7 Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Buka Puasa

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Minum Susu saat Sahur dan Buka Puasa

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Minum susu saat sahur dan buka puasa memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh seperti memberikan tambahan energi dan juga rehidrasi.

Ramadhan menjadi momen wajib seluruh umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa dari fajar hingga petang hari. Untuk membantu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa, minum susu saat sahur dan buka puasa dapat menjadi salah satu pilihan tepat.

Susu sendiri merupakan minuman bergizi yang kaya akan nutrisi seperti kalsium, fosfor, protein, lemak, karbohidrat dan juga beragam vitamin serta mineral lainnya. Tidak hanya baik untuk masa pertumbuhan, susu juga dapat membantu memelihara daya tahan tubuh.

Dengan mengonsumsi susu saat sahur dan buka puasa, dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian lebih optimal.

Baca juga: 15 Manfaat Susu Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dalam Susu

Beragam kandungan nutrisi dalam susu sendiri sangat kompleks dan hampir mampu memenuhi segala asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Dalam secangkir susu, setidaknya mengandung protein, kalori, karbohidrat dan juga lemak.

Berikut ini merupakan beberapa kandungan nutrisi utama dari susu yang perlu Anda ketahui.

1. Protein

Protein menjadi salah satu asupan penting bagi tubuh untuk membantu mengangkut nutrisi seperti vitamin dan oksigen ke seluruh aliran darah.

Kandungan protein dalam susu sendiri dibedakan menjadi dua yaitu kasein atau protein yang tidak larut dan protein yang larut yaitu protein whey. Kasein berfungsi untuk meningkatkan penyerapan mineral pada tubuh.

Sedangkan protein whey bermanfaat untuk penurunan tekanan darah dan juga memperbaiki mood saat stress. Tidak hanya itu, protein whey juga biasa digunakan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot.

indomilk susu steril honey

Beli Indomilk Susu Steril Klik di Sini

2. Lemak

Susu merupakan minuman dengan kandungan lemak trans yang sedikit dan kaya manfaat baik untuk kesehatan. Lemak susu dapat menjadi anti kanker dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan.

3. Kalsium

Kesehatan tulang menjadi hal penting untuk diperhatikan karena berpengaruh langsung pada aktivitas sehari-hari. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang adalah kalsium.

Nah, susu telah dikenal sebagai minuman kaya kalsium yang dapat membantu memelihara kesehatan tulang sekaligus mencegah resiko osteoporosis.

4. Karbohidrat

Sumber energi utama bagi tubuh, nutrisi karbohidrat juga terkandung dalam susu. Dengan mengonsumsi susu, dapat membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda untuk mendukung tubuh dalam menjalankan beragam aktivitas.

Karbohidrat yang kompleks juga dapat meminimalisir resiko penyakit serius seperti obesitas dan juga penyakit jantung.

5. Vitamin dan Mineral Bermanfaat

Selain kalsium, susu juga mengandung mineral bermanfaat lainnya seperti Fosfor. Mineral ini dapat membantu menjaga otot, saraf serta kesehatan tulang dan gigi.

Beberapa vitamin bermanfaat juga terkandung dalam susu seperti vitamin D, vitamin B dan vitamin A. Kandungan vitamin-vitamin tersebut dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit, tulang dan gigi, otot hingga otak.

susu full cream ultramilk

Beli Ultra Milk Full Cream Klik di Sini

6. Serat

Kekurangan asupan serat dapat menjadi salah satu penyebab gangguan pencernaan baik pada anak maupun dewasa. Untuk mencegahnya, Anda perlu memastikan terpenuhinya kebutuhan serat pada tubuh.

Mengonsumsi susu dapat menjadi pilihan yang tepat karena minuman bergizi yang satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi.

Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Buka Puasa

Dengan beragam kandungan nutrisi bermanfaat di dalamnya, bagaimana susu dapat membantu Anda menjalankan ibadah puasa yang sehat? Berikut ini merupakan beberapa manfaat minum susu saat sahur dan buka puasa.

