Share this:

Persalinan Normal dengan Teknik Pernapasan yang Benar

Teknik pernapasan adalah salah satu instrumen penting dalam kegiatan melahirkan normal. Pernapasan berpola (patterned breathing) bisa membantu memudahkan persalinan, mengurangi kecemasan, mengumpulkan kekuatan, serta menolong ibu melewati rasa sakit dan tidak nyaman. Latihan rutin akan menjadikan pernapasan sebagai respons otomatis terhadap rasa sakit ketika bersalin.

persalinan normal
https://www.freepik.com

Jika Sobat Sehat berencana melahirkan secara alami, belajar pernapasan berpola akan memudahkan prosesnya.

Persalinan Normal, Teknik Pernapasan untuk Tahap Awal Persalinan

Pada tahap awal persalinan, ada dua macam pernapasan yang dibutuhkan, yaitu pelan dan sedikit cepat. Pernapasan pelan digunakan saat Sobat Sehat baru merasakan kontraksi, dan pernapasan yang sedikit cepat berguna saat rasa sakit mulai muncul. Tujuan belajar bernapas seperti ini adalah untuk menghindari menahan napas saat kontraksi mulai datang dan pergi.

Saat bernapas pelan, pastikan menghirup udara lewat hidung dalam-dalam, lalu hembuskan dengan suara pelan lewat mulut. Bayangkan seluruh tubuh menjadi rileks seiring dengan napas yang keluar. Ketika kontraksi mulai datang dan rasa sakit memuncak, tingkatkan kecepatan bernapas, tetapi lakukan dengan cara yang sama (hirup lewat hidung, keluar lewat mulut).

Jika kontraksi atau rasa sakit bertambah secara perlahan, Sobat Sehat harus menambah kecepatan napas secara perlahan juga. Tetapi, jika rasa sakit mulai datang dan pergi dengan cepat, kecepatan perubahan napas boleh ditingkatkan.

Teknik Pernapasan untuk Tahap Akhir Persalinan

persalinan normal
https://www.freepik.com

Jika mulut rahim sudah membuka dan bayi siap keluar, teknik pernapasan yang dilakukan berganti-ganti antara pelan dan cepat. Pernapasan cepat hanya dilakukan ketika kontraksi datang. Sobat Sehat harus belajar melemaskan tubuh setiap kali menghembuskan napas, dan membayangkan hal-hal positif seperti senangnya menggendong bayi yang akan lahir.

Ketika sudah waktunya mendorong, tarik napas panjang, lalu bawa dagu ke dada dan lepaskan napas perlahan-lahan sambil mengejan (Sobat Sehat boleh mengeluarkan suara saat mengeluarkan napas, jika membantu). Pastikan juga area panggul rileks saat bayi perlahan keluar. Setelah sekitar 5 detik, hembuskan semua napas, lalu bernapas perlahan-lahan sebelum mengulangi napas panjang untuk mengejan.

Teknik Pernapasan untuk Mencegah Mengejan

Wanita yang bersalin terkadang sangat ingin mengejan sebelum waktunya, dan ini berbahaya jika tidak dikendalikan. Saat mendapat dorongan ini, ada dua teknik pernapasan yang bisa dilakukan untuk mengendalikannya, yaitu:

  • Mengangkat dagu sambil bernapas cepat dengan mulut.
  • Bernapas secara cepat tetapi teratur, dengan cara menghirup lewat hidung dan mengeluarkannya lewat mulut.

Saat menghindari mengejan, pastikan untuk tidak menahan napas, karena akan menguras tenaga.

Untuk persiapan kelahiran, Sobat Sehat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau mencari sumber info medis seperti K24Klik.com, atau ikut live chat K24Klik jika ada pertanyaan soal obat-obatan. Dengan latihan pernapasan, Sobat Sehat bisa menghadapi persalinan dengan lebih tenang dan siap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *