5 Bahan Alami untuk Meredakan Hidung Tersumbat

Published by Blog K24Klik on

k24klik-bahan-alami-untuk-meredakan-hidung-tersumbat

Ada banyak cara untuk mengobati dan mengatasi hidung tersumbat. Salah satunya dengan mengkonsumsi bahan alami untuk meredakan hidung tersumbat di bawah ini.

Hidung tersumbat bisa terasa mengesalkan. Ingus terus keluar, suara sengau dan terdengar lucu, serta masih banyak lagi hal-hal yang terasa menyiksa. Sekalipun ingus sudah dikeluarkan dari hidung, tetap tak bisa banyak membantu. Sobat Sehat tentu pernah mengalaminya.

Umumnya, kondisi ini merupakan dampak dari gejala serangan flu, selesma, hingga alergi. Dan karena hidung tersumbat bisa sembuh dengan sendirinya, belum ada obat yang diproduksi khusus untuk menyembuhkan gejala ini. 

Meskipun begitu, bukan berarti membebaskan Sobat Sehat dari kewajiban untuk minum obat. Atau dari melakukan perawatan kesehatan tertentu agar hidung tersumbat bisa segera teratasi. 

Berdasarkan temuan ENT Spesialit pada Rumah Sakit Lenox Hill, Lisa Liberatore, Anda yang sedang merasakan hidung tersumbat berpotensi kena infeksi kedua. Hal ini disebabkan adanya bakteri yang mampu tumbuh dalam Stagnant Mucus milik manusia.

Bahkan, menurut Lisa, gejala dari infeksi kedua bisa lebih serius. 

Bahan Alami untuk Meredakan Hidung Tersumbat

Sebagian besar ahli kesehatan akan menyarankan obat yang mengandung dekongestan untuk mengatasi gejala ini. Dekongestan mampu memperkecil saluran darah yang memblokir hidung Anda. Ada pula yang lebih memilih pakai antihistamin. 

Tapi, di antara beberapa pilihan pengobatan, yang paling penting adalah perawatan diri. 

“Saya menekankan pentingnya minum air putih, menjauhi alkohol, serta istirahat yang cukup karena kurang tidur menghambat sistem imun,” tegas Dr. Liberatore dilansir dari Health.

Di samping itu, terdapat beberapa pengobatan rumahan berdasar bahan lamiyang bisa Anda jalankan untuk mengatasi hidung mampet tapi tidak keluar ingus. Merangkum Pharmeasy, berikut beberapa bahan untuk meredakan hidung mampet tapi tidak pilek. 

k24klik-ilustrasi-obat-herbal-alami-untuk-hidung-tersumbat
Ilustrasi obat herbal alami untuk hidung tersumbat (The Guardian Nigeria)

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan tinggi. Sehingga, bahan alami ini bisa membantu Anda untuk meredakan gejala hidung tersembat. Di Indonesia, jahe menjadi salah satu bahan minuman yang cukup populer.

Bagi Anda yang sedang mengalami hidung tersumbat, bisa meminum jahe yang dicampurkan dengan teh sebanyak tiga kali sehari. Selain diminum, Anda juga bisa mengkompres larutan jahe.

Caranya, rebus dua gelas air. Kemudian, masukkan potongan jahe ke dalam air rebus. Setelah itu, rendam lap bersih dan kering pada air rebusan jahe, lalu letakkan pada wajah selama 15 menit.

Madu

Bahan alami yang yang bisa Anda gunakan untuk meredakan hidung mampet adalah madu. Bahan ini dipercaya bisa membantu berbagai kondisi kesehatan. Apalagi, madu juga kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral. 

Madu juga memiliki sifat antibakteri. Sehingga bisa membantu tubuh dalam melawan serangan berbagai infeksi bakteri. Tak terkecuali bakteri yang muncul akibat hidung mampet. 

Maka dari itu, saat tubuh terasa meriang dan nafas mulai susah, segera konsumsi madu. Meskipun hasilnya tidak instan, tapi bisa membantu Anda meringankan kondisi kesehatan yang dialami.

Bawang Putih

Bawang putih adalah sumber antioksidan terbaik yang mampu merangsang kekebalan tubuh. Bahan alami ini bisa membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih. 

Seperti kita tahu, sel darah putih berperan penting dalam produksi antibodi. Maka dari itu, mengkonsumsi Bawang Putih merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk mengobati hidung tersumbat. 

Cara mengkonsumsinya mudah saja. Cukup tambahkan beberapa siung bawang putih dalam sup panas. Lalu, konsumsi makanan tersebut dalam kondisi hangat sebanyak dua kali sehari. 

Anggur

Anggur dikenal kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kedua bahan tersebut juga mampu membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan.

Tak hanya itu, Anggur juga punya antioksidan bernama Quercetin. Bahan ini mampu bekerja sebagai agen anti-alergi. Dan menilik kandungan yang dimiliki buah ini, tak ayal jika banyak pakar kesehatan menjadikannya sebagai obat untuk mengobati hidung mampet

Agar efeknya lebih maksimal, tambahkan beberapa tetes ekstrak jeruk bali ke dalam air hangat yang sudah dicampur anggur. Uap minuman yang Anda minum bisa membersihkan saluran hitam secara instan.

K24klik-bahan-alami-untuk-mengatasi-hidung-tersumbat
Bahan alami untuk meredakan hidung tersumbat (Google)

Cuka Apel

Sebagian besar nutrisi penting bisa kita temukan pada cuka apel. Bahkan, bahan ini juga bisa dipakai untuk meredakan hidung mampet. Di samping itu, bahan ini juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur.

Untuk mengkonsumsi cuka apel, ada caranya tersendiri. Cukup campurkan dua sendok teh cuka apel dengan air hangat. Kemudian, konsumsi setidaknya tiga kali sehari. Agar terasa manis, Anda boleh menambahkan satu sendok madu.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda konsumsi ketika merasakan hidung tersumbat. Perlu dicatat, konsumsi bahan alami tidak membuat gejala langsung menghilang. Butuh waktu dan proses yang lebih lama. 

Jika Anda ingin proses penyembuhan yang lebih cepat, mungkin karena kerjaan atau kegiatan menumpuk, langsung konsumsi obat. Tak perlu keluar rumah atau pindah, cukup pesan lewat K24klik saja. Namun, jika Anda tetap ingin mencoba pengobatan rumahan, bisa konsumsi salah satu bahan alami untuk meredakan hidung tersumbat di atas.