5 Obat Sakit Gigi Semprot di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit gigi semprot di apotik dan harganya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sakit gigi semprot dapat menjadi salah satu andalan mengatasi sakit gigi secara praktis dan cepat. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan obat sakit gigi cair.

Saat sakit gigi menyerang, rasa ngilu dan nyeri tak tertahankan bisa saja membuat aktivitas harian terhambat. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan beragam obat sakit gigi semprot di apotik.

Apabila dibiarkan, sakit gigi juga bisa memicu beragam masalah kesehatan lainnya seperti gusi bengkak, sakit kepala dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan penanganan terbaik, segera periksakan pada dokter ahli setelah sakit gigi mereda.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu di Apotik

Apa Saja Penyebab Sakit Gigi?

Sakit gigi sendiri dapat dicegah ketika Anda telah mengetahui apa penyebabnya. Pemasangan kawat gigi terkadang juga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada gigi ketika tidak dirawat dengan benar atau makan dan minum sembarangan.

Beberapa penyebab sakit gigi lainnya mulai dari kerusakan gigi, adanya tambahan gigi yang rusak atau longgar hingga infeksi.

Lalu, bagaimana untuk mencegah sakit gigi datang kembali di kemudian hari? Pastikan untuk rajin menyikat gigi Anda setidaknya 2 kali sehari menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride di dalamnya.

Terkadang, pasta gigi saja juga belum cukup untuk membersihkan gigi secara optimal. Anda dapat melakukan pembersihkan ganda menggunakan obat kumur atau menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi Anda.

Kemudian, Anda juga dapat mencoba untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin pada dokter ahli. Guna mendukung pola hidup sehat, Anda juga perlu memerhatikan konsumsi makanan dan juga minuman manis dalam keseharian.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Semprot di Apotik dan Harganya

Tidak hanya obat tablet maupun sirup, Anda juga dapat memanfaatkan obat semprot untuk mengatasi sakit gigi. Tersedia di apotik dengan beragam kandungan zat aktif, berikut ini merupakan rekomendasi obat sakit gigi semprot dan harganya.

1. Cooling 5 Plus Orange Spray

obat sakit gigi semprot cooling 5 plus orange spray

Beli Cooling 5 Plus Orange Spray Klik di Sini

Salah satu obat sakit gigi semprot andalan yang tersedia di apotik adalah Cooling 5 Plus Orange Spray. Obat ini memiliki kandungan phenol dan juga benzocaine di dalamnya.

Cooling 5 Plus Orange Spray ini bekerja efektif dalam meredakan sakit gigi, sariawan dan juga radang gusi. Penggunaan obat ini aman diberikan pada anak-anak berusia lebih dari 6 tahun dan juga orang dewasa.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/pcs

2. Betadine Throat Spray

obat sakit gigi semprot betadine throat spray

Beli Betadine Throat Spray Klik di Sini

Tidak hanya efektif untuk mengatasi radang tenggorokan, Betadine Throat Spray bekerja ampuh dalam meredakan nyeri saat sakit gigi dan gusi bengkak. Selain itu, obat semprot ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi bau napas kurang sedap.

Betadine Throat Spray sendiri memiliki kandungan povidone iodine di dalamnya. Zat aktif ini akan secara efektif merusak sel kuman penyebab sakit gigi.

Kisaran harga: Rp 137 ribu/pcs

3. Eugica Herbal Mouth Spray

obat sakit gigi semprot eugica herbal mouth spray

Beli Eugica Herbal Mouth Spray Klik di Sini

Eugica Herbal Mouth Spray merupakan obat semprot yang memiliki kandungan propolis, chamomile, aloe vera serta beragam herbal bermanfaat lainnya. Obat semprot mulut ini berguna untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Namun, obat ini juga dapat digunakan untuk melawan virus ataupun bakteri yang berada di dalam mulut. Sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, dapat diredakan menggunakan Eugica Herbal Mouth ini.

Kisaran harga: Rp 48 ribu/pcs

4. Frezza Mouth Spray Strong Mint

obat sakit gigi semprot frezza mouth spray strong mint

Beli Frezza Mouth Spray Strong Mint Klik di Sini

Fungsi utama Frezza Mouth Spray Strong Mint adalah untuk menyegarkan nafas dan juga menghilangkan bau mulut. Berbentuk semprotan praktis, obat penyegar mulut dengan kandungan mint ini ternyata juga ampuh dalam mengatasi masalah sakit gigi. 

