14 Obat Sakit Gigi Anak di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Sakit Gigi Anak dan Harganya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sakit gigi anak efektif untuk mengatasi masalah nyeri ataupun sakit efek gigi berlubang. Saat ini, obat sakit gigi anak di apotik juga tersedia dalam bentuk sirup dengan rasa yang pastinya disukai oleh anak loh.

Sakit gigi pada anak bisa saja datang secara terus-menerus, berkala ataupun tiba-tiba. Hal ini dikarenakan gigi anak masih sensitif sehingga terkadang timbul rasa sakit saat merespon rangsangan tertentu. Mengetahui obat sakit gigi anak dapat membantu Anda memberikan langkah pertama untuk anak. Sakit gigi apabila dibiarkan bisa saja menjadi tanda kesehatan buruk.

Lalu, bagaimana Anda bisa mengetahui anak sakit gigi apabila tidak diberitahu dengan jelas? Beberapa tanda yang biasa ditunjukkan adalah cerewet terus menerus, menggosok gigi secara konstan, kebiasaaan makan yang berubah hingga sulit tidur. Paracetamol dan ibuprofen. menjadi beberapa solusi efektif mengatasi sakit gigi anak.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Anak di Apotik dan Harganya

Tidak hanya penanganan medis dari dokter, sakit gigi juga dapat diatasi menggunakan berbagai obat yang dijual di apotik. Lalu, obat apa yang harus Anda pilih? Yuk ketahui beberapa rekomendasi obat sakit gigi anak di apotik dan harganya di bawah ini.

Baca juga: 15 Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh di Apotik K24

1. Panadol Sirup

obat sakit gigi anak panadol sirup

Beli Panadol Sirup Klik di Sini

Jenis obat sirup paling cocok diberikan pada anak karena mudah dikonsumsi dan memiliki rasa yang tidak pahit. Panadol Sirup hadir dengan rasa strawberry manis dan ampuh untuk mengatasi keluhan demam, pusing ataupun nyeri seperti sakit gigi. Anda dapat memberikan obat sakit gigi anak yang satu ini sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/botol

2. Betadine Kumur Mouthwash and Gargle

obat sakit gigi anak betadine gargle

Beli Betadine KUmur Mouthwash and Gargle Klik di Sini

Selain obat sirup, Anda juga dapat memberikan Betadine Kumur Mouthwash and Gargle untuk atasi sakit gigi pada anak diatas 6 tahun. Anda cukup menuangkan ke tutup botol sebanyak kurang lebih 15 ml, kumur-kumur selama 30-60 detik. Selain mengobati sakit gigi, obat kumur ini juga dapat mengatasimasalah bau nafas dan juga sariawan.

Kisaran harga: Rp 43 ribu/botol

3. Cataflam Drop

obat sakit gigi anak cataflam drop

Beli Cataflam Drops Klik di Sini

Kandungan diclofenac resinate dalam Cataflam Drops ampuh untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang. Bentuk obat sirup tentu membuatnya mudah dikonsumsi untuk anak-anak mulai usia 6 tahun. Pastikan untuk mengonsumsi obat sakit gigi ini sesuai anjuran dosis dan hentikan penggunaan bila efek samping seperti mual dan diare berlangsung lama.

Kisaran harga: Rp 64 ribu/botol

4. Sanmol Forte Sirup

obat sakit gigi anak sanmol forte sirup

Beli Sanmol Forte Sirup Klik di Sini

Kandungan paracetamol bekerja sebagai analgesik yang mampu meredakan rasa sakit di kepala, gigi dan juga demam. Sanmol Forte Sirup dapat menjadi pilihan yang tepat untuk obati sakit gigi pada anak. Dikonsumsi setelah makan.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/botol

5. Naprex Drop

obat sakit gigi anak di apotik naprex drop

Beli Naprex Drop Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan Naprex Drop untuk mengatasi sakit gigi pada anak. Obat ini mengandung paracetamol dan dapat diberikan 3-4 kali sehari sesuai kondisi dan anjuran. Tidak hanya untuk mengatasi sakit gigi, Naprex Drop juga ampuh untuk menurunkan demam pada anak.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/botol

6. Pyrexin

obat sakit gigi anak pyrexin

Beli Pyrexin Klik di Sini

Mengandung parasetamol, Pyrexin dapat Anda gunakan untuk meredakan nyeri saat anak sakit gigi. Tidak hanya itu, obat ini juga ampuh untuk mengatasi sakit kepala dan demam. Dengan bentuk sirup, tentunya pyrexin lebih mudah diberikan kepada anak-anak. Pastikan untuk mengikuti anjuran dosis pemakaian sesuai dengan usia dan kebutuhan anak.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/botol

