13 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Cepat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara mengatasi hidung tersumbat secara cepat

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Cara mengatasi hidung tersumbat dapat dilakukan secara alami ataupun memanfaatkan obat-obatan yang tersedia di apotik.

Hidung tersumbat adalah salah satu gangguan pernapasan yang membuat hidung terasa penuh. Merupakan salah satu gejala flu dan juga alergi, Anda perlu untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat secara tepat baik secara alami ataupun medis.

Meski pada beberapa kasus hidung tersumbat dapat sembuh dengan sendiri, gangguan pernapasan yang satu ini tetap tidak bisa disepelekan. Hidung tersumbat perlu segera diatasi karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti kondisi sinusitis kronis.

Baca juga: 15 Obat Hidung Tersumbat di Apotik untuk Dewasa dan Anak

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Tepat

Tidak hanya memanfaatkan berbagai obat-obatan kimia, Anda juga dapat mencoba cara-cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat.

Mulai dari minum air putih lebih banyak hingga memanfaatkan minyak angin, berikut ini merupakan berbagai cara mengatasi hidung tersumbat secara tepat.

1. Menggunakan Minyak Eucalyptus

cara atasi hidung tersumbat minyak eucalyptus

Beli Minyak Kayu Putih Lang Klik di Sini

Cara paling mudah untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan memanfaatkan minyak eucalyptus. Aroma dari minyak eucalyptus dapat memberikan efek menghangatkan pada hidung dan melancarkan saluran pernapasan.

Cara mengatasi hidung tersumbat yang satu ini dapat bekerja secara cepat dan efektif. Anda cukup mengoleskan minyak eucalyptus pada beberapa titik tubuh mulai dari dada, leher dan juga hidung.

2. Menghirup Uap Hangat

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu wadah yang berisi air hangat dengan suhu yang cukup. Ketika masih muncul uap, dekatkan wajah pada tersebut untuk dapat menghirup uap hangat.

Cara ini dapat melegakan pernapasan Anda, kemudian ampuh dalam meredakan hidung tersumbat secara alami.

3. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Kekurangan cairan tubuh dapat menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat lama teratasi. Salah satu cara ampuh untuk membantu pengobatan terhadap hidung tersumbat adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Pastikan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup untuk membantu Anda dalam mengencerkan lendir pada hidung. Selain itu, metabolisme tubuh juga akan meningkat ketika terhidrasi dengan baik sehingga pemulihan hidung tersumbat semakin cepat.

4. Menggunakan Humidifier di Ruangan

Tahukah Anda bahwa aktivitas kita selalu saja berdampingan dengan debu di segala sisi? Bahkan dalam ruangan kamar sekalipun, penyebaran debu masih ada dan mampu mengganggu kesehatan tubuh termasuk menyebabkan hidung tersumbat.

Anda dapat mencoba untuk menggunakan humidifier di dalam ruangan untuk memastikan kelembapan udara tetap terjaga dan meminimalisir penyebaran debu. Dengan begitu, saluran pernapasan akan terasa lebih lega dan hidung tersumbat pun teratasi dengan tepat.

5. Mengonsumsi Minuman Hangat

Minuman hangat ampuh dalam memberikan efek melegakan untuk pernapasan. Cara mengatasi hidung tersumbat secara tepat adalah banyak mengonsumsi minuman hangat.

Tidak selalu air putih, Anda dapat menikmati secangkir teh jahe hangat untuk membantu melegakan tenggorokan dan juga pernapasan.

6. Menggunakan Dekongestan

Saat ini, telah banyak jenis dekongestan yang tersedia di apotek sebagai andalan Anda dalam mengatasi hidung tersumbat. Beberapa diantaranya adalah obat dengan kandungan pseudoephedrine, ephedrine, phenylephrine, oxymetazoline ataupun xylometazoline.

7. Mandi Air Hangat

Salah satu perawatan mandiri untuk mengatasi hidung tersumbat adalah mandi air hangat. Meski tidak mengobati secara langsung, namun mandi air hangat dapat membantu Anda memberikan suhu hangat yang nyaman untuk tubuh.

Udara lembap yang diciptakan dari uap air hangat juga ampuh dalam membuat lendir di hidung lebih cair dan mudah dikeluarkan. Pada bayi, cara alami mengatasi hidung tersumbat yang satu ini tentunya cukup mudah dan aman untuk dilakukan.

Rekomendasi Obat Hidung Tersumbat untuk Dewasa dan Anak

Selain cara-cara alami, Anda juga dapat mengatasi hidung tersumbat menggunakan berbagai macam obat yang tersedia di apotik. Baik untuk dewasa maupun anak-anak, berikut ini merupakan rekomendasi obat hidung tersumbat yang ampuh di apotik.