Sensasi dingin yang nyaman dari kandungan mint dalam Frezza Mouth Spray Strong Mint ini ampuh untuk membantu mencegah gigi berlubang. Meski tidak bekerja langsung meredakan nyeri saat sakit gigi, namun obat semprot ini tetap dapat menjadi andalan Anda.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/pcs

5. Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray

obat sakit gigi semprot frezza medicated mouth ulcer spray

Beli Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray Klik di Sini

Mengandung hyaluronic acid dan juga ekstrak lidah buaya, Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray tidak hanya ampuh untuk menyembuhkan sariawan. Penggunaan obat ini juga dapat membantu Anda meredakan nyeri saat sakit gigi.

Anda dpaat menyemprotkan Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray untuk 3-4 kali sehari dengan aturan 3 semprotan tiap kali pakai.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/pcs

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Cair di Apotik

Selain menggunakan obat sakit gigi semprot, Anda juga dapat memanfaatkan beragam obat sakit gigi yang berbentuk cairan di apotik. Penggunaan obat-obatan di bawah ini biasanya diteteskan langsung pada gigi yang sakit.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat sakit gigi cair di apotik yang dapat Anda coba gunakan.

1. Dentasol

obat sakit gigi di apotik dentasol

Beli Dentasol Klik di Sini

Obat sakit gigi yang satu ini memiliki kandungan benzocaine, cetylpyridinium chloride, camphora, mentholum dan juga phenolum di dalamnya. Dentasol bekerja ampuh dalam mengatasi sakit gigi, radang gusi dan juga sariawan.

Anda dapat meneteskan Dentasol pada kapas, kemudian tempelkan langsung ke area gigi yang sakit. Ulangi setiap 3-4 jam sekali untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada gigi.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/botol

2. Obat Kakak Tua

obat sakit gigi di apotek kakak tua

Beli Obat Kakak Tua Klik di Sini

Obat kakak tua merupakan obat sakit gigi yang memiliki kandungan glycerin, ethyl alkohol, creosote, oil of clove dan juga pure water di dalamnya. Anda dapat memanfaatkan bantuan kapas untuk menempelkan obat ini pada area gigi yang sakit.

Kakak tua termasuk obat herbal yang aman untuk diberikan pada anak-anak dan juga dewasa. Pastikan untuk mengikuti aturan pemakaian yang tertera pada kemasan untuk meminimalisir efek samping.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

3. Eugenia Dental

obat sakit gigi di apotik eugenia dental

Beli Eugenia Dental Klik di Sini

Dengan kandungan eugenia oil, Eugenia Dental juga ampuh bekerja meredakan rasa nyeri saat sakit gigi. Obat ini dapat Anda oleskan langsung ke area gigi yang sakit dan mengurangi rasa nyeri ataupun ngilu yang ada.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/pcs

4. Listerine Natural Green Tea

obat sakit gigi di apotik listerine natural green tea

Beli Listerine Natural Green Tea Klik di Sini

Salah satu penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang karena kerusakan lapisan pelindung gigi. Anda dapat memanfaatkan Listerine Natural Green Tea untuk membunuh bakteri penyebab gigi berlubang, sekaligus mencegah sakit gigi.

Listerine Natural Green Tea sendiri memiliki kandungan camellia sinensis, sodium fluoride, eucalyptol, menthol, methyl salicylate dan juga thymol di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat sakit gigi semprot di apotik dan harganya yang dapat Anda gunakan. Sebagai alternatifnya, Anda juga dapat memanfaatkan obat sakit gigi dengan formula cair dengan cara pakai yang praktis.

Sakit gigi tiba-tiba di waktu yang tidak tepat? Segera atasi menggunakan beragam obat sakit gigi ampuh yang tersedia di K24Klik. Kami menjamin produk farmasi 100% asli, lengkap dan juga harga terjangkau.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store, beli obat online lebih praktis dengan jaminan 1 jam sampai!

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10957-toothache diakses pada 15 November 2023