Jenis Sakit Gigi dan Cara Pengobatannya (Obat Sakit Gigi)!

Published by konten on

Dikurasi Oleh: Maretta Putri A., S.Farm., Apt.

Jenis sakit gigi itu banyak macamnya, dan ini akan muncul ketika seseorang tidak menjaga kesehatan mulut secara maksimal. Gigi dan mulut menjadi titik awal dari sistem pencernaan manusia. Jika gigi bermasalah maka fungsinya akan terganggu. Belum lagi, penyakit gigi bisa menimbulkan gangguan pada organ tubuh lainnya. Untuk menyembuhkan, diperlukan obat sakit gigi yang tepat dan ampuh.

Penasaran dengan seluk-beluk penyakit gigi? Yuk, kenali jenis-jenis sakit gigi beserta langkah-langkah pengobatannya berikut ini!

Macam-Macam Penyakit Gigi

  1. Gigi berlubang

Penyakit ini muncul akibat jaringan gigi yang berubah menjadi karies. Jika sampai mengalami masalah ini, segera datang ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Nantinya dokter akan membersihkan karies terlebih dahulu. Kemudian, gigi akan ditambal dengan bahan-bahan tertentu.

Apabila tidak cepat, karies dapat terus bergerak dalam gigi dan malah bisa mencapai pulpa gigi. Kondisi ini sudah tak bisa diobati dengan metode tambal sehingga Anda harus melakukan perawatan saluran akar.

  1. Gigi abrasi

Gigi abrasi dapat terjadi karena gesekan yang terlalu keras dan terus-menerus pada gigi. Penyebabnya dapat meliputi cengkeraman kawat gigi yang terlalu kencang atau menyikat gigi sangat keras. Anda dapat mengatasi penyakit ini dengan cara menggosok gigi secara tepat dan berhenti menggunakan tusuk gigi terlalu sering.

  1. Gigi bungsu tumbuh

Pada usia dewasa, gigi bungsu baru tumbuh sekitar usia 17 sampai 23 tahun. Masalah ini membuat gigi terasa sakit, makanan terjepit di antara gigi, dan menimbulkan lubang pada gigi. Belum lagi, rasa sakitnya tak hanya terasa pada gigi bungsu, tetapi juga pada bagian gigi lain yang dekat dengannya.

Obat-Obat Pereda Sakit Gigi

  1. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan salah satu obat yang efektif mengobati sakit gigi. OAINS atau obat antiinflamasi nonsteroid ini umumnya berbentuk obat tetes, kapsul, atau tablet. Ibuprofen ampuh mengurangi peradangan dan nyeri pada gigi berlubang. Dapatkan obat ini di apotek terdekat maupun pembelian secara online di K24Klik.

  1. Asam mefenamat

Obat sakit gigi yang kedua ialah asam mefenamat. Dokter biasanya memberikan obat ini untuk mengurangi rasa nyeri yang menyerang gigi. Sama halnya dengan ibuprofen, asam mefenamat termasuk golongan OAINS dan berperan menghambat produksi prostaglandin. Hasilnya, rasa nyeri dan peradangan akan berkurang. Obat pereda nyeri gigi ini menjadi pilihan bagi seseorang yang mengalami sakit dadakan.

  1. Paracetamol

Paracetamol kerap kali digunakan untuk meredakan demam. Namun, obat ini ternyata juga mampu mengurangi rasa sakit pada gigi, lo. Sayangnya, paracetamol tidak dapat menyembuhkan secara total dan hanya meredakan nyeri sementara. Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk mengandalkan obat ini.

  1. Dentasol

Bingung memilih obat sakit gigi untuk anak-anak? Dentasol bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Bukan hanya meredakan nyeri pada gigi berlubang secara efektif, dentasol juga mudah dipakai. Selain itu, tidak seperti obat lain yang digunakan dengan cara diminum, obat ini cukup dioleskan pada bagian gigi yang bermasalah. Dentasol berbentuk cairan atau gel dan tidak terasa pahit.

  1. Naproxen

Obat ini banyak dijual di apotek dan cocok untuk gigi berlubang. Pastikan untuk mengonsumsinya sesuai resep dokter karena naproxen dapat menimbulkan berbagai efek samping. Contohnya, penglihatan kabur, diare, dan perut kembung.

Itulah informasi seputar penyakit gigi dan macam-macam obat sakit gigi yang tak boleh dilewatkan. Semoga pembahasan di atas membuat Anda menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Rutinlah menyikat gigi dengan cara yang baik dan benar agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk mengingatkan keluarga maupun teman-teman Anda!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *