15 Susu Ibu Hamil yang Bagus dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Susu Ibu Hamil yang Bagus dan Harganya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Asupan nutrisi saat hamil harus sangat diperhatikan demi kesehatan ibu dan juga perkembangan bayi dalam kandungan. Susu ibu hamil dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi penting seperti asam folat.

Masa kehamilan membutuhkan perhatian ekstra terutama dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bagi sang ibu maupun bayi dalam kandungan. Mengonsumsi susu ibu hamil yang khusus diformulasikan dengan beragam nutrisi bermanfaat tentunya menjadi pilihan tepat.

Pemilihan susu untuk ibu hamil sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan, terdapat beberapa formulasi khusus yang harus diperhatikan. Mulai dari susu yang kaya akan nutrisi asam folat, zat besi, protein hingga vitamin D untuk memaksimalkan manfaat yang didapat.

Baca juga: 15 Vitamin Ibu Hamil Terbaik untuk Kesehatan

Rekomendasi Susu untuk Ibu Hamil yang Bagus dan Harganya

Tidak perlu cemas, saat ini susu untuk ibu hamil sangat mudah didapatkan di seluruh apotek offline maupun online. Berikut ini merupakan beragam rekomendasi susu untuk ibu hamil yang bagus dan harganya yang dapat Anda coba.

1. SGM Bunda

susu ibu hamil yang bagus sgm bunda

Beli SGM Bunda Klik di Sini

Hadir dengan varian rasa stroberi dan cokelat yang enak, susu ini mengandung nutrisi penting untuk perkembangan janin. SGM Bunda memiliki kandungan asam folat, minyak ikan, zat besi beserta vitamin B6 dan D.

Susu ini diformulasikan khusus untuk membantu pertumbuhan otak dan saraf janin serta mencegah anemia pada ibu hamil. SGM Bunda dapat menjadi susu ibu hamil trimester 1 hingga masa menyusui nantinya.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan baik untuk ibu hamil, SGM Bunda juga hadir dalam dua varian rasa cokelat dan stroberi yang lezat.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/pcs

2. Prenagen Mommy Emesis

susu ibu hamil yang bagus di apotik prenagen mommy emesis

Beli Prenagen Mommy Emesis Klik di Sini

Prenagen Mommy Emesis adalah susu untuk ibu hamil yang dapat membantu menghilangkan rasa mual dan muntah. Anda dapat mengonsumsi susu ini satu gelas sekali setiap hari.

Beberapa kandungan bermanfaat dari Prenagen Mommy Emesis adalah vitamin B6, protein, asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D3, omega 3 dan juga lodium.

Kisaran harga: Rp 49 ribu/dos

3. Anmum Materna

susu ibu hamil yang bagus anmum materna

Beli Anmum Materna Klik di Sini

Manfaat susu Anmum Materna yang diformulasikan khusus untuk bumil adalah memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil. Kandungan di dalam susu ini terdiri dari asam folat, omega, protein, lemak dan karbohidrat. 

Susu ini bisa disajikan dingin atau panas sesuai selera Anda, dengan varian rasa cokelat yang lezat. Anmum Materna juga dilengkapi dengan Nuelipid yang dapat meningkatkan Gangliosida GA, nutrisi penting bagi otak bayi dalam kandungan.

Kisaran harga: Rp 49 ribu/pcs

4. Lactamil Pregnasis

susu ibu hamil yang bagus lactamil pregnasis

Beli Lactamil Pregnasis Klik di Sini

Lactamil Pregnasis dilengkapi dengan formula terbaik ACTIduobio+. Formula tersebut dapat membantu meningkatkan asupan serat pangan harian, rendah lemak, serta tinggi asam folat yang berguna untuk mencegah cacat tabung saraf otak janin.

Kandungan lain yang terdapat pada susu ini yaitu:

  • Omega 6 untuk membantu perkembangan otak janin, 
  • Zat Besi untuk mencegah anemia & kelahiran prematur, dan
  • Vitamin D untuk penyerapan kalsium & pertumbuhan janin

Kisaran harga: Rp 45 ribu/pcs

5. Lovamil 

susu ibu hamil yang bagus lovamil

Beli Lovamil Klik di Sini

Didistribusikan oleh PT. Kalbe, Lovamil merupakan produk susu bubuk yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil. Meski ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, Lovamil menjadi salah satu susu ibu hamil yang kaya akan nutrisi.

