9 Obat Sakit Mata Belekan di Apotik Untuk Anak dan Dewasa

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Sakit Mata Belekan di Apotik Untuk Anak dan Dewasa
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Sedang sakit mata belekan? Obat sakit mata belekan akan Anda perlukan untuk mengatasi kondisi ini. Produksi belek sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun, jika mata terus menerus belekan, mungkin mata Anda sedang mengalami infeksi.

Beberapa jenis infeksi yang dimaksud meliputi konjungtivitis (infeksi pada konjungtiva), keratitis (infeksi pada kornea), bintitan (hordeolum), dan blefaritis (infeksi pada kelopak mata).

Selain infeksi, produksi belek juga bisa disebabkan oleh mata kering, sumbatan pada saluran air mata, serta alergi. Pada umumnya, belek yang disebabkan oleh infeksi memiliki warna kekuningan atau kehijauan. Belek karena mata infeksi pun cenderung kental seperti nanah.

Rekomendasi Obat Sakit Mata Belekan untuk Anak dan Dewasa diapotik

Saat ini, Anda bisa dengan mudah menjumpai obat sakit mata belekan di apotik, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa rekomendasi yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut.

1. Cendo Xitrol Tetes Mata

Obat sakit mata belekan ini memiliki kandungan zat aktif dexamethasone, neomycin sulfate, serta polymyxin B sulfate. Obat ini dapat digunakan untuk peradangan pada mata yang disertai adanya infeksi bakteri.

Jika kondisi sakit mata belekan Anda cenderung mengarah ke infeksi, misalnya karena adanya belek berwarna kekuningan, obat ini bisa jadi andalan. Pasalnya, obat ini memiliki kandungan antibiotik neomycin serta polymyxin B.

Kandungan dexamethasone yang tersedia di obat ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang timbul.

Penting untuk diingat bahwa obat ini termasuk golongan obat keras. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi Anda sebelum membeli obat ini.

Meski cukup banyak yang menggunakan Cendo Xitrol sebagai obat mata anak belekan, Anda perlu berhati-hati dan tidak sembarangan memberikan obat ini pada anak <2 tahun. Pasalnya, belum ada studi yang menunjukkan keamanan antibiotik ini pada anak <2 tahun.

Kisaran harga: Rp34.395/botol.

Beli Cendo Xitrol Tetes Mata Klik di Sini

2. Polidemisine Eye Drop

obat sakit mata belekan polidemisine eye drop

Serupa dengan Cendo Xitrol, obat mata belekan ini juga mengandung dexamethasone untuk mengurangi peradangan. Selain itu, Polidemisine Eye Drop juga mengandung antibiotik neomycin serta polymyxin B sulfate.

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah iritasi pada mata yang disertai dengan belekan. Dua jenis antibiotik yang tersedia memang sering digunakan sebagai antibiotik topikal khususnya untuk mata.

Obat sakit mata belekan ini juga tergolong obat keras. Sehingga, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum membeli dan menggunakan obat ini. Serupa dengan Cendo Xitrol, Anda perlu berhati-hati dalam memberikan Polidemisine Eye Drop kepada anak di bawah 2 tahun.

Kisaran harga: Rp41.237/botol 5 ml.

Beli Polidemisine Eye Drop Klik di Sini

3. Erlamycetin Plus

obat mata belekan erlamycetin plus

Selain dua obat tetes mata belekan di atas, Erlamycetin Plus dapat menjadi alternatif obat sakit mata dengan harga yang lebih terjangkau.

Obat ini mengandung antibiotik chloramphenicol serta dexamethasone. Antibiotik chloramphenicol merupakan antibiotik spektrum luas sehingga mampu memberantas bakteri Gram positif maupun negatif.

Contoh penyakit yang bisa diatasi dengan obat ini adalah keratitis akut/kronik, konjungtivitis karena infeksi, inflamasi pada bagian sklera, dll. Erlamycetin Plus juga dapat digunakan untuk pengelolaan radang setelah Anda menjalani operasi katarak, strabismus, maupun glaukoma.

Kisaran harga: Rp20.685/botol

Beli Erlamycetin Plus Klik di Sini

4. Erlamycetin Eye Ointment

Selanjutnya adalah Erlamycetin Eye Ointment. Obat ini adalah versi salep dari Erlamycetin Plus, dengan kandungan antibiotik chloramphenicol. Salep mata Erlamycetin tidak mengandung dexamethasone untuk mengurangi peradangan.

