6 Obat Sakit Mata Anak di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit mata anak di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Sakit mata pada anak perlu segera diatasi untuk mencegah masalah penglihatan semakin parah. Anda memerlukan obat sakit mata anak dan juga rekomendasi vitamin yang ampuh di apotik.

Tidak bisa diremehkan, sakit mata pada si kecil bisa saja mengganggu penglihatan dan juga kenyamanan aktivitas sehari-hari. Anda perlu memahami apa saja obat sakit mata anak yang tersedia di apotik dan dapat diberikan pada si kecil.

Anak 1 tahun ataupun usia 6 tahun ke bawah tentunya tidak bisa menggunakan obat secara sembarangan. Terlebih lagi, beberapa obat sakit mata berbentuk cairan steril yang langsung kontak pada indra penglihatan.

Jadi, sebelum memberikan obat apapun pada si kecil pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan guna mendapatkan penanganan terbaik dan menghindari efek samping yang buruk.

Baca juga: 12 Obat Sakit Mata Belekan di Apotik Untuk Anak dan Dewasa

Rekomendasi Obat Sakit Mata Anak di Apotik

Sakit mata pada anak dapat mengganggu kenyamanan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Anda perlu untuk segera memeriksakan kondisi si kecil agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sakit mata anak di apotik yang dapat digunakan berdasarkan hasil konsultasi dokter.

1. Insto Tetes Mata

obat sakit mata anak insto tetes mata

Beli Insto Tetes Mata Klik di Sini

Mengandung tetrahidrozolin HCl dan juga benzalkonium chloride, Insto Tetes Mata dapat menjadi salah satu obat sakit mata anak yang ampuh. Obat tetes mata anak ini ampuh untuk mengatasi mata merah ataupun gatal akibat iritasi ringan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan Insto Tetes Mata pada anak-anak sendiri harus berdasarkan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/tube

2. Rohto Tetes Mata

obat sakit mata anak di apotik rohto tetes mata

Beli Rohto Tetes Mata Klik di Sini

Anda juga dapat menggunakan Rohto Tetes Mata dengan kandungan tetrahydrozoline HCl untuk mengobati sakit mata pada anak. Kegunaan obat ini adalah meredakan mata merah akibat iritasi ringan yang disebabkan oleh debu, asap, alergi dan lain sebagainya.

Umumnya, anjuran penggunaan Rohto Tetes Mata adalah 3-4 kali sehari dengan ketentuan 1-2 tetes tiap kali pakai. Namun, penggunaan obat tetes mata pada anak memerlukan pertimbangan dokter ahli terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

3. Y Rins Cuci Mata

obat sakit mata anak y rins cuci mata

Beli Y Rins Cuci Mata Klik di Sini

Selain menggunakan obat tetes mata, cairan steril seperti Y Rins Cuci Mata juga ampuh untuk meredakan iritasi mata ringan dan sakit mata lainnya. Jadi, Anda dapat memanfaatkan obat ini ketika mata anak merah akibat iritasi ringan akibat paparan debu.

Y Rins Cuci Mata sendiri memiliki kandungan distilled witch hazel dan juga benzalkonium chloride di dalamnya. Saran penggunaan cairan cuci mata ini adalah pagi dan malam hari atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/dos

4. Erlamycetin Eye Oint

obat sakit mata anak di apotek erlamycetin eye oint

Beli Erlamycetin Eye Oint Klik di Sini

Sakit mata juga bisa disebabkan oleh adanya alergi dan salah satu obat yang ampuh untuk mengatasinya adalah salep. Erlamycetin Eye Oint merupakan salep mata anak dan dewasa yang memiliki kandungan antibiotik chlorampenicol di dalamnya.

Termasuk dalam golongan obat keras, Erlamycetin Eye Oint memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya. Penggunaan pada anak-anak juga perlu diperiksa terlebih dahulu oleh dokter guna meminimalisir terjadinya efek samping yang buruk.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/tube

Rekomendasi Vitamin untuk Jaga Kesehatan Mata Anak di Apotik

Untuk mencegah sakit mata pada anak, Anda dapat menggunakan beberapa rekomendasi vitamin yang tersedia di apotik. Perhatikan anjuran penggunaan vitamin dengan tepat, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi vitamin untuk jaga kesehatan mata anak.

1. Vitamin A Ipi Tablet

vitamin jaga kesehatan mata anak vitamin a ipi tablet

Beli Vitamin A Ipi Klik di Sini

Salah satu nutrisi yang paling berpengaruh pada kesehatan mata adalah vitamin A. Kandungan vitamin ini dapat mencegah berbagai gangguan pada mata seperti kekeringan, iritasi hingga penglihatan bermasalah.

