak orang bertubuh kurus, juga mengeluhkan tentang berat badan mereka yang kurang. Sehingga makan dengan porsi sebanyak mungkin menjadi pilihan untuk menaikkan berat badan. Meski cara tersebut cukup efektif untuk sebagian orang, namun tentu saja hasil yang diperoleh tidak maksimal dan kurang menyehatkan.

Menaikkan berat badan, bukan hanya tentang menambah nafsu makan saja, tapi juga harus diimbangi dengan olah raga dan banyak hal lainnya.

 

Jadi, bagaimana cara menaikkan berat badan yang tepat? Simak tipsnya :

menu-makanan-penambah-berat-badan

  • Makanlah secara teratur 3x sehari dan diselingi dengan 2x snack. Selain 3x menu makanan utama, tambahlah dengan camilan. Pilih camilan yang menyehatkan seperti pisang, keju, coklat, kudapan, roti, apel, dan buah lainnya
  • Perbanyak asupan protein, karbohidrat, dan lemak. Perlu Anda ingat, menaikkan berat badan bukan berarti Anda bisa makan sembarangan. Pilihlah jenis makanan yang tinggi protein, karbohidrat, dan kaya lemak sehat. Anda bisa mengkombinasikan makanan seperti daging merah, telur, buah-buahan (seperti alpukat), sayur, dan kacang-kacangan setiap harinya agar nutrisi harian Anda terpenuhi.
  • Olahraga teratur, misalnya fitness, yang berfokus pada latihan angkat beban atau weight lifting. Latihan ini selain berfungsi membentuk badan lebih proporsional, juga akan membantu menambah nafsu makan Anda.

fitness

  • Istirahatlah yang cukup, dengan tidur 7 sampai 8 jam perhari dan hentikan kebiasaan bergadang. Fakta membuktikan bahwa tidur selama 7-8 jam per hari, memberi kesempatan pemulihan pada otot.
  • Bila Anda seorang perokok, segera hentikan kebiasaan tersebut. Karena menurut penelitian, nikotin yang terkandung di rokok dapat menekan nafsu makan.
  • Konsumsi multivitamin jika diperlukan. Multivitamin yang dikonsumsi merupakan jenis vitamin yang dapat membantu menaikkan berat badan, seperti vitamin B kompleks atau curcuma. Anda juga dapat menambahnya dengan konsumsi susu yang dikhususkan untuk menambah berat badan.
  • Banyak konsumsi air putih. Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu organ percernaan, sehingga proses penyerapan nutrisi makanan dapat berjalan optimal
  • Berkonsultasilah dengan ahli gizi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahli gizi, terkait diet yang tepat untuk menaikkan berat badan Anda, juga untuk mengetahui jumlah kalori yang Anda butuhkan per harinya.

Nah, itulah tips menaikkan berat badan yang bisa Anda terapkan mulai sekarang. Naikkan berat badanmu dengan cara yang sehat, ya, Sobat Sehat. (dev/dev)