1. Tremenza

obat hidung tersumbat tremenza tablet

Beli Tremenza Tablet Klik di Sini

Mengandung tripolidine HCl dan juga pseudoephedrine, tremenza merupakan salah satu obat yang ampuh dalam meringankan berbagai gejala flu termasuk hidung tersumbat. Untuk jenis tremenza tablet, Anda dapat mengonsumsi tremenza 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/strip

obat hidung tersumbat tremenza sirup

Beli Tremenza Sirup Klik di Sini

Untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak-anak, Anda dapat memanfaatkan Tremenza Sirup. Dengan bentuk obat cair, tentunya lebih mudah dikonsumsi oleh si kecil. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 30 ribu/pcs

2. Alco Oral Drop

obat hidung tersumbat cepat alco oral drop

Beli Alco Oral Drop Klik di Sini

Hidung tersumbat pada anak-anak juga dapat diatasi menggunakan Alco Oral Drop. Mengandung pseudoephedrin HCl di dalamnya, obat ini ampuh berperan sebagai dekongestan solusi penyumbatan pada saluran pernapasan atas.

Kisaran harga: Rp 125 ribu/botol

3. Dicom Tablet

obat hidung tersumbat cepat di apotik dicom tablet

Beli Dicom Tablet Klik di Sini

Dengan kandungan pseudoephedrine HCl dan juga tripolidine HCl di dalamnya, Dicom Tablet ampuh bekerja untuk meringankan hidung tersumbat dan juga bersin-bersin. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dosis anjuran, sesudah makan.

Selain mengatasi hidung tersumbat dan juga bersin-bersin, Dicom Tablet juga ampuh dalam meredakan batuk pilek.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/strip

4. Rhinos Neo Drop

obat hidung tersumbat cepat rhinos neo drop

Beli Rhinos Neo Drop Klik di Sini

Atasi hidung tersumbat secara cepat? Anda dapat memanfaatkan Rhinos Neo Drop yang memiliki kandungan zat aktif pseudoephedrin HCl di dalamnya. Dengan jenis obat cair drop, Anda dapat memberikan obat ini bahkan pada anak-anak berusia di bawah 6 tahun.

Tentunya, penggunaan obat ini harus sesuai dosis yang tertera pada kemasan ataupun anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 70 ribu/botol

5. Imboost Force

obat hidung tersumbat imboost force tablet

Beli Imboost Force Tablet Klik di Sini

Tidak hanya obat-obatan, Anda juga memerlukan vitamin untuk mempercepat pemulihan. Imboost Force Tablet memiliki kandungan echinaceae dan juga zink picolinate di dalamnya ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengonsumsi Imboost Force beserta obat hidung tersumbat, masa pemulihan pun akan lebih cepat dan Anda dapat kembali berakvitas dengan nyaman. Vitamin yang satu ini juga aman dikonsumsi rutin untuk terus menjaga tubuh tetap fit.

Kisaran harga: Rp 82 ribu/strip

6. Becom C Tablet

obat hidung tersumbat becom c tablet

Beli Becom C Tablet Klik di Sini

Selain Imboost, Anda juga dapat mengonsumsi Becom C Tablet untuk mendukung masa penyembuhan hidung tersumbat. Multivitamin kesehatan yang satu ini mengandung vitamin B1, B6, B12, vitamin C dan juga berbagai mineral bermanfaat.

Anjuran mengonsumsi Becom C tablet adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk anak-anak usia dibawah 12 tahun, Anda dapat memberikan multivitamin ini 1 kali sehari sebanyak 1 kaplet
  • Dewasa dan juga anak-anak diatas usia 12 tahun, dosis penggunaan Becom C Tablet adalah 1-2 kaplet sehari

Kisaran harga: Rp 22 ribu/strip

Itulah tadi beberapa cara mengatasi hidung tersumbat secara tepat yang dapat Anda coba lakukan. Apabila hidung tersumbat tidak kunjung membaik dan membuat pernapasan terganggu, segera dapatkan perawatan medis.

Butuh obat dan juga vitamin tanpa perlu repot keluar rumah? Tenang, K24Klik siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat. Tersedia di Play Store dan juga App Store, beli obat online jadi lebih praktis!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/symptoms/nasal-congestion/basics/definition/sym-20050644#:~:text=Nasal%20congestion%2C%20also%20called%20stuffy,But%20the%20terms%20are%20different diakses pada 20 September 2023

https://www.healthline.com/health/stuffy-nose-relief diakses pada 20 September 2023

https://www.k24klik.com/blog/obat-hidung-tersumbat/ diakses pada 21 September 2023