15 Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat gusi bengkak karena gigi berlubang di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat gusi bengkak karena gigi berlubang dibutuhkan untuk mengatasi nyeri ataupun sakit di bagian mulut yang dapat menghambat aktivitas harian Anda.

Gusi bengkak merupakan salah satu penyakit yang paling sering disebabkan oleh masalah gigi seperti abses. Gangguan ini biasanya membuat Anda merasakan nyeri tak tertahankan sehingga memerlukan obat gusi bengkak yang tersedia di apotik.

Gangguan gusi bengkak dapat menjadi lebih parah ketika penyebabnya adalah gigi berlubang. Nyeri pada area mulut dapat membuat seseorang sulit beraktivitas dan bahkan merasakan beberapa gejala lainnya seperti demam dan juga sakit kepala.

Pada beberapa kasus gusi bengkak, pemulihan dapat terjadi dengan sendirinya selama menjalani pola hidup yang lebih sehat. Namun, Anda juga perlu memeriksakan kondisi gusi dan gigi pada dokter spesialis untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih serius.

Baca juga: 15 Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh di Apotik K24

Rekomendasi Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang di Apotik

Baik yang diresepkan maupun sebagai pertolongan pertama, terdapat beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang. Mayoritas obat-obat gusi bengkak yang tersedia di apotik sendiri bekerja sebagai pereda nyeri.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat gusi bengkak karena gigi berlubang yang ada di apotik dan dapat Anda coba manfaatkan.

1. Paracetamol

obat sakit gusi bengkak paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Saat gusi bengkak menyerang, biasanya Anda akan merasakan nyeri dan terkadang juga disertai oleh sakit kepala. Untuk mengatasinya, obat pereda nyeri seperti Paracetamol dapat menjadi solusi yang tepat.

Tersedia dalam bentuk tablet, drops dan juga sirup membuat Paracetamol mudah dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa. Dosis penggunaan obat ini dapat disesuaikan dengan kondisi, 3-4 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

2. Cataflam

obat sakit gusi bengkak karena gigi berlubang cataflam

Beli Cataflam Klik di Sini

Apabila paracetamol bekerja sebagai pereda nyeri ringan, Cataflam merupakan obat yang lebih efektif bekerja dalam mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak. Obat ini memiliki kandungan diclofenac potassium di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa Cataflam termasuk dalam golongan obat keras sehingga penggunaannya memerlukan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 44 ribu/strip

3. Ibuprofen

obat gusi bengkak ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Ibuprofen merupakan salah satu obat ampuh yang digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi dan juga nyeri. Anda dapat mengonsumsi obat ini setiap 4-6 jam sekali atau sesuai anjuran dokter.

Ibuprofen diklaim efektif dalam meredakan nyeri. Obat ini menghambat pembentukan enzim prostaglandin penyebab sakit, nyeri atau peradangan pada tubuh.

Kisaran harfga: Rp 5 ribu/strip

4. Minosep Gargle Hijau

obat sakit gusi bengkak di apotik minosep gargle hijau

Beli Minosep Gargle Hijau Klik di Sini

Tidak hanya obat oral, Anda juga dapat memanfaatkan obat kumur untuk meredakan sakit gusi bengkak. Minosep Gargle Hijau memiliki kandungan chlorhexidine gluconate di dalamnya yang ampuh mengurangi peradangan dan pembengkakkan pada gusi.

Penggunaan obat kumur dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri dan juga virus yang menyebabkan gusi bengkak.

Kisaran harga: Rp 34 ribu/strip

5. Mefenamic Acid

obat sakit gusi bengkak mefenamic acid

Beli Mefenamic Acid Klik di Sini

Termasuk dalam golongan NSAID, Mefenamic Acid merupakan salah satu obat pereda nyeri yang efektif meredakan sakit gusi bengkak karena gigi berlubang. Obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi, sakit kepala dan nyeri otot.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

6. Hexadol Mint Gargle

obat gusi bengkak di apotek hexadol mint gargle

Beli Hexadol Mint Gargle Klik di Sini

Salah satu penyebab gusi bengkak adalah infeksi yang menyerang mulut sehingga menyebabkan peradangan, pembengkakkan hingga nyeri tak tertahankan. Memanfaatkan obat kumur seperti Hexadol Mint Gargle dapat menjadi solusi tepat untuk Anda.

Bekerja ampuh dalam mengatasi infeksi ringan pada mulut dan juga tenggorokan, Hexadol Mint Gargle merupakan obat kumur tanpa alkohol terbaik. Gunakan 15 ml Hexadal Mint Gargle untuk kumur selama 30 detik pada pagi dan juga malam hari.

Kisaran harga: Rp 39 ribu/botol

7. Merflam

obat sakit gusi bengkak merflam

Beli Merflam Klik di Sini

Dengan kandungan kalium diklofenak di dalamnya, Merflam dapat bekerja ampuh dalam mengatasi rasa nyeri termasuk yang disebabkan oleh gigi berlubang maupun gusi bengkak. Penggunaan obat ini dapat dibagi menjadi 2-3 dosis, 100-150 mg per harinya.