Anda dapat memberikan Vitamin A Ipi pada si kecil untuk menjaga kesehatan mata. Anjuran penggunaan vitamin ini adalah 1 tablet sekali sehari.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/pcs

2. Eyevit Sirup

vitamin jaga kesehatan mata anak eyevit sirup

Beli Eyevit Sirup Klik di Sini

Anda juga dapat memanfaatkan Eyevit Sirup untuk menjaga kesehatan mata si kecil. Dikemas dalam bentuk sirup, vitamin yang satu ini memiliki banyak kandungan bermanfaat di dalamnya.

Setiap satu sendok takar Eyevit SIrup memiliki kandungan ekstrak bilberry, retinol 800 IU, beta karoten, vitamin E, selenium dan juga zinc. Pada anak-anak, Anda dapat memberikan vitamin ini sekali sehari sebanyak 1 sendok takar atau setara 5 ml.

Kisaran harga: Rp 76 ribu/botol

3. Sidomuncul Bilberry Carrot Kapsul

vitamin anak sidomuncul billberry carror kapsul

Beli Sidomuncul Bilberry Carrot Klik di Sini

Ekstrak buah bilberry merupakan salah satu herbal yang ampuh untuk membantu menjaga kesehatan mata. Begitupula dengan ekstrak buah wortel yang kaya akan vitamin dan mineral baik seperti biotin, kalium, vitamin A, vitamin K1 dan juga B6 di dalamnya.

Nah, Sidomuncul Bilberry Carrot merupakan suplemen herbal yang mengkombinasikan ekstrak buah bilberry, wortel dengan kandungan betakaroten, vitamin A, vitamin C dan juga vitamin B2. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini untuk si kecil.

Kisaran harga: Rp 135 ribu/botol

4. Optalvit Sirup

vitamin mata anak optalvit sirup

Beli Optalvit Sirup Klik di Sini

Optalvit Sirup merupakan vitamin yang mengandung ekstrak bilberry, beta karoten dan juga beragam kandungan bermanfaat lainnya. Vitamin ini ampuh untuk meningkatkan fungsi penglihatan sekaligus mencegah sakit mata.

Anda dapat memberikan Optalvit Sirup pada anak-anak diatas 10 tahun sekali sehari dengan takaran dosis satu sendok teh atau setara 5 ml. 

Kisaran harga: Rp 92 ribu/botol

5. Berry Vision

vitamin jaga kesehatan mata anak berry vision

Beli Berry Vision Klik di Sini

Bermanfaat untuk membantu penglihatan lebih jernih dan juga memelihara kesehatan mata, Berry Vision dapat Anda berikan pada si kecil. Setiap tablet Berry Vision mengandung ekstrak bilberry kering, retinol 800 IU, beta karoten dan juga vitamin E.

Anda dapat memberikan vitamin ini sesudah makan untuk 2-3 kali sehari dengan aturan 1 tablet tiap kali minum untuk dewasa, 3 kali sehari 1 tablet untuk anak usia 6-12 tahun.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/strip

6. Optimax Plus Sirup

vitamin mata anak optimax plus sirup

Beli Optimax Plus Sirup Klik di Sini

Diformulasikan khusus dengan kandungan bahan-bahan antioksidan dan juga mineral, Optimax Plus Sirup ampuh untuk meningkatkan kesehatan mata si kecil.

Setiap 5 ml Optimax Plus Sirup mengandung lutein, lycopene, zeaxanthin, vitamin E, vitamin C, seng, beta karoten dan juga ekstrak bilberry. Berikut ini merupakan anjuran penggunaan Optimax Plus Sirup berdasarkan usia.

  • Dewasa dan anak usia diatas 12 tahun: 3 kali sehari, 10 ml atau 2 sendok takar sekali minum
  • Anak usia 6-12 tahun: berikan 1 sendok takar atau setara 5 ml tiap kali minum untuk 3 kali sehari
  • Anak usia di atas 1 tahun dan di bawah 6 tahun: 3 kali sehari, tiap kali minum berikan setengah sendok takar atau setara 2,5 ml

Kisaran harga: Rp 98 ribu/botol

Itulah tadi beragam rekomendasi obat sakit mata anak dan juga vitamin untuk jaga kesehatan mata anak yang tersedia di apotik dapat Anda coba gunakan.

Pastikan untuk selalu berhati-hati menangani sakit anak yang masih dalam masa pertumbuhan, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter ahli.

Butuh obat mendadak tapi tidak bisa meninggalkan si kecil sendirian? Tenang, K24Klik bisa jadi andalan setiap saat dengan produk farmasi lengkap dan pengiriman cepat!

Apalagi sekarang K24Klik juga menawarkan layanan konsultasi dokter telemedicine untuk Anda yang membutuhkan konsultasi online, resep obat hingga surat istirahat. Tunggu apalagi? Yuk unduh di Play Store dan juga App Store sekarang juga!

Referensi:

https://kidshealth.org/en/parents/eye-injuries-sheet.html#:~:text=Call%20the%20doctor%20if%20your,if%20it’s%20bothered%20by%20light diakses pada 1 Desember 2023