Hindari 5 Olahraga ini Jika Punya Penyakit Jantung

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Olahraga yang perlu dihindari untuk penderita penyakit jantung
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Jantung adalah salah satu organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.  Namun, data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menunjukkan tren penyakit jantung dapat terjadi mulai dari usia 35 tahun. Hal ini dikarenakan tingginya pola hidup tidak sehat seperti merokok dan kurangnya aktivitas fisik.

Olahraga memang baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan organ jantung. Namun, bagi Anda yang telah terdiagnosis penyakit jantung, pembatasan jenis olahraga perlu dilakukan untuk mencegah beban kerja jantung berlebih. Berikut ini akan dibahas 5 olahraga yang dilarang untuk penderita penyakit jantung. Yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini Sobat Sehat!

Apa itu Penyakit Jantung?

Secara garis besar, penyakit jantung adalah suatu kondisi kelainan jantung yang melibatkan kerusakan pada pembuluh darah jantung, struktur, maupun pembekuan darah berujung penyumbatan.

Jenis Penyakit Jantung

1. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah jenis yang paling umum. Penyakit ini terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah arteri penyuplai oksigen dan nutrisi untuk otot jantung. Penyumbatan ini umumnya terjadi akibat penumpukan kolesterol. Akibatnya, otot jantung akan melemah dan tidak dapat berfungsi memompa darah dengan baik. Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat berujung pada serangan jantung.

2. Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah kondisi kelainan struktur jantung yang terjadi sejak lahir. Terdapat beberapa tipe penyakit jantung bawaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Katup jantung atipikal: katup jantung tidak berfungsi dengan baik

b. Kelainan sekat ruang jantung: terdapat lubang pada dinding sekat antar ruang jantung

c. Atresia: salah satu katup jantung tidak terbentuk

3. Aritmia

Aritmia adalah gangguan pada irama detak jantung. Kondisi ini terjadi akibat gangguan pada aliran listrik pengatur irama jantung. Aritmia dapat berupa irama detak jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan. 

4. Gagal jantung

Gagal jantung secara umum dapat diartikan sebagai penurunan fungsi jantung untuk memompa darah. Kondisi ini dapat terjadi akibat komplikasi dari penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan aritmia. 

Olahraga yang Perlu Dihindari untuk Penderita Penyakit Jantung

olahraga yang dilarang untuk penderita penyakit jantung
Olahraga yang harus dihindari untuk penderita penyakit jantung (unsplash.com)

Meskipun olahraga penting untuk kesehatan jantung, tapi tidak untuk jenis-jenis olahraga tertentu. Karena itu, konsultasikan jenis olahraga yang dapat dilakukan jika Anda memiliki penyakit jantung. Berikut olahraga yang dilarang untuk penyakit jantung:

1. Tenis

Olahraga yang berbahaya bagi penderita jantung yang pertama adalah tenis. Olahraga tenis dilakukan di lapangan yang luas sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk memainkannya. Permainan tenis mengandalkan tenaga yang besar dan aktifitas yang cepat sehingga dapat memperberat kerja jantung. Karena hal demikianlah olaharaga tenis dilarang untuk penderita penyakit jantung

2. Sepak Bola

Penderita penyakit jantung sebaiknya menghindari olahraga sepak bola. Dalam permainan sepak bola, dibutuhkan gerakan yang cepat dan dinamis dalam waktu lama. Ledakan tenaga tiba-tiba saat bermain sepak bola akan memaksa jantung untuk memompa lebih keras dalam waktu singkat. Hal ini tentu dapat membahayakan penderita penyakit jantung.

3. Badminton

Apabila Anda memiliki sakit jantung maka sebaiknya menghindari olahraga batminton. Olahraga ini memberikan beban yang berat untuk jantung karena memerlukan gerakan cepat dan tiba-tiba. Karena gerakan itulah pemompaan darah yang dilakukan dari jantung seluruh tubuh menjadi bertambah. Olahraga ini harus dihindari agar penyakit jantung Anda kambuh. 

4. Marathon

Penderita penyakit jantung sebaiknya menghindari lari marathon. Meskipun olaharaga lari baik untuk kesehatan, namun memiliki konsekuensi besar untuk penderita sakit jantung. Olahraga ini menuntut kerja keras dari berbagai sistem tubuh seperti pernapasan, jantung, serta otot maupun tulang. Secara medis, aktivitas tersebut mengaktifkan serangkaian proses yang memicu penyakit serangan jantung.

5. Basket

Olahraga basket memiliki aktifitas yang sama dengan sepak bola yaitu, dapat meningkatkan tekanan darah yang signifikan dikarenakan aktifitas gerakan yang cepat dan lam. Hal ini akan memaksa jantung untuk memompa lebih keras dan harus dihindari oleh penderita penyakit jantung. Apabila Anda penderita sakit jantung sebaiknya hindari olahraga ini, ya.

Nah, itulah olahraga yang harus dihindari jika punya riwayat penyakit jantung ya Sobat Sehat! Sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter apabila akan melakukan olahraga dengan aktifitas berat. Anda juga bisa mengatasi Penyakit Jantung dengan Solusi CERDIK sesuai dengan anjuran KEMENKES. Semoga dengan tulisan ini dapat membantu Sobat Sehat dalam memilih olahraga yang tepat.