15 Obat Sakit Pinggang Sebelah Kiri di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit pinggang sebelah kiri di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Agar tidak mengganggu aktivitas harian, Anda perlu untuk mengatasi nyeri ataupun rasa sakit mencekam yang menyerang area pinggang. Saat ini, terdapat banyak rekomendasi obat sakit pinggang sebelah kiri di apotik untuk Anda gunakan.

Sakit pinggang sebelah kiri dapat menjadi masalah kesehatan yang serius apabila tidak segera diatasi. Untuk itu, Anda memerlukan penggunaan obat sakit pinggang sebelah kiri yang kini telah banyak tersedia di apotik offline maupun online.

Umumnya, obat pereda nyeri seperti asam mefenamat dan ibuprofen sering digunakan untuk mengobati sakit pinggang. Namun apabila disertai dengan gejala lainnya seperti sering kencing, Anda mungkin memerlukan pengobatan yang lebih intensif.

Baca juga: 19 Obat Sakit Pinggang di Apotik K24 dan Harganya

Rekomendasi Obat Sakit Pinggang Sebelah Kiri di Apotik

Lalu, apa saja obat yang bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang? Mulai dari pereda nyeri hingga obat oles, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sakit pinggang sebelah kiri di apotik.

1. Asam Mefenamat

obat sakit pinggang sebelah kiri asam mefenamat

Beli Asam Mefenamat Klik di Sini

Untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kiri, Anda dapat memanfaatkan obat asam mefenamat. Anjuran mengonsumsi asam mefenamat pada dewasa dan anak-anak usia lebih dari 14 tahun adalah 6 jam sekali dengan dosis 250-500mg sekali minum.

Sakit pinggang sebelah kiri pada wanita sendiri bisa juga disebabkan karena haid. Nah, asam mefenamat ini juga ampuh untuk meredakan nyeri saat haid, kemudian sakit kepala hingga sakit gigi.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

2. Ibuprofen

obat sakit pinggang sebelah kiri ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Salah satu obat NSAID, Ibuprofen ampuh bekerja untuk meredakan nyeri saat sakit pinggang. Obat ini dapat dikonsumsi 200-400mg setiap 4-6 jam sekali atau sesuai petunjuk dokter.

Cara kerja obat anti nyeri ini adalah menghambat pembentukan prostaglandin, salah satu enzim yang biasanya menjadi pemicu nyeri atau rasa sakit pada tubuh.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

3. Voltaren Gel

obat sakit pinggang sebelah kiri voltaren gel

Beli Voltaren Gel Klik di Sini

Obat oles yang mengandung diclofenac diethylammon, Voltaren Gel berguna untuk meredakan nyeri dan juga pembengkakan akibat rheumatoid arthritis. Anda dapat mengoleskan Voltaren Gel secukupnya ke area pinggang sebelah kiri yang sakit.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/tube

4. Hotin Koyo Aromatherapy

obat sakit pinggang hotin koyo aromatherapy

Beli Hotin Koyo Aromatherapy Klik di Sini

Selain menggunakan obat tablet maupun oles, Anda juga dapat memanfaatkan Hotin Koyo Aromatherapy untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kiri. Obat ini sangat mudah digunakan, cukup tempelkan pada area yang sakit.

Kandungan menthol, methyl salicylate, camphora dan juga wintergreen oil dalam Hotin Koyo Aromatherapy ampuh memberikan efek relaksasi pada otot pinggang. Tidak perlu khawatir, koyo yang satu ini diformulasikan dengan panas yang tepat dan tidak mudah lepas.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/pcs

5. Viostin

obat sakit pinggang sebelah kiri viostin

Beli Viostin Klik di Sini

Otot yang tegang ataupun masalah persendian bisa saja menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri. Anda dapat meredakan rasa sakit tersebut menggunakan suplemen yang memiliki banyak manfaat untuk persendian dan otot seperti Viostin.

Suplemen yang satu ini memiliki kandungan glucosamin HCI, chondroitin sulphate, vitamin C, mangan, magnesium glycerophosphate dan zinc di dalamnya. Anjuran mengonsumsi Viostin adalah 2-3 kali sebanyak 1 kaplet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 37 ribu/strip

6. Voltadex Gel

obat sakit pinggang voltadex gel

Beli Voltadex Klik di Sini

Mengandung natrium diklofenak, Voltadex Gel menjadi salah satu obat andalan yang ampuh bekerja mengatasi nyeri dan juga inflamasi. Obat berbentuk salep ini dapat langsung dioleskan pada area pinggang yang sakit.

Anda dapat menggunakan Voltadex Gel 3-4 kali sehari atau sesuai kebutuhan. Pastikan untuk memerhatikan aturan pakai obat oles yang satu ini guna meminimalisir terjadinya efek samping.

Kisaran harga: Rp 28 ribu/tube

7. Meloxicam

obat sakit pinggang meloxicam

Beli Meloxicam Klik di Sini

Termasuk dalam salah satu golongan obat NSAID, Meloxicam berfungsi untuk mengatasi peradangan dan juga nyeri dalam tubuh.

Pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini karena termasuk salah satu golongan obat keras. Beberapa efek samping mungkin saja dialami seperti mual dan muntah.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/strip

8. Balsem Tiger Merah

obat sakit pinggang balsem tiger merah

Beli Balsem Tiger Merah Klik di Sini

Balsem Tiger Merah mengandung camphora, dementholised mint oil, cajuput oil, mentholum, clove oil, paraffin dan petrolatum di dalamnya. Balsem yang satu ini merupakan produk unggulan yang bekerja efektif dalam meredakan sakit dan nyeri pada tubuh.

Anda dapat langsung menggosokkan Balsem Tiger Merah pada area yang sakit untuk beberapa kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/pcs

9. Neurobion

obat sakit pinggang sebelah kiri di apotik neurobion

Beli Neurobion CR Klik di Sini

Anda juga dapat memanfaatkan Neurobion untuk mencegah sekaligus mengatasi sakit pinggang sebelah kiri. Neurobion sendiri merupakan vitamin neurotropik yang mengandung vitamin B1, B6 dan juga B12 di dalamnya.

Obat ini cocok digunakan ketika Anda mengalami sakit pinggang yang disebabkan oleh kerusakan sel saraf dan kekurangan vitamin neurotropik. Dosis anjuran mengonsumsi obat ini adalah 1 tablet sekali sehari sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/strip

10. Neurofenac Plus Tablet

obat sakit pinggang di apotek neurofenac plus tablet

Beli Neurofenac Plus Tablet Klik di Sini

Obat sakit pinggang yang satu ini mengkombinasikan kandungan zat aktif natrium diklofenak, vitamin B1, vitamin B6 dan juga vitamin B12 di dalamnya. Neurofenac Plus Tablet dapat meringankan sakit pinggang Anda dan juga mengatasi pembengkakan.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk penggunaan Neurofenac Plus Tablet.

Kisaran harga: Rp 93 ribu/strip

11. Feldene Flash

obat sakit pinggang feldene flash

Beli Feldene Flash Klik di Sini

Ingin mengatasi sakit pinggang sebelah kiri sampai ke perut dengan cepat? Feldene Flash dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Tablet cepat larut ini memiliki kandungan piroxicam di dalamnya dan ampuh meredakan rasa sakit dan pembengkakan pada sendi.

Dosis anjuran mengonsumsi obat ini berdasarkan keluhan sakitnya adalah 20-40mg per hari. Anda dapat meletakkan tablet diatas lidah kemudian menelannya langsung setelah makan.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/tablet

12. Mefix

obat sakit pinggang di apotik mefix

Beli Mefix Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Mefix untuk mengatasi rasa sakit pinggang sebelah kiri. Obat ini mengandung asam mefenamat yang ampuh meredakan nyeri termasuk saat sakit pinggang, paha nyeri dan lain sebagainya.

Setiap tablet Mefix memiliki kandungan 500mg asam mefenamat di dalamnya, jadi pastikan untuk selalu memerhatikan aturan pemakaian yang disarankan dokter.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

13. Hotin DCL

obat sakit pinggang sebelah kiri di apotik hotin dcl

Beli Hotin DCL Klik di Sini

Emulsi gel dengan kandungan diclofenac sodium di dalamnya, Hotin DCL ampuh untuk meredakan nyeri dan sakit pada tubuh. Obat ini cocok digunakan untuk mengatasi sakit pinggang, kram, pegal linu, nyeri sendi hingga rematik.

Hotin DCL sendiri dapat langsung dioleskan secukupnya pada area kulit yang sakit. Obat oles ini diformulasikan khusus, tidak lengket ataupun meninggalkan bekas di kulit.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/tube

14. Natrium Diklofenak

obat sakit pinggang sebelah kiri di apotek natrium diklofenak

Beli Natrium Diklofenak Klik di Sini

Salah satu obat generik yang bekerja efektif untuk mengatasi nyeri saat sakit pinggang sebelah kiri adalah Natrium Diklofenak. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat pembentukan prostaglandin sehingga rasa sakit ataupun nyeri di tubuh pun berkurang.

Perlu diketahui bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga tidak boleh asal digunakan dan harus berdasarakan anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

15. Painkila Cream

obat sakit pinggang di apotik painkila cream

Beli Painkila Cream Klik di Sini

Painkila Cream merupakan obat oles yang ampuh bekerja dalam meredakan nyeri pada otot sendi, termasuk pada pinggang sebelah kiri. Kandungan zat aktif di dalamnya adalah menthol, methyl salicylate dan juga eugenol.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/tube

Itulah tadi beragam rekomendasi obat sakit pinggang sebelah kiri di apotik yang dapat Anda gunakan. Apabila rasa sakit di pinggang tidak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter ahli agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Ketika sakit pinggang menyerang disaat yang tepat dan tidak punya stok obat, Anda dapat mengandalkan K24Klik. Aplikasi beli obat online yang menyediakan produk farmasi 100% asli dan jaminan 1 jam sampai.

Ingin hidup jadi lebih praktis? Yuk dapatkan aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/lower-left-back-pain#:~:text=Drugs%20such%20as%20baclofen%20(Lioresal,of%20intense%20lower%20back%20pain diakses pada 15 November 2023