15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan Cepat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara menghilangkan komedo secara alami dengan cepat

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Komedo merupakan benjolan berupa bintik hitam ataupun putih di pori-pori kulit yang dapat mengganggu penampilan. Tidak hanya perawatan klinis, terdapat beberapa cara menghilangkan komedo secara alami dan cepat untuk Anda coba.

Sel kulit mati dan juga kotoran yang menumpuk di permukaan kulit dapat menyebabkan benjolan kecil dengan tampilan bintik hitam ataupun putih. Masalah kulit wajah yang disebut dengan komedo ini dapat diatasi menggunakan beragam cara, baik alami maupun klinis.

Baca juga: 18 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan Cepat

Selain menjalani beragam perawatan klinis ataupun menggunakan krim-krim kecantikan, bagaimana cara menghilangkan komedo? Memanfaatkan banyak herbal yang mudah ditemui, berikut ini merupakan cara menghilangkan komedo secara alami dengan cepat.

1. Kombinasi Putih Telur dan Air Perasan Lemon

Mengandung viitamin, mineral, asam hialuronat dan enzim hidrosilat membuat putih telur jadi salah satu herbal bermanfaat untuk kecantikan wajah. Guna menghilangkan komedo hitam ataupun putih, Anda dapat menggunakan masker putih telur dicampur air perasan lemon.

Selain ampuh membantu menghilangkan komedo, masker putih telur dan perasan lemon ini juga dapat membuat warna kulit lebih merata dan cerah.

2. Tea Tree Oil

Salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat baik untuk kulit wajah adalah tea tree oil. Anti inflamasi dari tea tree oil ampuh melawan bakteri penyebab komedo sekaligus membantu meningkatkan kesehatan kulit wajah Anda.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda cukup mengoleskan tea tree oil secara langsung pada bagian-bagian wajah yang berkomedo. Mulai dari dahi, hidung ataupun dagu secara teratur beberapa kali dalam seminggu.

3. Eksfoliasi

Untuk mengurangi komedo sekaligus membersihkan wajah dengan optimal, Anda dapat secara rutin melakukan eksfoliasi. Cara ini ampuh dalam mengatasi sel kulit mati sehingga wajah lebih cerah dan juga halus tanpa komedo.

Tidak hanya menggunakan produk eksfoliator, Anda juga dapat melakukan eksfoliasi wajah menggunakan bahan-bahan alami. Caranya cukup mencampurkan gula dengan air perasan lemon dan gunakan scrub untuk membersihkan area wajah.

Eksfoliasi wajah sendiri dapat Anda lakukan 1-2 kali dalam seminggu untuk membuat kulit wajah lebih bersih, bersinar dan sehat. Disarankan untuk menggunakan pelembap setelah eksfoliasi agar kulit tidak terlalu kering dan meminimalisir terjadinya iritasi.

4. Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C dan A yang membantu menyerap keringat, membersihkan kotoran, mengecilkan pori-pori dan juga mencerahkan wajah. Dengan begitu, tomat menjadi salah satu bahan alami yang ampuh menghilangkan komedo.

cara menghilangkan komedo vitamin c trifa kapsul

Beli Vitamin C Trifa Kapsul Klik di Sini

Lalu, bagaimana caranya memanfaatkan tomat untuk menghilangkan komedo? Potong kecil-kecil buah tomat hingga nyaris lembut, lalu oleskan langsung pada wajah yang berkomedo.

5. Bubuk Kopi

Tidak hanya mencerahkan kulit, masker dari bubuk kopi juga dapat membantu Anda untuk menghilangkan komedo. Caranya cukup campurkan bubuk kopi dengan sedikit minyak kelapa hingga membentuk pasta dan jadikan sebagai masker wajah.

Penggunaan masker bubuk kopi ini dapat Anda ulangi 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah dan bersih.

Baca juga: 13 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

6. Pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan kandungan vitamin E, vitamin A dan vitamin C. Kandungan bermanfaat tersebut ampuh untuk mengeksfoliasi kulit sehingga dapat membersihkan komedo, termasuk mencerahkan kulit wajah.

Dengan menjadikan pepaya sebagai masker, dapat membantu Anda untuk menghilangkan komedo di wajah. Caranya cukup menghaluskan pepaya, aplikasikan ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, bilas bersih wajah Anda.

cara menghilangkan komedo vitamin e ipi

Beli Vitamin E IPI Klik di Sini

7. Lidah Buaya

Bahan alami yang ampuh digunakan untuk menghilangkan komedo adalah lidah buaya. Herbal yang satu ini dapat berperan sebagai pembersih kulit yang efektif menghilangkan komedo di wajah.

Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya ke area wajah yang berkomedo, lalu biarkan semalaman. Saat bangun, segera bilas menggunakan air bersih dan sabun cuci muka.

8. Minyak Kelapa

Selanjutnya, Anda juga dapat mengatasi komedo di wajah menggunakan minyak kelapa. Aplikasikan minyak kelapa langsung ke wajah menggunakan kapas sebagai pembersih. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu selama beberapa saat.

Setelah minyak kelapa terasa menyerap ke dalam kulit, segera bilas dan bersihkan menggunakan air hangat.

cara menghilangkan komedo minyak kelapa palem

Beli Palem Mustika VCO Klik di Sini

9. Oatmeal

Sifat antiinflamasi dari oatmeal dapat menenangkan kulit dan mengurangi iritasi yang menyebabkan komedo ataupun jerawat. Anda cukup mencampurkan oatmeal bersama dengan yoghurt dan minyak zaitun.

Setelah itu, oleskan langsung masker oatmeal ke wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

cara menghilangkan komedo herborist minyak zaitun

Beli Herborist Minyak Zaitun Klik di Sini

10. Mentimun

Salah satu sumber hidrasi paling baik untuk kulit adalah mentimun. Bahan alami ini juga kaya akan antioksidan dan nutrisi bermanfaat lainnya untuk membantu Anda menghilangkan komedo.

Anda cukup menghaluskan mentimun segar terlebih dahulu, kemudian aplikasikan langsung ke wajah sebagai masker.

11. Stroberi

Tahukah Anda bahwa buah stoberi mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA)? Kandungan tersebut sangat ampuh dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan komedo.

Selain itu, asam salisilat dalam stoberi juga berperan efektif untuk membersihkan pori-pori kulit. Anda dapat mengolah buah stroberi menjadi masker hanya dengan mengkombinasikannya dengan air perasan lemon.

12. Madu

Antibakteri yang terkandung dalam madu bermanfaat ampuh dalam menghilangkan komedo, mengurangi peradangan kulit dan juga mencegah jerawat di wajah.

Anda dapat mengoleskan langsung madu murni di beberapa bagian wajah yang berkomedo, lalu diamkan selama 15-30 menit. Pastikan untuk menggunakan air hangat untuk membilas wajah Anda.

cara menghilangkan komedo nusantara madu murni

Beli Nusantara Madu Murni Klik di Sini

13. Menggunakan Uap Air Hangat

Salah satu penyebab komedo adalah pori-pori kulit yang tersumbat sehingga kotoran semakin menumpuk. Untuk membuka pori-pori kulit tersebut, Anda dapat menggunakan uap air hangat.

Pertama-tama, Anda perlu untuk menyiapkan wadah yang berisi air hangat terlebih dahulu. Setelah suhunya tepat, Anda dapat mendekatkan wajah di atas wadah air hangat tersebut selama beberapa menit.

Untuk memaksimalkan paparan ke wajah, tutupi bagian kepala menggunakan handuk.

14. Masker Tepung Gandum

Siapa bilang gandum hanya berguna untuk membuat kue? Melarutkan tepung gandum dengan air mawar dapat menciptakan masker kecantikan yang ampuh dalam menghilangkan komedo di wajah.

Tentunya cara ini tidak dapat menghilangkan komedo dalam 1 hari, namun perlu telaten mengulanginya selama beberapa kali dalam seminggu.

15. Rajin Mencuci Muka

cuci muka hilangkan komedo verile acne facial wash

Beli Vitamin E IPI Klik di Sini

Menjaga kulit wajah selalu bersih juga merupakan salah satu langkah ampuh untuk menghilangkan komedo dan mencegahnya datang kembali. Cobalah untuk melakukan teknik double cleansing agar wajah bersih maksimal.

Pertama, bersihkan wajah menggunakan micellar water terlebih dahulu. Kemudian, cuci muka menggunakan facial wash sesuai jenis atau masalah kulit. Salh satu yang dapat Anda coba adalah Verile Acne Facial Wash dipercaya vitamin E.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat yang dapat Anda coba lakukan. Usahakan untuk segera mengambil tindakan pembersihan komedo agar tidak menciptakan masalah kulit wajah lainnya seperti jerawat bandel.

Beli obat online 1 jam sampai, yuk percayakan pada K24Klik! Aplikasi kami tersedia di Play Store dan App Store, siap melayani segala kebutuhan farmasi Anda selama 24 jam nonstop. Segala kebutuhan obat, vitamin dan susu jadi lebih praktis!

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-blackheads#how-they-form diakses pada 11 Oktober 2023