Termasuk dalam golongan obat keras, pastikan untuk memanfaatkan Merflam sesuai dengan petunjuk dokter. Pembelian obat ini juga harus disertai dengan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 26 ribu/strip

8. Sanorin Hijau

obat sakit gusi bengkak sanorin hijau

Beli Sanorin Hijau Klik di Sini

Obat kumur antiseptik, Sanorin Hijau mengkombinasikan asam hyaluronat, eukalyptol, menthol, natrium fluorida dan beragam komposisi bermanfaat lainnya. Sanorin Hijau ini dapat menjadi cairan ampuh untuk meredakan sariawan, gusi bengkak ataupun radang.

Berbeda dengan obat kumur lainnya, Sanorin Hijau memiliki kandungan natrium sakarin yang memberikan rasa manis lezat saat digunakan.

Kisaran harga: Rp 34 ribu/botol

9. Kalium Diklofenak

obat gusi bengkak karena gigi berlubang kalium diklofenak

Beli Kalium Diklofenak Klik di Sini

Obat generik yang bekerja efektif sebagai pereda nyeri, Kalium Diklofenak dapat menjadi pilihan untuk mengatasi gusi bengkak. Termasuk dalam golongan NSAID, obat ini dapat menghambat pembentukan prostaglandin pemicu sakit dan peradangan pada tubuh.

Untuk mendapatkan obat golongan keras Kalium DIklofenak ini, Anda memerlukan resep dokter. Konsultasikan bersama dokter ahli dengan layanan Telemedicine dan menebus obatnya langsung secara online di K24Klik dapat menjadi solusi praktis untuk Anda.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

10. Betadine Mouthwash and Gargle

obat kumur gusi bengkak betadine mouthwash and gargle

Beli Betadine Mouthwash and Gargle Klik di Sini

Mengandung bahan aktif povidone iodine, Betadine Mouthwash and Gargle menjadi salah satu obat kumur yang bekerja efektif dalam meredakan gusi bengkak. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat pertumbuhan dan membunuh kuman penyebab infeksi.

Anda dapat memanfaatkan obat kumur ini 3-5 kali per hari atau sesuai kebutuhan. Gunakan 15 ml Betadine Mouthwash and Gargle untuk berkumur selama 30 detik.

Kisaran harga: Rp 44 ribu/botol

11. Tantum Verde Gargle

obat gusi bengkak tantum verde gargle

Beli Tantum Verde Gargle Klik di Sini

Mengandung benzydamine Hcl dan juga aethanolum di dalamnya, Tantum Verde Gargle juga dapat berperan efektif sebagai obat kumur untuk gusi bengkak karena gigi berlubang. Obat ini dapat meringankan beragam gangguan pada mulut dan tenggorokan lainnya.

Kisaran harga: Rp 30 ribu/botol

12. Amoxicillin

obat gusi bengkak di apotik amoxicillin

Beli Amoxicillin Klik di Sini

Antibiotik menjadi obat paling ampuh dalam menangani infeksi virus ataupun bakteri penyebab gusi bengkak. Termasuk dalam antibiotik golongan penisilin, Amoxicillin menjadi yang paling sering diresepkan oleh dokter.

Perlu diketahui bahwa penggunaan antibiotik hanya diperbolehkan atas anjuran dokter dan harus dikonsumsi sampai habis meskipun gusi bengkak telah mereda.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

13. Erythromycin

obat sakit gusi bengkak di apotek erythromycin

Beli Erythromycin Klik di Sini

Selain Amoxicillin, Erythromycin menjadi salah satu antibiotik yang paling sering diresepkan untuk meredakan sakit gusi bengkak karena gigi berlubang.

Anda dapat memanfaatkan resep dokter untuk menebus antibiotik ini secara online di K24Klik dengan jaminan pengantaran cepat 1 jam sampai dan harga terjangkau.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/strip

14. Total Care Mouthwash

obat kumur untuk gusi bengkak total care mouthwash

Beli Total Care Mouthwash Klik di Sini

Tidak hanya efektif dalam membersihkan gigi dan memberikan kesegaran nafas, Total Care Mouthwash juga dapat membantu pengobatan gusi bengkak. Obat kumur antiseptik ini dapat membunuh kuman yang menyebabkan infeksi.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/pcs

15. Opistan

obat gusi bengkak paling ampuh opistan

Beli Opistan Klik di Sini

Dengan kandungan mefenamic acid di dalamnya, Opistan bekerja efektif dalam meredakan nyeri saat gusi bengkak. Obat ini biasa digunakan untuk mengatasi nyeri ringan sampai sedang.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat gusi bengkak karena gigi berlubang yang dapat Anda manfaatkan sesuai dengan aturan pemakaiannya. Apabila kondisi gusi tidak kunjung membaik, segera periksakan pada dokter spesialis untuk penanganan terbaik.

Sakit pada gigi ataupun gusi dapat berakibat fatal pada kesehatan tubuh secara keseluruhan apabila tidak ditangani dengan tepat.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store sekarang juga, pesan obat online jadi lebih praktis! Tidak hanya itu, kami juga menjamin produk yang dijual 100% asli dengan pengiriman pesanan cepat tidak sampai 1 jam.

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/24907-swollen-gums diakses pada 7 Februari 2024