Berikut Buah-Buahan yang Mengandung Sumber Vitamin Bagi Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Buah-Buahan yang Mengandung Sumber Vitamin Bagi Tubuh
Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Vitamin yang terdapat pada buah-buahan dan sayur yang sering kita makan merupakan sumber vitamin A, B, C , D, E, dan K, yang mana vitamin-vitamin tersebut memiliki fungsi dan manfaat besar bagi pembentukan tulang, melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjalankan berbagai fungsi tubuh lainnya. 

Buah-buahan dikenal sebagai makanan yang baik karena banyak mengandung vitamin A, B, C , D, E, dan K merupakan suatu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pertumbuhan dan pembentukan daya tahan tubuh.

Tanpa vitamin, tubuh tidak akan dapat melakukan proses fungsi dari organ tubuh secara sempurna. Zat-zat yang dikandung oleh vitamin ternyata mampu membentuk daya tahan tubuh sehingga tubuh akan lebih sehat dan jauh dari gangguan sakit. Kali ini tim K24Klik akan membahas apa saja buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral bagi tubuh secara lengkap. Yuk simak penjelasannya Sobat Sehat!

Manfaat vitamin

1. Vitamin A

Vitamin A memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A pada kandungan vitamin pada buah buahan dan sayuran juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit. 

Kekurangan vitamin A pada tubuh berakibat pada rabun senja yang membuat seseorang akan sulit melihat saat malam hari atau saat berada dalam cahaya yang redup. Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan kekeringan pada kornea mata yang sering disebut dengan keratomalasia. 

2. Vitamin B

Selain Vitamin A, ada juga buah-buahan yang banyak mengandung vitamin B yang juga sangat bermanfat untuk tubuh.  Diantaranya seperti menjaga kesehatan kulit, membantu membakar lemak, membantu pembentukan sel darah merah, memproduksi asam amino, memelihara fungsi saraf dan lain sebagainya. 

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan diare, anemia, dermatitis, dan juga bisa mengganggu proses metabolisme. 

3. Vitamin C

Vitamin C pada kandungan dalam buah sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu dalam memproduksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit, membantu penyembuhan luka, dan memperkuat pembuluh darah.

Kekurangan vitamin C ini dapat menyebabkan anemia, gusi berdarah, gangguan sistem saraf, bahkan bisa membuat luka menjadi sulit sembuh dan rentan terhadap infeksi. 

4. Vitamin D

Vitamin D berfungsi membantu penyerapan kalsium dalam proses pertumbuhan tulang. Selain itu juga berperan untuk membantu sistem imun dalam melawan infeksi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis, osteomalacia, dan rentan terkena infeksi.

5. Vitamin E

Buah-buahan yang mengandung vitamin E merupakan antioksidan yang dibutuhkan tubuh dalam melindungi sel-sel dari kerusakan. Vitamin E juga berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, mencegah penuaan dini, dan menyehatkan kulit. 

6. Vitamin K

Vitamin K memiliki peran yang sangat penting dalam  menjaga kekuatan tulang dan membantu proses pembekuan darah. Kekurangan vitamin K dapat berisiko pada perdarahan dan patah tulang.

Sumber vitamin K ini bisa ditemukan dalam sayur-sayuran seperti brokoli, kol, dan asparagus. Sedangkan untuk buah-buahan yang mengandung Vitamin K ini diantaranya kiwi, blueberry, blackberry. 

Daftar Buah Sumber Vitamin A, B, C , D, E, Dan K  

Buah yang mengandung sumber vitamin (www.freepik.com)

1. Mangga

Vitamin A terdapat pada buah-buahan, salah satu buah yang menjadi sumber Vitamin A adalah buah mangga. Mengonsumsi mangga secara rutin dapat meningkatkan kesehatan mata, menjaga kesehatan reproduksi, menjaga kekebalan tubuh, dan menjaga kekuatan tulang. 

2. Pepaya

Kandungan dan manfaat buah-buahan seperti pepaya banyak mengandung Vitamin A dan C, sehingga buah yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi. Kandungan Vitamin A dan C membuat buah pepaya kaya akan manfaat seperti mengatasi gangguan pencernaan, mencegah kerusakan sel, dan memperkuat imunitas tubuh. 

3. Jambu Biji 

Jambu biji merupakan jenis buah yang mengandung Vitamin C paling tinggi. Bahkan jika dibandingkan dengan buah jeruk yang dipercaya sumber Vitamin C, ternyata jambu biji masih memiliki kandungan yang lebih tinggi. 

4. Pisang 

Pisang merupakan buah yang mengandung magnesium yang lumayan tinggi. Kandungan magnesium ini mampu memacu tubuh dalam menghasilkan Vitamin D yang sangat bermanfaat untuk tubuh. 

5. Alpukat 

Buah yang satu ini merupakan sumber Vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Mengonsumsi alpukat secara rutin dan benar akan sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kulit. Selain kaya akan Vitamin E, buah alpukat ternyata juga mengandung Vitamin K loh Sobat Sehat!

Demikian penjelasan lengkap mengenai buah-buahan yang mengandung sumber vitamin untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat ya Sobat Sehat!