6 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mata dengan Tepat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

6 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mata dengan Tepat
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Menjaga kesehatan mata bukan hanya tentang penggunaan lensa korektif yang tepat. Memaksimalkan perawatan pada penglihatan jadi hal yang wajib untuk dilakukan. Banyak cara menjaga kesehatan mata yang disarankan beberapa ahli terkait perawatan mata Anda sehari-hari.

Mengapa penting untuk merawat mata Anda? Mata dapat membantu Anda melihat dalam setiap aktivitas. Dengan memahami mengapa pentingnya menjaga kesehatan mata, Anda lebih mungkin untuk mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan mata. Lalu, bagaimana ciri-ciri mata yang sehat?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam website resminya memberikan informasi terkait tanda mata sehat. Setidaknya terdapat 5 tanda, mulai dari kelopak mata yang berkedip dengan baik, bulu mata tertata dengan arah keluar, kornea atau selaput bening berwarna jernih, sklera berwarna putih bersih, dan pupil pun jernih.

Setelah mengetahui ciri-ciri mata yang sehat, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menjaganya. Berikut tips cara menjaga kesehatan mata:

Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Menjaga kesehatan mata yang baik dimulai dengan makanan yang dikonsumsi. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak. 

Konsumsi makanan bergizi dengan sayuran berdaun hijau seperti bayam, dan kangkung. Untuk lauk, Anda bisa mencoba salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya. Jika ingin makanan ringan, konsumsi telur, kacang-kacangan, dan sumber protein non-daging lainnya.

2. Hentikan Konsumsi Rokok

Cara menyehatkan mata dengan berhenti mengonsumsi rokok. Karena tak hanya buruk untuk kesehatan tubuh dan menyebabkan beberapa penyakit dalam, merokok juga berpengaruh pada fungsi mata. Jika Anda sudah mencoba menghentikan kebiasaan ini sebelumnya teruslah melakukannya. Berusahalah untuk berhenti dari rokok yang hanya membahayakan kesehatan Anda. Jika sulit, mintalah bantuan dokter.

3. Berhati-hati pada Paparan Sinar Ultraviolet

Cara menjaga mata agar tetap sehat selanjutnya yaitu, jangan keseringan terkena paparan sinar UV yang berpotensi pada penyakit mata katarak. Tak hanya itu, mata akan degenerasi makula yang mana hal ini berakibat pada kesulitan melihat di tempat dengan cahaya redup. Para ahli menyarankan untuk menggunakan kacamata yang ampuh menghalangi sinar UVA dan UVB.

4. Jangan Terlalu Lama Bermain Gawai

Merawat mata dari radiasi pada layar gawai sangat berpengaruh untuk kesehatan mata. Berikan batasan waktu untuk memandangi layar gawai Anda. Selain itu, jika sedang menonton film sebaiknya beri jarak setidaknya dua meter dari tempat Anda duduk.

5. Rutin Memeriksa Mata

Tidak ada cara yang lebih baik untuk melindungi penglihatan Anda agar mata tetap sehat selain pemeriksaan mata, karena banyak penyakit mata tidak memiliki gejala yang mudah dideteksi. Orang dewasa harus menjalani pemeriksaan mata setiap dua tahun, atau atas arahan dokter mata mereka.

6. Hati-hati saat Ber- Make Up

Inilah yang sering kali dianggap sepele. Mata merupakan area sensitif yang harus dijaga sebaik mungkin. Jika Anda sering menggunakan make up, Anda perlu berhati-hati di area mata. Hal ini karena make up mengandung bahan kimia.

Selain itu, make up merupakan bahan rentan akan pertumbuhan bakteri jika lama tak digunakan. Idealnya, ganti make up jika lebih dari 3 bulan.

Makanan untuk Jaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata dengan wortel
Wortel dapat menjaga kesehatan mata (www.freepik.com)

Dari segala macam tips diatas, makanan adalah cara paling alami untuk merawat mata. Maka perhatikan kandungan makanan yang Anda konsumsi. Beberapa kandungan makanan yang baik untuk mata adalah Vitamin A seperti yang ada pada telur, sawi, wortel, dan lainnya.

Anda juga dapat mengonsumsi Omega-3 dan Zink yang memiliki kandungan protein esensial. Biasanya didapatkan dari seafood, seperti ikan, kerang atau makanan daging dan kacang-kacangan.

Tak kalah penting, Vitamin C diperlukan untuk kesehatan mata Anda, dan mendapatkan cukup antioksidan ini dapat melindungi terhadap katarak.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata dan tips yang bisa dilakukan. Kesehatan mata penting untuk stabilitas fungsi tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.