1. Sumber Energi untuk Puasa

Dengan kandungan karbohidrat, protein dan lemak di dalamnya membuat susu berperan ampuh menjadi sumber energi untuk tubuh. Minum susu saat sahur dapat membantu Anda memiliki energi yang cukup untuk berpuasa seharian.

2. Rehidrasi Setelah Berpuasa

Menjalani ibadah puasa seharian membuat tubuh kehilangan asupan air dan menjadi dehidrasi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi cairan yang tepat saat buka puasa untuk rehidrasi tubuh.

Kandungan protein dalam susu membuatnya menjadi salah satu minuman yang memiliki indeks hidrasi tinggi. Jadi, buka puasa dengan minum susu dapat membantu Anda mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

3. Bantu Menjaga Fokus dan Konsentrasi

Menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam lamanya membuat Anda rentan kehilangan fokus serta konsentrasi. Namun, hal ini dapat diatasi dengan kandungan antioksidan dalam susu yang mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan otak.

Dengan mengonsumsi susu saat puasa terutama saat sahur, dapat membantu Anda menjaga fokus dan juga konsentrasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

susu cimory fresh milk UHT

Beli Cimory Fresh Milk Klik di Sini

4. Kenyang Lebih Lama setelah Sahur

Protein dikenal sebagai salah satu nutrisi yang dapat membuat perut kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat. Nah, susu sendiri merupakan salah satu minuman bergizi yang tinggi akan kandungan protein di dalamnya.

Meskipun memberikan efek lebih mengenyangkan, mengonsumsi susu saja saat sahur tidak cukup. Anda juga harus tetap memastikan asupan makanan lengkap sebelum berpuasa.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pola makan yang kurang sehat saat sahur maupun berbuka dapat membuat seseorang rentan mengalami gangguan pencernaan. Anda perlu memastikan asupan serat yang cukup masuk dalam tubuh untuk menghindari masalah pencernaan.

Dengan mengonsumsi susu saat sahur dan buka puasa, kesehatan pencernaan akan lebih terjaga karena kandungan serat tinggi di dalamnya.

6. Membantu Menurunkan Kolesterol

Suka mengonsumsi gorengan ataupun makanan bersantan saat berbuka puasa? Meski nikmat, makanan-makanan tersebut dapat membuat kadar kolesterol dalam tubuh tinggi. Akibatnya, resiko mengalami hipertensi, penyakit jantung dan stroke meningkat.

Nah, beberapa jenis susu dipercaya bekerja ampuh dalam membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Salah satunya adalah susu keledai dengan kandungan kalori serta lemak jenuh rendah.

melilea susu kedelai

Beli Melilea Susu Kedelai Klik di Sini

7. Bantu Mencegah Penambahan Berat Badan

Saat sahur, kebanyakan orang berpikir untuk mengonsumsi makanan sebanyak mungkin agar kenyang dan kuat berpuasa seharian. Namun, tindakan ini dapat menciptakan pola makan yang tidak teratur dan meningkatkan potensi penambahan berat badan.

Dengan susu yang tinggi protein dan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang, dapat membantu mencegah makan secara berlebihan.

Itulah tadi beragam informasi seputar manfaat minum susu saat sahur dan buka puasa yang perlu Anda ketahui. Meskipun kaya akan nutrisi, bukan berarti mengonsumsi susu saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Selama berpuasa, Anda memerlukan penerapan pola hidup sehat untuk menjalankan ibadah dengan maksimal sekaligus memelihara daya tahan tubuh. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, banyak minum air putih dan juga olahraga rutin.

Kehabisan stok susu di waktu sahur? Tidak perlu khawatir, Anda dapat membelinya secara online di K24Klik.

Susu rendah lemak, susu full cream ataupun susu khusus untuk anak-anak dan dewasa semua tersedia lengkap di K24Klik. Unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store sekarang juga, dapatkan penawaran harga menarik khusus untuk Anda!

Referensi:

https://www.healthline.com/nutrition/milk diakses pada 18 Maret 2024