15 Obat Pelancar BAB di Apotik Anak dan Dewasa

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat pelancar BAB di apotik anak dan dewasa

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Sistem pencernaan terganggu bisa saja membuat buang air besar jadi tidak lancar. Oleh karena itu, Anda membutuhkan obat pelancar bab untuk mengatasinya dan mencegah ketidaknyamanan dalam beraktivitas.

Sembelit biasanya disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat dan membuat feses keras kemudian sulit keluar. Saat kesulitan Buang Air Besar (BAB), pasti membuat Anda merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Oleh karena itu, Anda membutuhkan penggunaan obat pelancar BAB yang saat ini telah banyak tersedia di apotik.

Berbagai macam obat untuk melancarkan BAB biasanya bersifat sebagai suplemen, stimulan, pelumas maupun pelunak feses. Pada beberapa kasus, sembelit yang dibiarkan bisa saja menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Jadi, pastikan untuk segera mengonsumsi obat pencahar maupun berkonsultasi pada dokter ahli.

Rekomendasi Obat Pelancar Bab di Apotik Anak dan Dewasa

Saat ini, tersedia beragam macam obat pelancar BAB di apotik mulai dari bentuk tablet, sirup hingga suppositoria. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua obat aman untuk dikonsumsi di semua orang. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat pelancar BAB di Apotik anak dan dewasa.

1. Dulcolax Tablet

obat pelancar bab dulcolax tablet

Beli Dulcolax Tablet Klik di Sini

Mengandung zat aktif Bisakodil, Dulcolax Tablet efektif untuk menginduksi gerakan usus, melunakkan feses dan bantu melancarkan Buang Air Besar (BAB). Obat ini juga dapat mengosongkan usus dari kotoran sebelum operasi ataupun kolonoskopi. Dalam sehari, anjuran mengonsumsi obat ini adalah 2-3 tablet untuk orang dewasa dan 1 tablet untuk anak usia 6-12 tahun.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/strip

Baca juga: 10 Obat Pencahar untuk Mengatasi Sembelit di Apotik

2. Duphalac Sirup

obat pelancar bab duphalac sirup

Beli Duphalac Sirup Klik di Sini

Untuk anak-anak, Duphalac Sirup dapat menjadi pilihan tepat karena mudah dikonsumsi. Obat ini dapat bantu mengobati susah air besar pada dewasa maupun anak.

Kisaran harga: Rp 117 ribu/botol

3. Vegeta Scrubber

obat pelancar bab vegeta scrubber

Beli Vegeta Scrubber Klik di Sini

Terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami seperti plantago ovata, Vegeta Scrubber efektif untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Obat herbal susah bab ini juga bermanfaat untuk mencegah wasir, membantu diet dan juga menurunkan kolesterol. Anda dapat mengonsumsi Vegeta Scrubber 1 kali sehari sebanyak 1 bungkus.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/dos

4. Dulcolax Supp Child

obat pelancar bab dulcolax supp child

Beli Dulcolax Supp Child Klik di Sini

Obat pelancar bab di apotik yang dapat Anda berikan pada anak-anak secara praktis dan efektif adalah Dulcolax Supp Child. Ukurannya sudah disesuaikan dan mengandung zat bisacodyl yang efektif meningkatkan gerakan usus, mengikat kadar air sehingga feses lebih lunak. Penggunaan obat berbentuk suppositoria ini tidak disarankan untuk jangka panjang.

Kisaran harga: Rp 151 ribu/strip

5. Custodiol

obat pelancar bab custodiol

Beli Custodiol Klik di Sini

Custodiol merupakan obat pencahar yang efektif untuk mengatasi susah BAB atau sembelit. Mengandung bisacodyl, pelancar BAB ini aman digunakan untuk anak-anak dari umur 6 tahun dan juga orang dewasa. Perlu diketahui bahwa anjuran mengonsumsi Custodiol ini adalah pada malam hari, dalam keadaan utuh dan tidak diminum bersama susu atau antasida.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

6. Vegeta Herbal Anggur

obat pelancar bab vegeta herbal anggur

Beli Vegeta Herbal Anggur Klik di Sini

Obat herbal susah BAB yang mudah Anda temukan di Apotik salah satunya adalah Vegeta Herbal Anggur. Obat ini merupakan kombinasi serat, laktasif alami dan juga terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami misalnya seperti plantago ovata. Meskipun terbuat dari bahan-bahan alami, Vegeta Herbal Anggur tidak disarankan untuk anak di bawah 12 tahun.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/dos

7. Dulcolax Supp Adult

obat pelancar bab dulcolax supp adult

Beli Dulcolax Supp Adult Klik di Sini

Bentuk obat suppositoria tersedia dalam ukuran yang sesuai baik untuk anak maupun dewasa, Dulcolax Supp Adult ini dapat digunakan 1 kali sehari. Kandungan bisacodyl di dalamnya, efektif menjadikan obat ini tepat untuk mengatasi susah BAB. Saran penggunaan Dulcolax Supp Adult ini adalah dimasukkan ke dalam dubur pada malam hari sebelum tidur.

