7 Makanan untuk Penderita Asam Urat, Sehat dan Aman!

Published by Blog K24Klik on

Makanan untuk penderita asam urat

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Makanan untuk penderita asam urat yang sehat dan aman dikonsumsi harus benar-benar dipahami. Bukan berarti penderita asam urat tidak boleh makan makanan enak, tetapi harus paham bagaimana mengontrol makanan dan bagaimana memilih makanan yang sehat dan aman dikonsumsi. Karena ada jenis makanan yang menyebabkan asam urat kambuh, seperti jeroan, daging merah, dan kacang-kacangan.

Pada umumnya gejala asam urat yang diderita akan berlangsung dalam kurun waktu 3-10 hari. Gejalanya bisa ditandai dengan nyeri dan bengkak pada sendi dan rasa nyeri di bagian sendi mulai dirasakan ketika pagi hari. Mengatasi asam urat bisa dengan menjauhi makanan yang tinggi purin. 

Beberapa jenis makanan bisa mencegah penumpukan level asam urat sehingga dapat mencegah kambuh. Berikut makanan untuk penderita asam urat yang sehat dan aman dikonsumsi:

1. Salmon dan Ikan yang Rendah Purin

makanan untuk penderita asam urat
sumber gambar: freepik

Makanan untuk orang asam urat memang tidak dianjurkan jenis seafood, akan tetapi seafood yang dimaksud seperti kepiting, kerang atau cumi-cumi. Karena dapat meningkatkan level asam urat. 

Penderita asam urat bisa mengonsumsi ikan dengan kadar purin yang rendah seperti salmon, dengan batasan konsumsi sebesar 100 mg per sajian 100 gram. Memasaknya pun harus dengan cara merebus, mengukus, atau poaching, dan tidak boleh digoreng. 

Ikan untuk penderita asam urat yang aman contohnya, ikan sidat jepang (belut jepang), ikan kod hitam (sablefish), dan salmon. Salmon mengandung kaya akan lemak omega 3 yang dapat membantu meredakan peradangan. 

2. Ayam atau Bebek

makanan untuk penderita asam urat
sumber gambar: freepik

Makanan yang baik untuk asam urat adalah daging dengan rendah purin. Daging memang pada umumnya tidak disarankan untuk penderita asam urat. Namun, penderita Anda bisa memilih ayam atau bebek untuk memenuhi kebutuhan protein. Daging ayam atau bebek lebih rendah purin dibandingkan daging merah dan kalkun.

Daging ayam atau bebek bisa diolah dengan dipanggang yang diberi bumbu alami seperti lemon dan rempah-rempahan. Bahan alami tersebut lebih sehat untuk penderita asam urat, serta ramah untuk penderita kolesterol, dan darah tinggi dibandingkan bumbu dapur olahan.

3. Buah yang Kaya Vitamin C

makanan untuk penderita asam urat
sumber gambar: freepik

makanan bagi penderita asam urat yang baik adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Terdapat penelitian bahwa mengonsumsi vitamin C akan memiliki kadar asam urat lebih rendah dibandingkan yang hanya sedikit mengonsumsi vitamin C.

Penderita asam urat bisa mengonsumsi buah yang kaya vitamin C seperti stroberi, lemon, jeruk, jambu biji, nanas, dan kiwi. Vitamin C bekerja secara efektif membantu membuang asam urat lewat urine.

4. Variasi Telur

makanan untuk penderita asam urat
sumber gambar: freepik

Menu masakan untuk penderita asam urat yang bisa dikonsumsi setiap hari adalah telur. Bagi penderita asam urat sebagian besar sumber protein hewani dapat memperburuk level asam urat, tetapi tidak pada telur. 

Telur memiliki kadar purin rendah, sehingga boleh dikonsumsi sebagai sumber protein. Selain itu satu butir telur berukuran besar mengandung protein, lemak, karbohidrat, gula, potassium, fosfor, folat, kalsium, vitamin A dan vitamin D. Kandungan dalam telur sangat baik untuk memenuhi nutrisi penderita asam urat.

5. Susu Rendah Lemak

makanan untuk penderita asam urat
sumber gambar: freepik

Menu makanan penderita asam urat yang sehat dan aman dikonsumsi selanjutnya adalah susu rendah lemak.  Susu full cream tidak dianjurkan untuk penderita asam urat karena memiliki kadar lemak jenuh berbahaya yang bisa memperburuk peradangan. 

Produk susu rendah lemak relatif aman dan bisa menambah manfaat kesehatan untuk tulang, otot, dan sendi. Jadi, Anda tetap bisa mengonsumsi produk susu low-fat.

6. Saus Salad Sehat

makanan untuk penderita asam urat
sumber gambar: freepik

Makanan yang sehat seperti salad identik sebagai menu sehat untuk siapa saja. Namun harus hati-hati karena dressing atau saus berbasis susu seperti mayones justru bisa berbahaya jika berlebihan. 

Bagi penderita asam urat bisa mengonsumsi salad buah atau sayur dengan dressing pilihan mayones rendah lemak atau perasan lemon untuk vitamin C. Dressing mayones rendah lemak dan lemon sangat baik untuk asam urat.

7. Sup Sayuran Rendah Purin

makanan untuk penderita asam urat
sumber gambar: freepik

Menu makanan untuk asam urat bisa menyajikan sup sayuran rendah purin. Semua jenis sayuran sangat ideal sebagai makanan untuk penderita asam urat dan darah tinggi. Akan tetapi terdapat studi menunjukkan bahwa beberapa jenis sayuran yang tinggi kadar purin

Kadar purin pada sayuran berpengaruh terhadap risiko peningkatan kadar asam urat dalam darah seperti jamur, kacang polong, bayam, asparagus, brokoli dan kembang kol. Adapun sayuran yang rendah kadar purin seperti yang terdapat pada wortel, kentang dan jahe. 

Bagi penderita asam urat selain menjaga pola makan dan selektif memilih makanan yang rendah purin, terdapat pola hidup sehat lain yang bisa dilakukan agar tidak kambuh. Berikut pola hidup sehat bagi penderita asam urat:

  1. Minum air putih minimal 8 gelas atau lebih.
  2. Jauhi makanan/minuman yang mengandung gula tambahan (gula buatan).
  3. Jaga berat badan tetap ideal dengan olahraga;
  4. Konsumsi susu rendah lemak yang bisa membantu pencegahan.
  5. Jauhi alkohol sama sekali.
  6. Rutin mengonsumsi sayuran, buah dan makanan yang berserat, bervitamin, dan mengandung antioksidan tinggi.
  7. Kurangi stress.

Demikianlah makanan untuk penderita asam urat yang sehat dan aman dikonsumsi. Apabila asam urat masih terasa sakit dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa konsultasi dulu ke dokter. K24Klik menyediakan konsultasi dan pembelian obat secara online. Sehingga anda bisa pesan dan konsultasi obat tanpa keluar rumah.