Penyakit Asam Urat: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-penyakit-asam-urat
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Asam urat merupakan suatu kondisi medis yang terjadinya gangguan metabolisme dari asam urat pada tubuh seseorang. Sehingga terjadinya peningkatan dari kadar asam urat pada tubuh.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai gejala, penyebab, hingga pengobatan yang bisa dilakukan untuk penyakit asam urat, berikut ulasan selengkapnya. 

Gejala dan Ciri-Ciri Penyakit

Sangatlah penting untuk anda mengontrol gejala dari gangguan kesehatan ini. Mengapa? Hal ini dilakukan supaya penyakit ini tidak bisa berkembang semakin parah.

Namun untuk anda yang ingin mengetahui apa-apa saja gejala atau ciri-cirinya, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Nyeri sendi

Nah, nyeri sendi sendiri merupakan salah satu tanda yang cukup umum terjadi ketika kadar asam urat meningkat di dalam darah. Biasanya rasa nyeri di bagian sendi mulai dirasakan ketika pagi hari. 

Sendi yang bengkak dan lunak

Sendi yang memang bermasalah karena adanya kadar asam urat yang tinggi akan terasa lunak dan terlihat bengkak ketika ditekan.

Terjadinya pembengkakan ini bisa saja karena kristal kecil, tajam, dan keras yang terbentuk pada sendi bergesekan terhadap lapisan lunak yang memang melindungi sendi, disebut juga dengan sinovium. 

Sendi terasa kaku

Untuk kasus yang lebih parah, mungkin sendi juga akan menjadi kaku, dengan begitu sulit digerakkan. Tetapi tanda-tanda ini biasanya baru akan muncul saat anda telah beberapa kali mengalami gangguan kesehatan ini.

k24klik-gejala-penyebab-pengobatan-asam-urat
Gejala, penyebab, pengobatan asam urat (Harvard Health)

Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat

Biasanya makanan penyebab dari peningkatan metabolisme karena mengandung purin yang tinggi, dengan begitu makanan yang seperti ini menjadi pantangan tersendiri untuk penderita gangguan kesehatan ini.

Namun, apa saja pilihan makanan yang dapat memicu peningkatan tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

Jeroan

Untuk anda yang menyukai jeroan, mulai dari hati, usus, paru, jantung, dan sebagainya, maka anda perlu menghindarinya. Karena beberapa makanan tersebut mempunyai kandungan zat purin cukup tinggi lho.

Daging merah

Tentunya daging merah merupakan jenis makanan lainnya penyebab gangguan kesehatan ini. Berbagai pilihan daging merah yang di dalamnya terdapat kandungan purin namun dengan kadar yang sedang.

Daging merah tersebut seperti daging domba, hingga daging sapi dapat menjadi penyebabnya. Anda masih dapat mengonsumsinya, namun sebaiknya dibatasi porsinya supaya tidak berlebihan. 

Kacang-kacangan dan polong-polongan

Nah, kacang-kacangan serta polong-polongan mempunyai kandungan purin dengan kadar yang sedang. Seperti kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, dan kacang hijau.

Pengobatan 

Ternyata penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Walaupun begitu, anda tak perlu khawatir karena kondisi ini bisa dikontrol melalui pengobatan.

Biasanya keluhan yang dirasakan oleh penderita, yaitu akan hilang dengan sendirinya dengan waktu 24 jam ketika pengobatan telah dimulai.

Secara umum pengobatan gangguan kesehatan ini dilakukan menggunakan obat antiinflamasi dengan golongan NSAIDs, misalnya naproxen atau ibuprofen.

Secara umum obat untuk asam urat ini diberikan untuk mengobati penderita serangan berat hingga mendadak agar dapat menurunkan peradangan serta nyeri.

Sedangkan bagi penderita asam urat yang tidak bisa menggunakan NSAIDs, maka diberikan kortikosteroid, steroid untuk menurunkan peradangan.