Erlamycetin Eye Ointment dapat menjadi solusi obat mata belekan bagi orang dewasa, penggunaan pada anak-anak atau bayi harus berdasarkan rekomendasi dan resep dari dokter.

Kisaran harga: Rp12.389/tube

Beli Erlamycetin Eye Ointment Klik di Sini

5. Y-Rins Cuci Mata 12 ml

Produk Y-Rins yang satu ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi iritasi mata ringan karena asap atau debu. Kandungan utama produk ini adalah distilled witch hazel 13,05 v/v serta benzalkonium chloride 0,005%w/v.

Dengan kandungan benzalkonium chloride, obat tetes mata belekan ini mampu menjadi obat antimicrobial dengan harga yang tergolong miring. Meski demikian, perlu diingat bahwa obat ini kurang cocok untuk kondisi infeksi karena tidak ada kandungan antibiotik.

Di sisi lain, distilled witch hazel merupakan kandungan astringent yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, serta iritasi pada mata.

Kisaran harga:  Rp7.000-Rp22.123, tergantung ukuran kemasan.

Beli Y-Rins Klik di Sini

6. C Fenicol Eye Oint

Mengobati mata belekan juga bisa dilakukan dengan menggunakan C Fenicol Eye Oint. Kandungan utama obat ini adalah antibiotik chloramphenicol.

Kandungan chloramphenicol pada obat ini mampu membunuh bakteri dengan cara menghambat pembentukan protein bakteri. Pembentukan protein merupakan hal yang penting untuk perkembangbiakan bakteri. Dengan adanya obat ini, maka perkembangbiakan bakteri dapat ditekan.

Karena obat ini merupakan obat keras, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Gunakan salep mata ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter.

Kisaran harga: Rp28.615/tube

Beli C Fenicol Eye Oint Klik di Sini

7. C Tobroson Eye Oint

 C Tobroson Eye Oint

Alternatif obat sakit mata belekan lainnya adalah C Tobroson Eye Oint. Salep mata ini memiliki kandungan utama tobramycin serta dexamethasone.

Apakah obat ini bisa digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri? Ya, obat ini bisa digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri karena kandungan antibiotik tobramycin yang ada di dalamnya.

Tobramycin merupakan antibiotik spektrum luas. Maknanya, obat ini dapat diandalkan untuk mengatasi bakteri. Hanya saja, tobramycin lebih aktif dalam mengatasi bakteri Gram negative, khususnya bakteri Pseudomonas penyebab keratitis.

Kisaran harga: Rp62.799/tube.

Beli C Tobroson Eye Oint Klik di Sini

8. Baquinor Eye Drop

Obat mata belekan dewasa ini memiliki kandungan ciprofloxacin Hcl. Obat ini tergolong obat keras sehingga Anda perlu resep dokter untuk membeli obat ini di apotek.

Kandungan ciprofloxacin yang ada di obat sakit mata belekan ini dapat diandalkan untuk mengatasi masalah konjungtivitis ataupun ulkus (perlukaan) pada kornea yang disebabkan infeksi bakteri.

Beberapa bakteri yang mampu diatasi Baquinor Eye Drop antara lain P. aeruginosa, Streptococcus aureus, Staphylococcus aureus, Serratia marcescens, dan Streptococcus viridans.

Kisaran harga: Rp49.149/botol

Beli Baquinor Eye Drop Klik di Sini

9. Alletrol Eye Drop

Rekomendasi obat mata belekan dewasa selanjutnya adalah Alletrol Eye Drop. Kombinasi dexamethasone dan antibiotik neomycin dan polymyxin B jadi andalan obat ini dalam mengobati mata belekan.

Selain bisa digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri, Alletrol Eye Drop ampuh untuk mengatasi iritasi akibat benda asing yang masuk ke mata.

Tak hanya itu, Alletrol juga dapat digunakan untuk mengatasi radang bagian tengah mata yang bersifat kronis (uveitis) serta luka pada kornea.

Kisaran harga: Rp20.667/botol

Beli  Alletrol Eye Drop Klik di Sini

Demikian beberapa rekomendasi obat sakit mata belekan yang bisa Anda beli di apotek. Sebelum membeli obat mata, pastikan untuk mengetahui sumber penyebab belekan terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa memilih obat yang sesuai dan efektif untuk atasi belekan.