Share this:

Persiapan Kelahiran Bayi Kembar yang Perlu Diperhatikan

persiapan kelahiran
https://www.freepik.com

Ibu hamil yang sedang menunggu lahirnya bayi tentu memiliki berbagai macam perasaan. Gugup, takut, khawatir, hingga bersemangat semua dirasakan secara bersamaan. Terlebih lagi jika membicarakan tentang persiapan kelahiran. Biasanya, pada bulan ketujuh kehamilan, ibu sudah mulai mempersiapkan segala perlengkapan bayi serta mentalnya sendiri untuk melahirkan.

Bagi Sobat Sehat yang sedang menyambut anak kembar untuk pertama kali tentu bertanya-tanya, apakah persiapan kelahiran untuk anak kembar berbeda dengan biasanya? Apakah beban bertambah dua kali lipat begitu mengetahui anak Anda ternyata kembar?

Tidak perlu khawatir, ternyata melahirkan anak kembar tidaklah begitu menakutkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  1. Bersiap untuk Kelahiran yang Lebih Dini

Biasanya, bayi kembar sudah mulai siap lahir di usia 37 minggu atau dua minggu lebih awal dibandingkan bayi bukan kembar. Oleh karena itu, siapkan peralatan bayi sejak kandungan berusia sekitar 26 minggu. Persiapan peralatan dan perlengkapan bayi akan menyita banyak waktu Anda untuk memastikan tidak ada barang yang terlewat.

  1. Banyak Istirahat dan Mempersiapkan Mental

Mengandung anak kembar tentunya lebih menguras tenaga karena beban yang Anda bawa lebih berat. Untuk menghindari persalinan dini atau prematur, sebaiknya hemat tenaga dengan banyak beristirahat serta meminum air putih yang cukup.

Beberapa minggu sebelum hari perkiraan lahir, tenangkan diri dengan tidak memikirkan hal yang negatif. Berusaha untuk tenang dan menghilangkan rasa takut yang berlebih juga perlu agar persalinan berjalan dengan lancar.

  1. Persiapan Kelahiran, Siapkan Dua Tas untuk Persalinan

persiapan kelahiran
https://www.pexels.com

Memang, persiapan untuk anak kembar menjadi dua kali lipat lebih banyak. Anda perlu mempersiapkan dua set tas dengan isi yang sama sebelum hari persalinan datang. Agar praktis, tas harus berisi baju untuk bayi, ibu, serta ayah yang menemani.

Namun, Anda tidak perlu membawa keduanya pada saat akan melahirkan. Cukup bawa satu dan jadikan yang satunya sebagai cadangan. Kalau persalinan berjalan lancar, satu tas dengan beberapa baju akan cukup karena Anda tidak akan menghabiskan waktu lama di Rumah Sakit.

  1. Edukasi Diri Mengenai Persalinan Bayi Kembar

Walaupun sebagian persalinan bayi kembar dilakukan melalui operasin caesar, tidak menutup kemungkinan Anda akan melewati persalinan normal. Kalau posisi kedua bayi bagus, tidak berbagi plasenta, dan ibu masih sanggup mengejan, persalinan anak kembar mungkin saja normal.

Opsi lain untuk bayi kembar dengan plasenta terpisah adalah melahirkan bayi pertama secara normal, lalu bayi kedua dengan operasi. Khusus untuk bayi kembar yang berbagi plasenta, persalinan harus dilakukan secara caesar untuk mengurangi risiko komplikasi. Anda perlu mengedukasi diri Anda lebih matang dengan bertanya kepada dokter mengenai proses persalinan yang mungkin terjadi.

Cukupkan Nutrisi Ibu Hamil Sebelum Persiapan kelahiran

Sama seperti ibu hamil lainnya, ibu yang hamil dengan anak kembar juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Susu kehamilan dan asam folat adalah beberapa suplemen yang wajib dikonsumsi selama hamil.

Untuk memudahkan, Sobat Sehat bisa membeli suplemen tersebut di apotek online yang bisa melayani Anda 24 jam. Salah satunya adalah melalui K24Klik.com. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu mengenai kekurangan dan keunggulan produk yang Anda pilih. Untuk ibu hamil yang sulit keluar rumah, apotek online semacam ini bisa menjadi solusi!

2 thoughts on “Persiapan Kelahiran Bayi Kembar yang Perlu Diperhatikan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *