10 Obat Sakit Telinga di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit telinga di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Pendengaran terganggu dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti telinga kotor maupun infeksi. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan beragam obat sakit telinga yang tersedia di apotik.

Sakit telinga merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami baik dewasa maupun anak-anak. Penggunaan obat sakit telinga pun juga harus disesuaikan dengan penyebabnya mulai dari telinga kotor, infeksi bakteri dan lain sebagainya.

Selain obat telinga jenis tetes cair, Anda juga dapat memanfaatkan obat sakit telinga tablet. Namun, penanganan terbaik untuk sakit telinga tentu saja harus berdasarkan petunjuk dokter ahli.

Baca juga: 8 Obat Tetes Telinga Untuk Mengeluarkan Kotoran di Apotik

Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga dengan Tepat

Obat sakit telinga biasanya berbentuk tetes cairan dan penggunaannya pun tidak bisa sembarangan. Anda perlu untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan obat tetes telinga dengan tepat agar meminimalisir masalah kesehatan lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa cara menggunakan obat tetes telinga dengan tepat yang dapat Anda coba praktikkan.

  1. Pertama-tama, pastikan untuk mencuci tangan Anda terlebih dahulu agar steril sebelum menggunakan obat tetes telinga.
  2. Baringkan tubuh dengan posisi telinga yang menghadap ke atas.
  3. Tarik daun telinga ke belakang untuk membantu memposisikan saluran telinga lurus dan mudah diberikan obat tetes telinga nantinya.
  4. Ambil obat tetes telinga, pegang ujung pipet dan teteskan obat sakit telinga sesuai dosis yang dianjurkan.
  5. Lakukan pijatan kecil di bagian telinga luar yang menonjol untuk memberikan dorongan obat tetes telinga masuk ke saluran telinga.
  6. Tetap posisikan tubuh miring selama beberapa menit, kemudian duduk dan biarkan sisa tetesan obat sakit telinga mengalir keluar.
  7. Lakukan hal yang sama untuk telinga yang lain, apabila diperlukan.

Setelah selesai menggunakan obat sakit telinga, pastikan untuk menutup botol obat dengan benar. Kemudian, jangan lupa untuk menyimpannya kembali dengan suhu ruangan yang dianjurkan pada kemasan.

Penggunaan obat tetes telinga sendiri biasanya tidak dianjurkan untuk waktu yang lama. Untuk penggunaan yang lebih aman dan tepat, konsultasikan pada dokter ahli terlebih dahulu.

Rekomendasi Obat Sakit Telinga di Apotik

Sakit telinga dapat disebabkan oleh banyak hal, maka penggunaan obat untuk mengatasinya pun berbeda-beda. Berikut ini merupakan rekomendasi obat sakit telinga di apotik yang dapat Anda gunakan.

1. Forumen Tetes Telinga

obat sakit telinga di apotik forumen tetes telinga

Beli Forumen Tetes Telinga Klik di Sini

Sakit telinga dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya akibat telinga kotor. Untuk membersihkan telinga sendiri tidak boleh dilakukan secara asal karena merupakan bagian yang sensitif.

Anda dapat menggunakan Forumen Tetes Telinga yang memiliki kandungan natrium docusate di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/botol

2. Otopain

obat sakit telinga di apotek otopain

Beli Otopain Tetes Telinga Klik di Sini

Sakit telinga yang disebabkan oleh infeksi dapat membuat Anda merasa nyeri, gatal, bengkak hingga telinga berair. Obat sakit telinga yang dibutuhkan untuk menangani infeksi tentunya adalah antibiotik.

Otopain Tetes Telinga memiliki kandungan polymyxin B sulfate, neomycin sulfate, fludrocortisone acetate dan juga lidocaine HCl di dalamnya. Dengan kandungan antibiotik tersebut, Otopain ampuh digunakan sebagai obat sakit telinga akibat infeksi.

Kisaran harga: Rp 123 ribu/pcs

3. Otolin

obat sakit telinga otolin ear drop

Beli Otolin Ear Drop Klik di Sini

Otolin merupakan obat sakit telinga yang mengandung zat aktif kloramfenikol, polimiksin B sulfat, hidrokortison, benzocaine dan juga nipagin. Kombinasi kandungan ini ampuh untuk mengurangi rasa sakit telinga sekaligus mengatasi infeksi penyebabnya.

Merupakan salah satu obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan Otolin Tetes Telinga. Aturan pemakaian obat ini adalah 3-4 kali sehari sebanyak 3-4 tetes sekali pakai atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 72 ribu/pcs

4. Colme Tetes Telinga

obat sakit telinga colme tetes telinga

Beli Colme Tetes Telinga Klik di Sini

Chloramphenicol merupakan salah satu antibiotik yang ampuh bekerja untuk mengatasi bakteri penyebab infeksi telinga. Nah, Colme Tetes Telinga memiliki kandungan chloramphenicol yang dikombinasikan dengan lidocaine HCl di dalamnya.

