15 Obat Tetes Mata Yang Bagus di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat tetes mata yang bagus di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Mata merah merupakan kondisi yang menggambarkan iritasi pada mata. Penyebabnya karena pembuluh darah kecil di bawah permukaan mata membesar atau mengalami peradangan. Meskipun hanya salah satu mata yang merah, tetap saja menimbulkan ketidaknyamanan. Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan obat tetes mata.

Beberapa gejala yang biasa dialami adalah merasakan sakit pada mata, gatal, bengkak hingga penglihatan kabur. Meski bisa membaik secara alami, tetapi mata merah tidak bisa dianggap sepele. Beberapa pengobatan yang dapat Anda lakukan adalah mengistirahatkan mata dengan cara tidur, kemudian kompres dingin dalam kondisi mata tertutup, pijat ringan dan penggunaan obat tetes mata.

Rekomendasi Obat Tetes Mata Yang Bagus di Apotik

Pengobatan mata merah yang paling sering dipilih adalah menggunakan tetes mata. Hal ini dikarenakan efeknya dapat dirasakan secara instan dan produk yang mudah ditemukan di seluruh apotik. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat tetes mata yang bagus di apotik untuk menjadi referensi Anda.

1. Cendo Xitrol Tetes Mata

obat tetes mata Cendo Xitrol

Beli Cendo Xitrol Klik di Sini

Cendo Xitrol tetes mata ini telah cukup dikenal karena efektivitasnya dalam mengobati infeksi dan juga peradangan pada mata. Beberapa kandungan aktif dalam Cendo Xitrol sendiri adalah Deksametason, Neomycin Sulfate dan juga Polymyxin B Sulfate.

Kisaran harga: Rp 34 ribu/botol

2. Reco Eye Drop

obat tetes mata reco eye drop

Beli Reco Eye Drop Klik di Sini

Obat Reco Eye Drop mengandung antibiotik kloramfenikol. Reco ini efektif untuk mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri pada daerah mata.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/pcs

3. Cendo Gentamycin

cendo gentamycin obat tetes mata

Beli Cendo Gentamycin Klik di Sini

Obat tetes mata merah yang bisa Anda gunakan adalah Cendo Gentamycin. Penyebab masalah mata ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, nah kandungan gentamicin merupakan antibiotik untuk mengatasi masalah tersebut.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/pcs

4. Insto Tetes Mata

mata merah instro tetes mata

Beli Insto Tetes Mata Klik di Sini

Debu dan asap dapat menjadi penyebab mata merah, terasa pedih ataupun gatal. Masalah iritasi ringan pada mata ini juga dapat menimpa anak-anak. Nah, Anda membutuhkan obat tetes mata anak usia diatas 6 tahun yang juga fleksibel untuk digunakan orang dewasa. Insto tetes mata ini cocok untuk mengatasi mata lelah, merah, perih, gatal karena debu atau bahkan efek setelah berenang.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/tube

5. Alletrol Com Eye Drop

obat mata belekan alletrol com eye drop

Beli Alletrol Com Eye Drop Klik di Sini

Alletrol Com Eye Drop bermanfaat untuk mengatasi peradangan mata akibat infeksi bakteri, luka kornea karena bahan kimia, radiasi, iritasi dan lain sebagainya. Termasuk golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk membeli Alletrol Com Eye Drop ini. Anda dapat menggunakan layanan dokter siaga dari K24Klik, beli obat jadi lebih praktis.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/botol

6. Cendo Tobroson

obat tetes mata cendo tobroson

Beli Cendo Tobroson Klik di Sini

Antiseptik mata dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi mata merah dan juga belekan. Cendo Tobroson ini memiliki manfaat untuk mengatasi infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri. Namun, pemakaian Cendo Tobroson ini memiliki beberapa efek samping mulai dari rasa pedih, gatal hingga peningkatakan tekanan intraokular.