7. Ostarin Sirup

obat sakit gigi anak ostarin sirup

Beli Ostarin Sirup Klik di Sini

Ibuprofen termasuk obat antiinflamasi yang dapat meringankan rasa sakit, atasi peradangan dan juga turunkan demam. Ostarin Sirup aman untuk diberikan pada anak dan ampuh mengatasi rasa sakit ataupun nyeri gigi. Anda dapat memberikan obat sirup yang satu ini sesudah makan, 3 kali sehari sesuai takaran yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/botol

8. Eugenia Dental

obat sakit gigi anak di apotik eugenia dental

Beli Eugenia Dental Klik di Sini

Sakit gigi pada anak biasanya menimbulkan rasa nyeri yang kadang mengganggu untuk beraktivitas. Dengan mengoleskan Eugenia Dental pada gigi yang sakit, obat ini ampuh untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Termasuk obat bebas, Anda dapat membeli Eugenia Dental tanpa resep dokter.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/pcs

9. Pyrex Sirup

obat sakit gigi anak pyrex sirup

Beli Pyrex Sirup Klik di Sini

Dikemas dalam bentuk sirup, Pyrex dengan kandungan parasetamol sangat cocok untuk diberikan pada anak usia 6-12 tahun. Obat ini bermanfaat untuk meredakan nyeri, sakit kepala, demam dan juga sakit gigi. Anjuran pemakaian untuk Pyrex Sirup ini adalah 3 kali sehari 5 ml.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/botol

10. Bufect Suspensi

obat sakit gigi anak di apotik bufect suspensi

Beli Bufect Suspensi Klik di Sini

Efek analgesik dari kandungan ibuprofen dalam Bufect Suspensi ampuh untuk ringankan rasa sakit, termasuk pada gigi anak. Obat sirup yang pastinya mudah dikonsumsi oleh anak-anak, Bufect Suspensi dapat diberikan setelah makan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/botol

11. Dentasol

obat sakit gigi anak dentasol

Beli Dentasol Klik di Sini

Obat sakit gigi untuk anak selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah Dentasol. Antiseptik dengan bentuk obat oles yang satu ini ampuh untuk atasi radang gusi, sariawan, sakit gigi ataupun rangsangan saat gigi tumbuh. Cara penggunaannya pun mudah, dioleskan langsung pada area yang sakit atau menggunakan bantuan kapas.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/botol  

12. Fasidol Drops Strawberry

obat sakit gigi anak fasidol drops strawberry

Beli Fasidol Drops Strawberry Klik di Sini

Untuk anak dibawah 1 tahun hingga usia 2 tahun, Fasidol Drops Strawberry dapat menjadi pilihan yang tepat untuk atasi demam dan nyeri. Kandungan paracetamol dalam obat ini ampuh mengobati sakit kepala, sakit gigi, demam dan nyeri ringan lainnya. Pastikan untuk mengonsumsi Fasidol Drops setelah makan sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

13. Purekids Toothpaste

obat sakit gigi anak purekids toothpaste

Beli Purekids Toothpaste Klik di Sini

Selain memerlukan obat sakit gigi anak berlubang, Anda juga dapat melakukan pencegahan. Caranya adalah menggunakan Purekids Toothpaste yang merupakan pasta gigi dengan formulasi tambahan SLS (Sodium Loutyl Sulfote). Pasta gigi ini bantu bersihkan gigi anak agar tetap sehat dan mencegah gigi berlubang secara lebih efektif.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/pcs

14. Iprox Susp Strawberry

obat sakit gigi anak iprox susp

Beli Iprox Susp Strawberry Klik di Sini

Ibuprofen merupakan bahan aktif yang efektif untuk atasi nyeri, termasuk sakit gigi. Berbentuk obat sirup, Iprox Susp Strawberry dapat diberikan pada anak mulai usia 1-12 tahun. Selain efektif atasi nyeri, obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi demam pada anak.

Kisaran harga: Rp 63 ribu/botol

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi obat sakit gigi untuk anak yang dapat Anda gunakan. Apabila merasa kondisi sakit gigi anak semakin parah, segera konsultasikan pada dokter ahli. Sakit gigi bisa saja memengaruhi selera makan anak, termasuk asupan gizi yang masuk ke tubuh. Terutama di masa pertumbuhan, pastikan gizi nutrisi anak terpenuhi.

Butuh obat, vitamin ataupun susu tanpa harus repot? Menyediakan produk farmasi lengkap dengan jaminan produk 100% asli, K24Klik siap antar sampai ke rumah! Download aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store, dapatkan berbagai penawaran menarik sekarang juga.

Referensi:

https://hurstpediatricdentistry.com/2023/02/01/how-to-help-a-childs-toothache/ diakses pada 20 April 2023