Cegah Virus Covid-19 dengan Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

sistem imun tubuh
Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pemerintah menganjurkan agar seluruh masyarakat Indonesia menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19 dari orang lain. Bahkan, Anda juga disarankan tetap menjaga sistem imunitas dalam tubuh sebagai salah satu hal terpenting untuk mencegah virus Covid-19. Lantas, bagaimana cara yang tepat dalam tingkatkan imun dengan konsumsi vitamin C untuk cegah Covid-19? Mari simak informasi lengkapnya seperti berikut ini.

Pengertian Sistem Imunitas 

Secara umum, sistem imunitas (kekebalan tubuh) merupakan suatu sistem dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari berbagai mikroorganisme maupun ancaman bahaya lainnya. Bahkan, imun ini juga berperan penting dalam membantu membunuh sel–sel kanker, melawan infeksi dan mencegah terserangnya penyakit–penyakit lain dalam tubuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tingkatkan imun dengan konsumsi vitamin C untuk cegah Covid-19. Nah, sistem imunitas pada tubuh seseorang biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti berikut ini: 

  • Faktor penggunaan obat – obatan tertentu

Banyak orang yang belum memahami bahwa mengonsumsi obat–obatan dalam jangka waktu yang relatif lama, justru dapat berpengaruh pada sistem imunitas tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan mengonsumsi obat–obatan dalam pengawasan dokter agar tidak mengakibatkan komplikasi tertentu.

  • Faktor asupan nutrisi dalam tubuh

Anda tentu sering kali mendengar bahwa asupan nutrisi sangat berpengaruh pada sistem imunitas tubuh bukan? Nah, hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral dapat membantu membentuk sistem imunitas dalam tubuh. Alasan inilah yang membuat setiap orang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi asupan nutrisi yang cukup. Seperti misalnya penuhi kebutuhan vitamin C yang cukup di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 

  • Faktor usia

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, sistem kekebalan tubuh akan mengalami perubahan. Umumnya, sistem kekebalan tubuh belum terbentuk sempurna saat usia seseorang masih bayi sampai balita. Hal ini sama halnya ketika seseorang sudah memasukki usia lanjut lantaran terjadi penurunan sistem kekebalan tubuh. 

Sumber Vitamin C

Berbagai macam sayur dan buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk tingkatkan imun dengan konsumsi vitamin C untuk cegah Covid-19 antara lain:

  • Kangkung
  • Brokoli
  • Paprika (merah dan hijau)
  • Bunga kol
  • Kubis brussel
  • Jeruk
  • Nanas
  • Stroberi
  • Mangga
  • Kiwi.

Selain dari sayur dan buah-buahan, vitamin C dapat diperoleh dari konsumsi suplemen. Suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C adalah SURBEX. Surbex memiliki kandungan yang sangat penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh yaitu vitamin C, selain itu kandungan lain yang terdapat dalam produk Surbex dapat memelihara kesehatan tubuh.

Vitamin Surbex

Dosis Vitamin C

Upaya untuk tingkatkan imun dengan konsumsi vitamin C untuk cegah Covid-19 dapat dikatakan sebagai cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi vitamin C sendiri merupakan nutrisi terpenting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya seperti menjaga sistem imunitas tubuh, meningkatkan fungsi otak, membantu penyembuhan luka dan berbagai manfaat lainnya. Tak heran jika sekarang ini banyak orang mengonsumsi suplemen vitamin C untuk menjaga sistem imunitas tubuh agar terhindar dari penularan virus Covid-19. Namun, pemberian dosis vitamin C ini juga harus Anda perhatikan agar tidak menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. 

Dalam pemberian dosis untuk tingkatkan imun dengan konsumsi vitamin C untuk cegah Covid-19 ini, Anda harus memperhatikan anjuran yang disarankan oleh dokter. Biasanya, dosis suplemen vitamin C yang dianjurkan untuk dikonsumsi laki–laki adalah 90 mg per hari. Sedangkan untuk perempuan adalah 75 mg per hari. Jika vitamin C dikonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan, maka Anda akan mengalami beberapa efek samping, seperti misalnya gangguan pencernaan, batu ginjal dan lain–lain. 

Nah, jika Sobat Sehat membutuhkan vitamin yang dapat menunjang daya tahan tubuh, maka Sobat Sehat dapat langsung konsumsi suplemen daya tahan tubuh. Anda dapat melakukan pemesanan produk yang mengandung vitamin C melalui K24Klik.

#KanAdaK24Klik