Tips Menjalani Bulan Puasa Sebagai Pasien Covid-19

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

tips-puasa-pasien-covid
Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Banyak pertanyaan soal penderita Covid-19 yang ingin mengikuti puasa dan bagaimana cara melakukannya. Jika Anda tertarik untuk memahami, tim K24Klik sudah siapkan tips menjalani puasa pasien COVID-19.

Di bawah, Anda bisa membaca penjelasan komplit terkait aturan, syarat puasa, serta tips agar bisa menjalaninya secara aman. Simak uraian berikut ini.

Apakah Pasien Covid-19 Boleh Puasa?

Banyak orang tentu ingin beribadah puasa walaupun sedang sakit. Padahal, jika kondisi tubuh belum fit seharusnya lebih mengutamakan kesembuhan.untuk sembuh. Tentu jika memang ada niat dan kuat, Anda tetap akan diizinkan berpuasa.

Dalam aturan Islam sendiri, orang sakit tidak harus berpuasa. Pula, tidak ada larangan untuk menjalankannya jika Anda merasa kuat dan sudah niat.

Namun, Anda juga harus tahu kondisi diri. Saat memaksakan puasa dan kondisi malah makin sakit, Anda sendiri yang nantinya merugi.

Syarat Penderita Covid-19 Diperbolehkan Puasa

Untuk memastikan Anda bisa lancar puasa tanpa memperburuk kondisi kesehatan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Mari bahas beberapa syarat tersebut di bawah ini:

  • Sudah Memeriksakan Diri dan Mendapat Izin Dokter

Untuk memastikan Anda aman untuk puasa, Anda harus check up dengan dokter terlebih dahulu. Bagi para penderita Covid-19, arahan dari tim medis adalah yang terpenting. Jadi selama dokter mengatakan Anda boleh puasa, Anda bebas. Tapi saat dokter melarang, Anda juga harus patuh dan lebih pentingkan menyembuhkan diri.

  • Gejala yang Dialami Tergolong Ringan

Saat gejala Anda hanya tenggorokan kering, mudah lemas dan demam, Anda tidak masalah untuk ikut puasa. Tapi saat kondisi sudah mempengaruhi kemampuan gerak, berbicara dan bernafas normal, Anda harus ke rumah sakit dan tidak boleh puasa.

  • Bisa Jalani Sambil Lakukan Isolasi Mandiri

Selama puasa, Anda jangan harap bisa menikmati seperti di saat tidak sakit. Sebagai penderita Covid-19, Anda harus lakukan isolasi mandiri tapi tetap bisa jalankan puasa tanpa komplain.

Jika ingin jajan atau pesan delivery, Anda harus tahan diri. Anda tidak boleh kontak dengan orang luar sama sekali. Selama bisa lakukan ini, Anda baru boleh puasa.

Tips yang Memudahkan Para Penderita Covid-19 Puasa

Untuk memperlancar puasa Anda sebagai penderita Covid-19, coba tips berikut ini:

  • Pastikan Konsultasi Rutin

Penderita Covid-19 puasa harus disertai dengan izin dokter. Sebaik mungkin Anda bisa konsultasi dengan dokter secara rutin. Para ahli kesehatan ini akan bisa arahkan dan cek kondisi Anda. Jika ada sinyal, Anda harus berhenti puasa dan fokus penyembuhan, para dokter pasti akan memberi tahu langsung.

  • Konsumsi Nutrisi yang Lengkap Selama Puasa

Saat buka dan sahur, pastikan memilah menu yang baik. Sebisa mungkin lengkapi makanan dengan protein nabati, daging, ikan, sayur, buah, kacang – kacangan dan susu. Selama bisa dilengkapi dengan baik semua ini, Anda akan lebih nyaman dan kuat melakukan puasa walaupun sakit.

  • Olahraga dan Istirahat

Walaupun sedang puasa dan isolasi, ada baiknya sempatkan diri untuk olahraga ringan dan istirahat efisien. Jadi walau sahur, Anda harus tetap bisa tidur 8 jam sehari. Untuk capai itu, pastikan tidur lebih awal.

Untuk olahraga, Anda bisa pilih kegiatan ringan seperti barbel ataupun senam lantai. Jika rutin melakukannya, tubuh biasanya akan lebih fit dan mempercepat penyembuhan. Jika cepat sembuh, Anda tentu lebih nyaman ikut puasa.

  • Konsumsi Suplemen

Saat menjalankan puasa, ada baiknya Anda minum suplemen dan obat secara rutin. Pastikan konsultasi dengan dokter untuk suplemen yang baik digunakan. Beberapa suplemen untuk stamina, daya tahan dan juga nutrisi tambahan bisa membantu tubuh lebih kuat berpuasa dalam kondisi sakit.

Atau, Anda juga bisa mengecek paket Siaga COVID yang sudah disiapkan K24klik.com. Di dalamnya, Anda bisa menemukan beragam pilihan paket suplemen yang bisa berguna dalam mencegah penyebaran virus corona.

Sekian bahasan tentang tips puasa pasien COVID-19. Semoga bahasan ini bisa berguna dan membantu Anda sekalian.