Kisaran harga: Rp 141 ribu/strip

8. Laxing Tablet

obat pelancar bab laxing tablet

Beli Laxing Tablet Klik di Sini

Tanpa menyebabkan rasa mulas maupun mencret, Laxing tablet merupakan obat untuk mengatasi susah BAB yang ampuh di apotik. Obat ini mengandung ekstrak sennae folium, foeniculli semen. Anda dapat mengonsumsi Laxing tablet saat sebelum tidur, 1-2 kapsul sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

9. Dulcolactol Sirup

obat pelancar bab dulcolactol sirup

Beli Dulcolactorl Sirup Klik di Sini

Zat aktif laktulosa dapat menjadi obat pelancar BAB yang efektif, nah Dulcolactol Sirup ini mengandung zat tersebut. Obat pencahar ini dapat digunakan untuk orang dewasa dan juga anak-anak, pastinya sesuai dengan dosis yang dianjurkan.  

Kisaran harga: Rp 85 ribu/botol

10. Flimty

obat pelancar bab flimty

Beli Flimty Klik di Sini

Minuman kaya serat dapat membantu Anda juga untuk mengatasi susah BAB, sekaligus menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Flimty hadir dengan rasa blackcurrant yang terbuat dari bahan-bahan alami. Anda dapat mengonsumsi minuman ini cukup dengan menuang 1 bungkus Flimty ke dalam gelas dan tambahkan 150 ml air.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/pcs

11. Microlax Enema

obat pelancar bab microlax enema

Beli Microlax Enema Klik di Sini

Obat pencahar di apotik selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah MIcrolax Enema. Kandungan zat aktif natrium lauril sulfoasetat, sorbitol dan juga PEG 400 dalam obat ini ampuh untuk menginduksi gerakan usus dan melunakkan feses. Beberapa efek samping yang timbul saat mengonsumsi obat ini adalah kram perut, mual ataupun pusing.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/tube

12. Pralax Sirup

obat pelancar bab pralax sirup

Beli Pralax Sirup Klik di Sini

Mengandung lactulose, Pralax Sirup bermanfaat sebagai pelancar BAB dengan cara melunakkan feses. Anda dapat mengonsumsi 1-2 sendok makan per hari atau sesuai kebutuhan. Penggunaan Pralax Sirup untuk pasien diabetes, galaktosemia, anak-anak maupun ibu hamil dan menyusui dapat dikonsultasikan dengan dokter ahli terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 103 ribu/botol

13. Graphalac Sirup

obat pelancar bab graphalac sirup

Beli Graphalac Sirup Klik di Sini

Sembelit biasanya disebabkan karena kekurangan serat sehingga membuat feses keras dan sulit keluar. Graphalac Sirup mengandung zat aktif laktulosa yang ampuh untuk atasi susah buang air besar. Obat ini dapat dikonsumsi untuk orang dewasa hingga anak usia 1 tahun sesuai dengan dosis pemakaian atau anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 97 ribu/botol

14. Laxana

obat pelancar bab laxana

Beli Laxana Tablet Klik di Sini

Obat pencahar selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah Laxana Tablet. Mengandung bisacodyl, obat ini ampuh untuk merangsang pergerakan usus dan mengatasi sembelit. Jangan mengonsumsi Laxana bersama dengan antasida karena berpotensi menyebabkan penurunan efektivitas salah satu obat.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

15. Lactulax

obat pelancar bab lactulax

Beli Lactulax Klik di Sini

Kandungan laktulosa dalam obat sirup Lactulax ini berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar. Laktulosa dapat melunakkan feses sehingga mudah dikeluarkan. Apabila penggunaan Lactulax tidak sesuai dosis anjuran, beberapa efek samping yang mungkin Anda alami adalah diare dan juga sakit perut.

Kisaran harga: Rp 39 ribu/botol

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat pelancar BAB di Apotik untuk anak dan dewasa yang dapat Anda gunakan. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dapat membantu Anda mengurangi potensi sembelit, misalnya dengan menjaga asupan serat. Apabila Anda merasa sembelit tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter ahli.

Butuh obat sembelit ataupun vitamin pencernaan tanpa ribet? K24Klik melayani pembelian obat online yang dijamin lebih praktis. Kami menyediakan berbagai macam produk farmasi dengan harga terjangkau, 100% asli dan jaminan pengiriman cepat. Ingin rasakan manfaatnya? Yuk segera unduh aplikasi K24Klik sekarang juga di Play Store atau App Store.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation/diagnosis-treatment/drc-20354259#:~:text=A%20number%20of%20prescription%20medications,up%20the%20movement%20of%20stool diakses pada 26 April 2023