Tips Diet Sehat dan Aman untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-tips-diet-sehat-dan-aman
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Diet sehat dapat anda lakukan untuk memperoleh berat badan yang ideal. Diet menjadi salah satu cara yang biasa dipilih oleh masyarakat untuk memperoleh gaya hidup yang lebih sehat. Dan jika Anda ingin mengurangi berat badan dengan cara yang aman, bisa tiru tips diet sehat berikut ini.

Saat ini terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menjalani program satu ini. Walaupun terdengar mudah, tetapi menurunkan berat badan bukanlah hal yang gampang dilakukan. 

Bukan hanya godaan makanan maupun minuman yang lezat saja, tetapi tidak sedikit dari para pelaku diet tersebut tertarik buat mencoba berbagai macam metode untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

‘Sayangnya, tidak semua metode penurunan berat badan yang anda temukan tersebut aman untuk tubuh anda tersebut. 

Bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang memutuskan untuk menjalani diet ketat dimana tidak  mendapatkan nutrisi yang baik atau bahkan memuntahkan kembali makanan mereka agar bisa mendapatkan tubuh yang cepat kurus.

‘Perlu diingat, apabila diet seperti ini bukanlah cara yang benar bahkan bisa mengancam kesehatan anda tersebut. 

Tips Diet Sehat dan Aman Untuk Tubuh 

Untuk anda yang tertarik buat mendapatkan diet sehat, sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Asalkan anda mengetahui caranya, mempunyai niat dan komitmen yang kuat. Buat yang ingin memulainya, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Jangan melewatkan sarapan 

Kesalahan seseorang ketika sedang menjalani program diet adalah melewatkan sarapan. Padahal sebenarnya sarapan menjadi bagian yang sangat penting untuk tubuh anda.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena sarapan bisa memberikan energi buat anda ketika sedang memulai hari dan membuat kenyang lebih lama. 

Tetapi ketika sarapan, anda juga harus memperhatikan nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut. Pastikan apabila makanan tersebut mengandung protein, karbohidrat kompleks hingga serat. 

Hindari minuman manis 

Tidak bisa dipungkiri apabila minuman manis memang menjadi minuman yang menggugah selera bukan? Tetapi sayangnya, minuman manis ternyata juga dapat menambah berat badanmu secara drastis.

Itulah mengapa ketika anda sedang menjalani diet sehat, sebaiknya menghindari minuman manis dan yang berkalori tinggi.

Adapun beberapa minuman yang harus dihindari diantaranya adalah soda, smoothies,  yogurt manis, hingga minuman berenergi. 

Jangan lupa mengonsumsi air putih sebelum makan 

Untuk membantu menurunkan berat badan, anda sebaiknya juga rutin untuk mengonsumsi air putih. Caranya adalah dengan membiasakan untuk mengonsumsi air putih 30 menit sebelum makan.

Kebiasaan yang satu ini ternyata juga dapat mencegah anda  agar tidak makan terlalu banyak. Secara tidak langsung, dapat mengontrol diri anda untuk makan banyak. 

Mengonsumsi  makanan dengan kandungan serat larut 

Tips lainnya untuk mendapatkan tubuh ideal dengan sehat adalah lebih banyak untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan serat larut. Makanan yang mengandung serat larut inilah biasanya akan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Adapun serat larut dapat diperoleh dari kacang-kacangan, ubi, alpukat, pir, brokoli, wortel, jambu biji dan oat. 

Jangan lupa untuk berolahraga 

Jangan sampai anda sudah melakukan beberapa tips diatas tetapi lupa untuk melakukan kegiatan fisik. Diet yang sehat sendiri ternyata juga harus dibarengi dengan olahraga yang rutin.

Olahraga kardio dan olahraga yang melatih ketahanan tubuh bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu anda menurunkan berat badan. 

Selain tips diatas, sebaiknya juga anda memperhatikan porsi dan intensitas makan anda. Jangan lupa buat mendapatkan tidur yang cukup untuk mengembalikan energi yang anda miliki.

Demikian beberapa tips dalam menjalani diet sehat yang bisa anda tiru.