Kisaran harga: Rp 62 ribu/botol

7. Genoint Eye Oint

obat mata merah genoint eye oint

Beli Genoint Eye Oint Klik di Sini

Mata merah ataupun belekan bisa juga disebabkan oleh kulit di sekitar mata yang terinfeksi bakteri. Genoint Eye Oint ini merupakan obat antibiotika yang berbentuk salep dengan cara penggunaan yang sangat mudah, cukup oleskan tipis saja pada kulit yang terinfeksi bakteri.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/pcs

8. Rohto Tetes Mata

obat tetes mata rohto

Beli Rohto Eye Drops Klik di Sini

Rekomendasi tetes mata steril selanjutnya adalah Rohto Eye Drops. Mengandung Tetrahydrozoline, Rohto berguna untuk meredakan mata merah akibat iritasi ringan. Penyebab iritasi ini pun beragam mulai dari debu, asap, angin, sengatan sinar matahari dan lain sebagainya.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

9. Polidemisine Eye Drop

obat tetes mata polidemisine eye drop

Beli Polidemisine Eye Drop Klik di Sini

Salah satu penyebab iritasi pada mata yang paling sering dialami adalah adanya infeksi atau peradangan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Anda dapat menggunakan Polidemisine Eye Drop dengan dosis 4-6 kali sehari, 1 atau 2 tetes. Komposisi dari obat tetes mata yang satu ini terdiri dari Neomisin, Polimiksin B-sulfat 6.000iu dan juga deksametason.

Kisaran harga: Rp 42 ribu/pcs

10. Sagestam Tetes Mata/Tetes Telinga

obat tetes mata sagestam

Beli Sagestam Eye Drop Klik di Sini

Rekomendasi tetes mata steril selanjutnya adalah Sagestam Eye Drop. Pemakaian maksimal dari obat tetes mata ini adalah 6 kali sehari atau sesuai rekomendasi dari dokter atau apoteker, tergantung pada infeksi mata yang Anda alami.

Kisaran harga: Rp 42 ribu/tube

11. Levocin Eye Drop

obat tetes mata levocin eye drop

Beli Levocin Eye Drop Klik di Sini

Kandungan Levofloxacin dalam Levocin Eye Drop bermanfaat sebagai antibiotika untuk mengobati infeksi mata eksternal. Apabila Anda mengalami masalah mata gatal, merah, kuning ataupun gejala iritasi lainnya maka Levocin Eye Drop ini dapat menjadi solusi yang tepat.

Kisaran harga: Rp 114 ribu/pcs

12. Cendo Eyefresh

obat tetes mata cendo eyefresh

Beli Cendo Eyefresh Klik di Sini

Menggunakan obat tetes mata Cendo Eyefresh menjadi salah satu cara meringankan gejala iritasi dan juga infeksi pada mata. Anda dapat membeli Cendo Eyefresh secara bebas, namun tetap perhatikan kebutuhan kondisi mata dan juga efek samping reaksi alergi yang mungkin saja dialami.

Kisaran harga: Rp 40 ribu/pcs

13. Braito Eye Drop 

obat tetes mata braito

Beli Braito Eye Drop Klik di Sini

Anda dapat mencoba Braito yang bersifat menyejukkan. Pemakaiannya sama seperti obat tetes mata biasa, tetapi tetap perhatikan untuk menggunakan dengan dosis secukupnya saja sesuai kondisi.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/pcs

14. Rohto Eye Flush

obat mata merah rohto eye flush

Beli Rohto Eye Flush Klik di Sini

Obat mata lainnya untuk meredakan mata perih dan memerah adalah dengan memberikan kesejukan agar peradangan pada mata membaik. Nah, Anda dapat menggunakan Rohto Eye Flush. Obat ini memberikan efek relax pada mata. Anda dapat membeli Rohto Eye Flush di Apotik online K24Klik, praktis dengan harga yang relatif terjangkau.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/botol

15. Y-rins Cuci Mata

obat mata merah y-rins cuci mata

Beli Y-Rins Cuci Mata Klik di Sini

Mata kotor akibat debu, asap ataupun angin biasanya sering membuat mata menjadi terlalu lelah, pedih dan memerah. Solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah menggunakan Y-Rins Cuci Mata. Manfaat yang didapat adalah efek sejuk, segar dan bersih pada mata serta meringankan iritasi ringan.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat tetes mata terbaik yang dapat Anda temukan di Apotik. Harganya pun bermacam-macam yang tentunya menyesuaikan permasalahan mata yang diderita. Apabila mengalami mata merah atau perih selama lebih dari 3 hari, pastikan untuk segera berkonsultasi dengan layanan dokter ahli.

Butuh obat, vitamin ataupun suplemen tapi malas repot? Yuk percayakan saja dengan K24Klik. Semua kebutuhan farmasi Anda kami sediakan, komplit dan pastinya dengan harga yang terjangkau. Anda dapat mengunduh aplikasi K24Klik di Play Store dan App Store.

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17690-red-eye diakses pada 28 Maret 2023

https://www.k24klik.com/ diakses pada 28 Maret 2023