Anda dapat meneteskan obat ini langsung pada telinga yang sakit, atas petunjuk dokter. Perlu diperhatikan bahwa obat sakit telinga ini harus segera dihabiskan ketika dibuka karena hanya dapat tahun 4 minggu setelahnya.

Kisaran harga: Rp 65 ribu/pcs

5. Vital Ear Oil

obat sakit telinga di apotik vital ear oil

Beli Vital Ear Oil Klik di Sini

Tidak hanya disebabkan oleh satu masalah, terkadang telinga yang kotor ditambah dengan adanya infeksi bakteri dapat menimbulkan sakit telinga sangat mengganggu. Anda dapat memanfaatkan obat tetes telinga seperti Vital Ear Oil untuk mengatasinya.

Obat ini memiliki kandungan thymol, menthol, campor dan juga paraffin liquid di dalamnya. Jadi, Vital Ear Oil dapat membantu membersihkan kotoran di telinga, sekaligus melawan infeksi bakteri dan juga jamur.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

6. Santadex Ear Drop

obat sakit telinga di apotek santadex ear drop

Beli Santadex Ear Drop Klik di Sini

Mengandung docusate sodium di dalamnya, Santadex Ear Drop merupakan obat tetes telinga yang dapat membantu Anda membersihkan kotoran di telinga. Anda dapat menggunakan obat ini 2 tetes untuk 3 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

7. Akilen Ear Drop

obat sakit telinga akilen ear drop

Beli Akilen Ear Drop Klik di Sini

Antibiotik ofloxacin merupakan salah satu kandungan zat aktif yang dapat berperan ampuh dalam mengatasi infeksi bakteri. Anda dapat menggunakan Akilen Ear Drop yang mengandung ofloxacin sebagai obat sakit telinga yang ampuh dan tersedia di apotik.

Obat antibiotik sendiri harus digunakan sampai habis untuk mencegah resistensi terhadap kandungan antibiotik kedepannya. Pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Kisaran harga: Rp 94 ribu/botol

8. Erlamycetin Ear Drop

obat sakit telinga di apotik erlamycetin ear drop

Beli Erlamycetin Ear Drop Klik di Sini

Anda dapat menggunakan Erlamycetin Ear Drop untuk mengobati sakit telinga akibat infeksi bakteri gram positif ataupun gram negatif pada telinga. Obat tetes telinga ini dapat digunakan 2-3 tetes sekali pakai untuk 3 kali dalam sehari atau sesuai saran dokter.

Erlamycetin Ear Drop merupakan obat sakit telinga yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya. Penggunaan obat ini tidak boleh dilakukan secara sembarang, harus berdasarkan hasil konsultasi dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/pcs

9. Sagestam Tetes Telinga

obat sakit telinga sagestam tetes

Beli Sagestam Tetes Telinga Klik di Sini

Mengandung gentamicin sulfate, Sagestam Tetes Telinga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi pada telinga. Anda dapat memberikan 1-2 tetes Sagestam pada telinga yang sakit hingga 6 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 42 ribu/tube

10. Otilon Tetes Telinga

obat sakit telinga otilon tetes telinga

Beli Otilon Tetes Telinga Klik di Sini

Otilon Tetes Telinga memiliki kandungan polymyxin B sulfate, neomycin sulfate, fludrocortisone acetate dan juga lidocaine HCl di dalamnya. Penggunaan obat ini harus berdasarkan resep dokter karena termasuk golongan obat keras.

Kisaran harga: Rp 60 ribu/botol

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat sakit telinga di apotik yang dapat Anda gunakan. Ketika telinga sakit, lebih baik untuk segera diperiksakan ke dokter ahli guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Penggunaan rekomendasi obat-obatan di atas mayoritas merupakan obat keras dengan kandungan antibiotik. Jadi, pemakaiannya harus berdasarkan petunjuk dokter.

Tidak perlu lagi repot kehabisan stok obat-obatan di tengah malam, Anda dapat mengandalkan K24Klik! Aplikasi kami tersedia di Play Store dan juga App Store, siap melayani 24jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat.

Referensi:

https://www.healthdirect.gov.au/earache#:~:text=Until%20the%20pain%20gets%20better,other%20medicines%20such%20as%20steroids diakses pada 11 November 2023

https://www.bannerhealth.com/healthcareblog/teach-me/tips-for-using-ear-drops-correctly diakses pada 13 November 2023