15 Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh Manusia

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh Manusia
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Vitamin D merupakan nutrisi yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk kesehatan tubuh yang optimal. Manfaat vitamin D bisa didapatkan tubuh ketika kulit terpapar sinar matahari, sayur ataupun buah.

Artikel ini akan membahas tentang manfaat vitamin D dan di mana Anda bisa mendapatkan nutrisi ini untuk tubuh Anda.

Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh Manusia

Vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari. Namun, masih banyak yang mengalami kekurangan vitamin D. Padahal, ada begitu banyak manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini:

1. Memperbaiki kesehatan tulang

Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dapat memperkuat tulang dan mengurangi risiko terjadinya patah tulang.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D bisa membantu mempercepat penyembuhan tulang yang patah serta mencegah pengeroposan.

2. Mengurangi risiko diabetes

Diabetes merupakan kelainan berupa ketidakmampuan tubuh memproses karbohidrat secara normal. Hal ini menimbulkan tingginya kadar gula dalam darah. Menariknya, vitamin D ternyata dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 1 maupun 2.

Tidak hanya itu saja, mengonsumsi vitamin ini juga dapat memperbaiki pengendalian kadar gula dalam darah pada penderita diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat vitamin D bagi tubuh selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang dengan status vitamin D yang baik memiliki risiko penyakit jantung yang lebih kecil.

4. Mengurangi risiko beberapa penyakit Kanker

Menjaga kadar vitamin D yang cukup bermanfaat untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian melaporkan bahwa vitamin ini berpotensi memperlambat perkembangan kanker.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Konsumsi vitamin D dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, kalau kamu ingin sehat terus sampai usia lanjut, pastikan untuk rajin mengonsumsi vitamin D, ya!

6. Mengatasi disfungsi ereksi

Salah satu manfaat vitamin D untuk pria adalah mengatasi disfungsi ereksi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa pria yang menderita disfungsi ereksi juga mengalami kekurangan vitamin D.

Meningkatkan kadar vitamin D dalam darah dapat membantu meningkatkan kadar testosterone. Karena itulah vitamin ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan seksual bagi para pria.

7. Mencegah osteoporosis pada wanita

Salah satu manfaat vitamin D untuk wanita adalah mencegah terjadinya osteoporosis. Seiring bertambahnya usia, tubuh tidak lagi dapat memanfaatkan vitamin D dengan efisien. Akibatnya, penyerapan kalsium juga semakin tidak maksimal.

Wanita menopause dan pasca-menopause memiliki risiko osteoporosis yang lebih besar daripada mereka yang lebih muda. Itulah mengapa mereka membutuhkan konsumsi vitamin D yang lebih besar, pula untuk menjaga kesehatan tulang.

8. Mendukung pertumbuhan janin

Vitamin D juga sangat penting untuk ibu hamil. Pasalnya, asupan nutrisi ini diperlukan untuk membantu perkembangan gigi dan tulang bayi. Kekurangan vitamin D saat hamil bisa membuat bayi memiliki masalah tulang dan gigi lemah. Bahkan dalam beberapa kasus, bayi akan mangalami rakhitis.

9. Mengurangi gejala depresi

Para peneliti juga menemukan bahwa vitamin D juga berdampak pada gejala depresi. Laporan terbaru menunjukkan bahwa kekurangan vitamin ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya depresi.

Mengonsumsi vitamin D dapat mencegah atau mengurangi gejala depresi terutama pada mereka yang menunjukkan gejala lebih berat.

10. Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat vitamin D selanjutnya adalah meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan otot baik pada orang dewasa maupun lanjut usia. Oleh karena itu, asupan yang cukup akan menjaga kekuatan otot sekaligus mengurangi risiko terjatuh pada lansia.

11. Menjaga kesehatan rambut

Rambut juga mendapatkan manfaat dari asupan vitamin D yang cukup. Khasiat vitamin D untuk rambut adalah memberikan stimulasi pada folikel rambut untuk tumbuh. Karena itulah asupan yang cukup akan membuat rambut lebih sehat, tebal, dan tidak mudah rontok.

Sebaliknya, kekurangan vitamin ini dapat membuat rambut menjadi gampang patah dan rontok. Bahkan rendahnya kadar vitamin D juga dapat dikaitkan dengan alopecia areata, yaitu kondisi autoimun yang membuat rambut rontok.

12. Mencegah multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit autoimuun yang mengganggu otak, sumsum tulang belakang, dan saraf optik mata. Kadar vitamin D yang memadai dalam darah dapat mengurangi risiko MS dan memperlambat perkembangannya.

13. Mengurangi risiko flu

Vitamin D diketahui sangat baik untuk meningkatkan sistem imun. Karena itu, asupan yang memadai dapat melindungi Anda dari risiko flu musiman.

14. Mencegah alergi makanan

Meningkatnya kejadian alergi makanan pada populasi ternyata disertai dengan penurunan kadar vitamin D. Selain itu lebih dari 10 persen bayi berusia 12 bulan dikonfirmasi secara klinis menderita alergi makanan. Karena itulah kekurangan vitamin ini juga dikaitkan dengan kemungkinan adanya alergi makanan.

15. Mengatasi asma resisten steroid dan dermatitis atopik

Vitamin D diketahui dapat meningkatkan aksi anti-inflamasi dan kemungkinan dapat dimanfaatkan sebagai terapi sekunder pada penderita asma resisten steroid. Selain itu, data terkini juga menunjukkan bahwa suplemen vitamin ini bisa mengurangi tingkat keparahan dermatitis atopik.

Sumber Vitamin D Terbaik

Untuk mendapatkan asupan yang memadai, pastikan Anda mendapatkan sinar matahari pagi selama 10-30 menit, beberapa kali per minggu.

Beberapa jenis vitamin D juga dihasilkan oleh makanan. Anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi ini seperti minyak hati ikan cod, salmon, jamur yang terpapar sinar matahari, susu, sarden, telur, hati dan daging sapi, ikan tuna, keju, dada ayam, dan lain-lain.

Cara lain yang cukup praktis adalah mengonsumsi suplemen vitamin D yang sudah banyak tersedia di apotik. Kamu bahkan bisa membelinya secara langsung dari rumah secara online di https://www.k24klik.com.