Share this:

Sakit gigi terasa sangat menyiksa? Redakan dengan obat berikut ini!

Set teeth treatment and hygiene with prosthesis Free Vector

Pernah mengalami sakit gigi? Selain rasa nyeri yang begitu menyiksa, kondisi ini juga menyebabkan penderita kehilangan nafsu makannya. Tidak cuma itu, sakit gigi juga dapat menimbulkan komplikasi lanjutan seperti sakit kepala disertai nyeri pada gusi dan pipi.

Sakit gigi sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya gigi berlubang, gigi sensitif, fraktur (gigi retak), sinus, atau penyakit autoimun. Nah, agar rasa nyeri tidak terjadi berlarut-larut, berikut beberapa pilihan obat sakit gigi yang efektif.

Paracetamol

Paracetamol tidak hanya efektif menurunkan demam, lho. Obat pereda nyeri ini juga dikenal ampuh untuk meredakan rasa sakit di bagian tubuh lain, termasuk sakit gigi. Namun ingat, tablet paracetamol hanya berfungsi meredakan nyeri, bukan menyembuhkan sakit gigi secara total.

Untuk penyembuhan, Anda perlu berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter gigi agar diberikan penanganan yang tepat sesuai gejala, apakah gigi perlu dicabut, ditambal, atau lainnya.

Ibuprofen

Selain paracetamol, obat sakit gigi selanjutnya yang tak kalah efektif adalah ibuprofen. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) ini sendiri bisa dijumpai dalam berbagai macam bentuk, mulai dari kapsul, tablet, maupun obat tetes.

Ibuprofen bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan nyeri akibat gigi berlubang. Obat ini bisa dibeli secara bebas di apotek, toko obat, maupun warung terdekat.

Asam Mefenamat

Untuk mengurangi rasa nyeri karena gigi bermasalah, dokter biasanya juga memberikan asam mefenamat. Sama seperti ibuprofen, obat ini juga termasuk golongan OAINS dan bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, sehingga peradangan dan rasa nyeri pada gigi berkurang.

Asam mefenamat sering jadi pilihan cepat bagi mereka yang mengalami sakit gigi tiba-tiba. Obat ini juga sudah banyak dijual di warung-warung sekitar rumah.

Naproxen

Naproxen adalah jenis obat sakit gigi lain yang banyak dijual di apotek. Obat ini dikenal ampuh membantu meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Namun, penggunaan Naproxen sebaiknya dibarengi dengan resep dokter karena obat ini menimbulkan efek samping seperti diare, perut kembung, sampai penglihatan kabur.

Dentasol

Jika Anda kesulitan memilih obat sakit gigi untuk anak, Dentasol bisa menjadi opsi yang tepat. Obat ini tidak hanya efektif meredakan nyeri akibat gigi berlubang, tapi juga mudah digunakan.

Berbeda dengan obat lain yang penggunaannya dengan cara diminum, Dentasol hanya perlu dioleskan pada bagian gigi yang sakit. Bentuknya berupa gel atau cairan sehingga si kecil pasti tidak akan menolak karena takut pahit.

Pada dasarnya, masalah gigi bersumber dari kebiasaan dan pola hidup yang buruk. Ketimbang harus bergantung dengan obat sakit gigi terus-menerus, yuk jaga kesehatan dan kebersihannya mulai sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *