15 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Minyak zaitun sudah sejak lama menjadi bagian dari bahan masakan banyak orang terutama di daerah Mediterania. Namun, belum banyak orang Indonesia yang memanfaatkan minyak ini. Padahal, ada begitu banyak manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh.

Artikel ini akan membahas berbagai macam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan hingga kecantikan. Simak baik-baik, ya!

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat minyak zaitun, terutama extra virgin oil, didapatkan dari kandungan nutrisi dan senyawa yang ada di dalam minyak ini. Berbagai penelitian juga telah dilakukan untuk mengetahui manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh. Jadi, berdasarkan penelitian tersebut, berikut ini 15 manfaat minyak zaitun yang bisa Anda dapatkan:

1. Menyehatkan kulit

Salah satu manfaat minyak zaitun adalah menyehatkan kulit. Untuk wanita yang ingin kulitnya senantiasa sehat dan lembap, maka pastikan Anda selalu menyediakan minyak zaitun di rumah Anda. Pasalnya ada banyak manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Minyak ini sangat kaya akan vitamin E dan antioksidan yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal yang merusak kulit. Beberapa diantaranya termasuk sinar matahari yang terik atau angin.

Teksturnya yang ringan membuat minyak zaitun tidak lengket dan bisa melembapkan kulit cukup lama.

2. Kaya akan polifenol

Extra virgin oil kaya akan polifenol, senyawa bioaktif alami dengan sifat antioksidan yang ditemukan di berbagai tanaman seperti buah, sayuran, dan zaitun. Senyawa ini dapat melawan stres oksidasi dalam tubuh yang merusak lipid, protein, dan DNA. Kerusakan ini sering dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, dan demensia.

3. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Ada banyak alasan mengapa minyak zaitun dipandang cukup menyehatkan jantung. Asam oleat dan polifenol yang ada di dalam minyak zaitun berkhasiat mengurangi peradangan, stres oksidatif, dan mengubah kadar kolesterol dalam darah.

4. Mengurangi risiko beberapa jenis kanker tertentu

Tidak ada makanan yang bisa menjadi senjata ajaib untuk melawan kanker. Meski demikian, extra virgin oil memicu perubahan bakteri pada usus yang kerap dianggap mampu mencegah kanker kolorektal, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Beberapa senyawa minyak zaitun memang menunjukkan beragam sifat anti kanker. Senyawa tersebut meliputi asam oleat, oleocanthal, squalene, hidroksitirosol, dan pitosterol.

5. Mengatasi masalah kulit gatal

Ada banyak manfaat minyak zaitun untuk kulit, salah satunya adalah mengatasi kulit gatal. Minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi yang efektif menyembuhkan masalah pada kulit seperti gatal dan ruam. Untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun ini, Anda hanya perlu mengoleskannya ke area badan atau kulit yang bermasalah.

6. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

Anda juga bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan minyak zaitun. Antioksidan dan asam lemak yang ada dalam minyak zaitun mampu memperkuat dan menutrisi rambut. Selain itu menggunakan minyak zaitun untuk rambut juga bisa mengatasi masalah kulit kepala berketombe.

7. Mengurangi kadar kolesterol

Minyak zaitun jika diminum dalam jumlah tertentu juga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Agar mudah mengonsumsinya, Anda bisa mengganti penggunaan minyak lain saat memasak dengan minyak zaitun. Ketika kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga, maka badan akan lebih sehat dan Anda terjaga dari masalah kardiovaskular.

8. Membantu perkembangan bayi

Minyak zaitun aman untuk ibu hamil, jadi jangan ragu untuk menambahkan minyak ini dalam masakan Anda, ya! Pasalnya, minyak zaitun kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan fungsi otak dan jantung bayi.

9. Memperkuat sistem imun tubuh

Fungsi minyak zaitun lainnya adalah memperkuat sistem imun tubuh. Dengan ini tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti flu, batuk, pilek.

10. Meningkatkan kesuburan pria

Minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk pria, salah satunya adalah meningkatkan kesuburan pria. Extra virgin oil memiliki kadar vitamin E yang sangat tinggi dan dikaitkan dengan peningkatan jumlah dan pergerakan sperma.

11. Membantu menjaga keseimbangan gula darah

Lemak sehat adalah komponen penting yang harus dipenuhi untuk mencegah maupun mengelola penyakit diabetes tipe 2. Minyak zaitun memiliki kandungan polifenol yang mampu membantu proses pencernaan karbohidrat yang dipecah menjadi gula oleh tubuh. 

12. Mengurangi berat badan

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah membantu Anda mengurangi berat badan. Karena minyak ini menjaga kestabilan gula darah, maka hal ini akan membantu mengurangi nafsu makan sehigga Anda tidak sampai makan berlebihan.

13. Menjaga kesehatan usus

Mikrobioma usus memengaruhi segala yang terjadi dalam rubuh Anda, mulai dari pencernaan, suasana hati, hingga tampilan kulit Anda. Polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi radang pada saluran penceraan dan mendukung pertumubuhan bakteri baik.

14. Mendukung kesehatan dan kekuatan tulang

Minyak zaitun bisa meningkatkan kadar osteocalcin serum dan procollagen yang berfungsi untuk melindungi kesehatan tulang.

15. Melawan rasa nyeri dan peradangan

Jika Anda menderita artritis atau kondisi inflamasi kronis lainnya, menambahkan minyak zaitun ke dalam diet Anda bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, minyak zaitun mengandung polifenol oleokantal yang punya sifat anti radang.

Nah, itulah tadi berbagai macam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Cukup tambahkan beberapa sendok makan minyak zaitun ke dalam diet harian Anda. Agar lebih praktis, Anda bisa membeli suplemen minyak zaitun yang sudah banyak tersedia di apotik.

Anda bisa mengunjungi apotik online K24 di https://www.k24klik.com/ untuk mendapatkan vitamin atau suplemen yang dibutuhkan. Prosesnya mudah dan barang akan segera dikirimkan dalam waktu 24 jam!