Nyeri Haid Mengganggu Aktivitas? Atasi dengan Cara Ini!

Published by Debora Ciptasari on

Nyeri saat menstruasi pasti sangat mengganggu aktivitas. Atasi dengan cara ini!

Sakit Haid, Nyeri Haid

Dysmenorrhea alias nyeri haid adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri berdenyut di perut bagian bawah saat menstruasi. Keluhan ini umum dirasakan oleh wanita dengan intensitas berbeda. Meski merupakan kondisi yang normal, nyeri haid tentu akan sangat mengganggu aktivitas, terutama jika Anda sedang sibuk.

Sebagian wanita memang menderita nyeri haid dengan intensitas ringan. Sebagian lagi merasakan sakit yang parah, bahkan sampai pingsan. Jika Anda mengalami dysmenorrhea ketika aktivitas sedang padat-padatnya, coba atasi dengan cara berikut.

1. Kompres Air Hangat

Jika kram perut mulai mengganggu aktivitas Anda, coba kompreslah perut dan punggung bagian bawah dengan air hangat. Anda bisa menggunakan botol yang diisi air hangat agar lebih praktis. Selain meredakan nyeri, sensasi hangatnya juga akan membuat Anda lebih rileks.

2. Pijat Perut Bagian Bawah

Nyeri saat menstruasi juga bisa diatasi dengan pijatan pada perut bagian bawah. Lakukan secara lembut dengan gerakan memutar. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial atau minyak kayu putih untuk membantu mengurangi nyeri dan membuat perut lebih hangat.

3. Bergerak Aktif

Nyeri saat haid memang membuat Anda jadi mager alias malas gerak. Meski begitu, Anda tetap dianjurkan untuk aktif bergerak guna melawan rasa sakit. Coba luangkan sedikit waktu di tengah kesibukan untuk olahraga ringan seperti jalan santai. Gerak tubuh akan memicu produksi lebih banyak hormon endorfin yang dapat mengurangi nyeri dan membuat tubuh lebih rileks.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium

Kalsium adalah zat yang dikenal bagus untuk mengurangi kram otot ketika menstruasi. Saat haid, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu, kacang almond, serta sayuran berdaun hijau.

5. Minum Seduhan Jahe

Seduhan jahe sangat bermanfaat untuk meredakan nyeri dan kram di perut saat menstruasi, lho. Selain itu, bahan alami ini juga efektif mengatasi permasalahan kesehatan lain, misalnya masuk angin, demam, pusing, dan perut kembung.

Cara penyajiannya juga mudah. Seduh sepotong jahe geprek dengan segelas air panas. Agar rasanya tidak hambar, tambahkan gula aren. Tidak lama, nyeri pun akan berkurang.

6. Hindari Makanan Tertentu

Alkohol, menu berlemak, soda, serta minuman yang mengandung kafein adalah jenis asupan yang sebaiknya dihindari saat menstruasi. Ya, makanan jenis ini mengandung zat tertentu yang akan membuat Anda semakin merasa nyeri.

7. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika nyeri haid sudah tak tertahankan, segeralah minum obat pereda nyeri. Ada berbagai macam jenis obat pereda nyeri yang bisa didapat di apotek tanpa resep dokter, seperti asam mefenamat, ibuprofen, aspirin, dan parasetamol.

Namun, sebelumnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Perhatikan dengan detail aturan pemakaian dan jangan melebihi dosis yang disarankan. Aspirin, misalnya, digunakan hati-hati pada anak-anak dan remaja karena dapat menyebabkan Reye’s Syndrome.

Nah, itulah beberapa tips meredakan nyeri haid saat menstruasi. Jika kesibukan membuat Anda tidak punya waktu untuk membeli obat langsung ke apotek, kunjungi saja K24Klik sekarang. Di sini tersedia berbagai macam obat pereda nyeri haid yang bisa dibeli secara online. Praktis, bukan?

Tersedia berbagai pilihan obat untuk mengatasi nyeri haid Anda di K24Klik. Anda juga dapat konsultasi seputar obat melalui live chat yang tersedia secara gratis. Download aplikasi K24Klik sekarang juga di https://www.k24klik.com/aplikasi-beli-obat-online!


Debora Ciptasari

Debora Ciptasari, S.Farm Farmasi Universitas Sanata Dharma 2015

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *