Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan Tubuh

Published by Debora Ciptasari on

Tak cuma cantik, Bunga Echinacea juga bagus untuk menjaga sistem imun tubuh, lho.

Manfaat Bunga Echinacea

Manfaat Bunga Echinacea jarang diketahui orang, seperti namanya yang mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun, sebetulnya bunga berwarna merah jingga ini mudah sekali ditemukan di mana saja, termasuk di pinggir jalan. Bentuknya hampir sama dengan marigold, tapi jumlah kelopaknya lebih sedikit dan cenderung lancip.

Di Amerika, bunga ini disebut dengan coneflower, dan sering dijumpai di apotek/toko obat dalam bentuk pil, serbuk, atau obat herbal. Ya, echinacea tidak hanya cantik dilihat. Kandungan antimikroba di dalamnya dipercaya bermanfaat menjaga imunitas dan kesehatan tubuh manusia.

1. Bunga Echinacea Mengobati Flu

Saat daya tahan tubuh menurun, seseorang biasanya akan lebih mudah terserang penyakit seperti flu. Nah, bunga echinacea ini mengandung senyawa alkilamida atau alkam yang dapat memperkuat sistem imun dan melawan virus penyebab flu.

Dikutip dari Medical News Today, peneliti dari University of Connecticut School of Pharmacy menyatakan bahwa bunga echinacea terbukti dapat mengurangi risiko seseorang terkena flu sampai 58% (sekitar satu setengah hari lebih cepat) dibandingkan ramuan herbal lainnya.

2. Bunga Echinacea Memelihara Daya Tahan Tubuh

Aktivitas tinggi yang tanpa jeda rentan membuat seseorang stres, lelah, dan akhirnya sakit akibat daya tahan tubuh yang kian menurun. Nah, bunga echinacea ini mengandung zat aktif yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih CD4.

Makin banyak sel darah putih CD4 diproduksi, makin kuat imunitas tubuh dalam melawan penyakit. Oh ya, kandungan fenol sebagai antioksidan di dalam bunga dari famili daisy ini juga dapat membantu memelihara daya tahan tubuh.

3. Juga Bisa Meredakan Nyeri

Bunga echinacea ternyata juga sangat bermanfaat untuk meredakan berbagai macam nyeri, misalnya sakit gigi, sakit perut, sakit kepala, gigitan ular berbisa, radang amandel, sampai nyeri yang berhubungan dengan infeksi kelamin seperti gonore.

Cara mengonsumsinya gampang. Tinggal seduh beberapa helai kelopak bunga echinacea dengan segelas air hangat dan minum secara rutin sampai keluhan yang dirasakan hilang.

4. Bahkan Membantu Melawan Kanker!

Peneliti dari National Institutes of Health (NIH) menyebutkan bahwa bunga ini mengandung fitokimia yang berkhasiat mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Namun, pasien kanker sebaiknya tidak menjadikan bunga echinacea sebagai satu-satunya media pengobatan. Penanganan medis seperti kemoterapi tetap diperlukan. Obat herbal hanya berfungsi sebagai pendamping.

5. Dan juga Bagus untuk Kulit

Ya, bunga echinacea tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, tapi juga kulit Anda. Kandungan antioksidan dan tanin di dalamnya dipercaya dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan kulit kusam. Senyawa antibakteri lain yang ditemukan di bunga ini juga dikenal efektif mengatasi jerawat di wajah maupun bagian tubuh yang lainnya.

6. Pencahar Alami

Bagi Anda yang bermasalah dengan pencernaan, cobalah mengonsumsi teh herbal echinacea. Kandungan tertentu dalam bunga ini dikenal efektif mengatasi masalah sembelit. Selain itu, bunga ini juga dapat membantu menenangkan pencernaan.

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan manfaat bunga echinacea tanpa harus repot, beli saja yang sudah berbentuk kapsul, serbuk, atau teh echinacea herbal. Karena tergolong alami, suplemen semacam ini banyak dijual di apotek maupun toko obat secara bebas.

Masih bingung di mana bisa mendapatkan produk obat herbal echinacea secara mudah? Yuk, kunjungi K24Klik sekarang! Selain jamu herbal, di apotek ini Anda juga bisa memperoleh beragam produk kesehatan online dengan langkah yang mudah!

Tersedia berbagai produk echinacea yang sangat mudah didapatkan di K24Klik seperti Nature Health Echinacea 250 mg, Echinacea MPL 500 mg, dan Wellness Echinacea+Vitamin C. Echinacea telah dikemas dalam bentuk kapsul dan tablet sehingga lebih praktis dan membuat Anda mudah mengonsumsinya.


Debora Ciptasari

Debora Ciptasari, S.Farm Farmasi Universitas Sanata Dharma 2015

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *