15 Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit tenggorokan susah menelan di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sakit tenggorokan susah menelan menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah pada tenggorokan. Beberapa obat sakit tenggorokan di apotik paling ampuh adalah Degirol, FG Troches, Efisol C hingga Cooling 5 Spray.

Sakit tenggorokan biasanya dapat membuat tenggorokan terasa nyeri, gatal hingga sulit untuk menelan minuman atau makanan. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan beragam obat sakit tenggorokan susah menelan yang tersedia di apotik.

Mayoritas sakit tenggorokan susah menelan sendiri disebabkan oleh infeksi virus ataupun peradangan. Tidak hanya makanan ataupun minuman, tenggorokan juga akan terasa sakit dan susah menelan ludah.

Meski pada beberapa kasus sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya, penggunaan obat dapat membantu tenggorokan pulih lebih cepat dan mencegah masalah bertambah parah.

Baca juga: 24 Radang Tenggorokan Paling Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan di Apotik

Terdapat beragam sediaan obat sakit tenggorokan susah menelan di apotik mulai dari tablet, tablet hisap, larutan penyegar hingga obat kumur. Penggunaan obat-obatan tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dari penderita.

Dapat dibeli secara bebas maupun memerlukan resep dokter, berikut ini merupakan rekomendasi obat sakit tenggorokan susah menelan di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1. Degirol Loz Tablet

obat sakit tenggorokan susah menelan degirol loz tablet

Beli Degirol Loz Tablet Klik di Sini

Salah satu obat sakit tenggorokan susah menelan paling ampuh di apotik adalah Degirol Loz Tablet. Obat ini memiliki kandungan dequalinium chloride yang bekerja efektif dalam meredakan sakit tenggorokan baik karena infeksi ataupun peradangan.

Tablet hisap yang satu ini dapat dikonsumsi setiap 3-4 jam dengan ketentuan 1 tablet dihisap, dosis maksimal 8 tablet hisap per hari. Dapatkan penawaran harga terbaik untuk produk ini hanya di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

2. FG Troches

obat sakit tenggorokan fg troches

Beli FG Troches Klik di Sini

Termasuk dalam obat golongan keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan FG Troches dan perlu memerhatikan dosis penggunaan dengan seksama. Obat sakit tenggorokan ini mengandung fradiomycin dan juga gramicidin di dalamnya.

Manfaat utama dari FG Troches adalah membunuh beragam jenis bakteri penyebab peradangan dan sakit tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/tablet

3. Cooling 5 Spray

obat sakit tenggorokan di apotik cooling 5 spray

Beli Cooling 5 Spray Klik di Sini

Dehidrasi ataupun flu dapat menjadi penyebab utama sakit tenggorokan susah menelan. Untuk mengatasi rasa sakit tersebut, Anda dapat memanfaatkan Cooling 5 Spray dengan kandungan phenol crystal di dalamnya.

Anda dapat memberikan 2-3 kali semprotan Cooling 5 Spray pada rongga mulut dan diulang tiap 2  jam sekali sampai sakit tenggorokan mereda.

Kisaran harga: Rp 46 ribu/botol

4. Komix Lo Han Kuo

obat sakit tenggorokan komix lo han kuo

Beli Komix Lo Han Kuo Klik di Sini

Tidak hanya susah menelan, sakit tenggorokan juga dapat membuat Anda batuk-batuk. Membantu melegakan tenggorokan dan juga meredakan batuk, Komix Lo Han Kuo merupakan salah satu pilihan obat yang tepat.

Komposisi dari obat herbal ini adalah Lo Han Kuo, polargonium dan juga madu. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali 1 stick pack per hari pada dewasa.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/dos

5. SP Troches

obat sakit tenggorokan sp troches

Beli SP Troches Klik di Sini

Antiseptik mulut yang dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan, SP Troches merupakan obat dengan kandungan dequalinium chloride di dalamnya. Selain mengobati sakit tenggorokan, SP Troches juga dapat membantu pencegahan infeksi rongga mulut.

Anjuran mengonsumsi obat sakit tenggorokan ini adalah 1 tablet hisap untuk 6-8 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

6. Efisol C Loz Tablet

obat sakit tenggorokan efisol c loz tablet

Beli Efisol C Loz Tablet Klik di Sini

Mengkombinasikan dequalinium chloride dan juga vitamin C, Efisol C Loz Tablet dapat meringankan sakit tenggorokan. Anda dapat mengonsumsi obat ini 1 tablet hisap tiap 3 jam sekali, dilanjut dengan 4-5 jam sekali ketika sakit tenggorokan mereda.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/strip

7. Larutan K3 Anak

obat sakit tenggorokan larutan k3 anak

Beli Larutan K3 Anak Klik di Sini

Minuman penyegar menjadi salah satu andalan untuk mengatasi masalah pada tenggorokan. Untuk si kecil, Anda dapat memanfaatkan Larutan K3 Anak yang hadir dengan varian rasa buah manis favorit anak.

Tidak hanya meredakan sakit tenggorokan susah menelan, larutan K3 juga dapat mencegah sariawan dan meredakan panas dalam.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/botol

8. Betadine Throat Spray

obat sakit tenggorokan bertadine throat spray

Beli Betadine Throat Spray Klik di Sini

Mengandung povidone iodine, Betadine Throat Spray menjadi salah satu antiseptik rongga mulut yang bekerja ampuh dalam meredakan sakit tenggorokan. Anda dapat menyemprotkan obat ini 3 kali dalam sehari tanpa perlu dibilas.

Obat ini juga dapat membantu Anda meredakan sariawan, gusi bengkak dan bau napas tidak sedap.

Kisaran harga: Rp 137 ribu/pcs

9. Herbacold Tablet

obat sakit tenggorokan herbacold tablet

Beli Herbacold Tablet Klik di Sini

Obat sakit tenggorokan susah menalan herbal yang juga memberikan efek menyegarkan, Herbacold Tablet mengandung biji jinten hitam dan kulit buah mahkota dewa. Manfaat dari obat ini adalah mengatasi radang tenggorokan dan infeksi saluran napas atas.

Dosis anjuran menggunakan obat herbal ini adalah 4 kali sehari dengan ketentuan 1 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/strip

10. Strepsils Cool

obat sakit tenggorokan susah menelan strepsils cool

Beli Strepsils Cool Klik di Sini

Meskipun Strepsils Cool bukanlah obat yang langsung bekerja efektif dalam meredakan sakit tenggorokan, permen ini dapat membantu melegakan tenggorokan. Dengan begitu, sakit tenggorokan dapat berangsur mereda diiringi dengan konsumsi air putih cukup.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/pcs

11. Tantum Verde Gargle

obat sakit tenggorokan tantum verde gargle

Beli Tantum Verde Gargle Klik di Sini

Selain obat-obatan oral, Anda juga dapat memanfaatkan Tantum Verde Gargle yang merupakan obat kumur dengan akndungan benzydamine HCl di dalamnya.

Obat kumur ini dapat membantu meringankan rasa sakit pada tenggorokan dan mudah untk digunakan. Cukup manfaatkan 15 ml Tantum Verde Gargle untuk berkumur selama 1 menit sebelum dibuang.

Kisaran harga: Rp 30 ribu/botol

12. Tantum Loz Tablet

obat sakit tenggorokan susah menelan tantum loz tablet

Beli Tantum Loz Tablet Klik di Sini

Tablet hisap yang berfungsi sebagai antiseptik tenggorokan, Tantum Loz Tablet dapat membantu meredakan sakit tenggorokan susah menelan. Obat ini juga biasa dimanfaatkan untuk meredakan tonsilitis, sariawan, mukositis, stomatitis hingga gingitivitis.

Dapat dibeli secara bebas, jaminan produk Tantum Loz Tablet 100% asli hanya di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/dos

13. Betadine Menthol & Eucalyptus Lozenges

obat sakit tenggorokan betadine menthol eucalyptus lozenges

Beli Betadine Menthol & Eucalyptus Klik di Sini

Mengkombinasikan amylmetacresol dan dybenal di dalamnya, Betadine Menthol & Eucalyptus Lozenges dapat membantu melegakan tenggokan sekaligus meredakan sakit tenggorokan.

Anda dapat menghisap 1 butir obat ini sampai terlarut perlahan di mulut seiap 2-3 jam sekali atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/pcs

14. Adem Sari

obat sakit tenggorokan susah menelan adem sari

Beli Adem Sari Klik di Sini

Adem Sari merupakan minuman penyegar dengan kandungan ekstrak citrus aurantifolia, aayxia stellata, cinamommum dan juga vitamin C di dalamnya. Anda dapat memanfaatkan minuman ini sebagai salah satu obat sakit tenggorokan susah menelan paling ampuh.

Pada dewasa, Anda dapat mengonsumsi Adem Sari 2-3 kali sehari dengan ketentuan 1 sachet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/dos

15. Amoxicillin

obat sakit tenggorokan amoxicillin

Beli Amoxicillin Klik di Sini

Disebabkan oleh infeksi, sakit tenggorokan susah menelan mungkin saja memerlukan penggunaan antibiotik seperti Amoxicillin. Obat golongan keras ini dapat Anda beli menggunakan resep dokter dengan penggunaan sesuai anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat sakit tenggorokan susah menelan di apotik yang dapat Anda manfaatkan. Apabila sakit tenggorokan tidak kunjung mereda, periksakan pada dokter ahli untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

Sakit menyerang tapi kehabisan stok obat? Tidak perlu repot pergi keluar untuk membelinya, semua jadi beres bersama K24Klik.

Unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store, beragam penawaran harga menarik tersedia khusus untuk Anda.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635 diakses pada 27 Maret 2024