Susu ini mengandung protein, DHA, polydextrose, asam folat, zat besi, berbagai vitamin, mineral, dan ekstrak katuk sangat bermanfaat untuk ibu dalam masa kehamilan.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/dos

6. Bebemama 

Beli Bebemama Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaat Bebemama yang merupakan salah satu produk susu produksi Nutricia. Susu ibu hamil ini memiliki kandungan bermanfaat seperti asam folat, zat besi, kalsium, omega 3 dan juga protein.

Menawarkan harga yang relatif terjangkau, namun susu ibu hamil Bebemama ini dapat membantu Anda mengurangi mual, muntah sekaligus mendukung perkembangan bayi dalam kandungan.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/pcs

7. Prenagen Mommy

susu ibu hamil yang bagus prenagen mommy

Beli Prenagen Mommy Klik di Sini

Berbeda dengan versi emesisnya, Prenagen Mommy merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk memenuhi nutrisi ibu hamil tanpa memengaruhi gejala mual dan muntah yang ada.

Prenagen Mommy memiliki kandungan asam folat, DHA, Kolin, zat besi, protein dan juga kalsium di dalamnya. Anda dapat mengonsumsi jenis susu ibu hamil ini ini sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 48 ribu/dos

8. Prenagen Mommy UHT Berry Love

susu ibu hamil yang bagus prenagen mommy uht

Beli Prenagen Mommy UHT Klik di Sini

Susu ibu hamil siap minum dan praktis dibawa kemana-mana? Prenagen Mommy UHT Berry Love dapat menjadi susu ibu hamil andalan Anda.

Beberapa nutrisi yang terkandaung dalam susu ini adalah asam folat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin D, inulin, vitamin B1, omega 3, DHA dan juga omega 6. Nutrisi tersebut dapat membantu mendukung perkembangan bayi dalam kandungan.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

9. Frisomum Gold

Frisomum Gold memiliki kandungan ALA, LA untuk meningkatkan kecerdasan otak janin dan nukleotida, asam folat, kalsium, serta zat besi. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu melancarkan pencernaan ibu hamil sehingga mengurangi konstipasi dan sembelit.

Produk susu premium dari Friesland Campina ini diproduksi dengan konsep Grass to Glass di Belanda. Pembuatannya juga didukung dengan teknologi Single Process (satu kali pemanasan) yang menjaga kualitas protein pada susu sehingga lebih mudah dicerna.

Frisomum Gold biasanya dijual dengan kisaran harga kurang lebih Rp 98 ribu per ukuran 400 gram.

10. Enfamama A+

Enfamama A+ merupakan susu yang ampuh membantu ibu hamil untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Per produk ukuran 400 gram, Enfamama A+ biasanya dijual dengan kisaran harga Rp 91 ribu.

11. SUN Susu Ibu Hamil

SUN Ibu adalah susu yang diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting selama kehamilan. Susu ini mengandung makro seperti protein, karbohidrat, lemak, dan mikronutrien (11 vitamin dan 6 mineral).

Mengonsumsi susu ini dapat membantu mendukung ibu hamil untuk mendapatkan asupan gizi terbaik selama kehamilan. Dengan ukuran 150 gram harga SUN susu ibu hamil dibanderol sekitar Rp 20.000 hingga Rp. 30.000,-

12. Vidoran Ibunda

Vidoran Ibunda dilengkapi dengan Cod Liver Oil yang mengandung asam lemak Esensial Omega 3 (DHA & EPA) dan juga vitamin A dan D alami.

Kandungan Vidoran Ibunda memiliki nutrisi penting untuk pembentukan dan pertumbuhan jaringan otak dan retina mata pada janin serta membantu menjaga daya tahan tubuh ibu selama kehamilan.

Harga Vidoran Ibunda bisa dibilang terjangkau karena untuk ukuran 350 gram harganya sekitar Rp. 30.000,-.

13. Frisian Flag Primamum

Minuman yang diformulasikan untuk ibu hamil dan juga menyusui, Frisian Flag Primamum mempunyai rasa coklat yang enak dirancang untuk memenuhi gizi ibu dan anak. Susu ini dapat disiapkan dengan air dingin maupun air panas.

14. Nestle Mom & Me

Nestlé MOM&me merupakan produk minuman dari nestle yang di rancang khusus untuk ibu hamil dengan kandungan zat zat yang bergizi seperti probiotik Bifidus BL, kalsium, zat besi dan asam folat yang baik untuk ibu hamil.

15. Susu Kedelai Green Soya Tazakka

Susu bubuk kedelai Green Soya Tazakka merupakan produk susu kedelai bubuk yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu bubuk ini sudah mempunyai standar CPOTb, SNI dan ISO. 

Susu Kedelai Green Soya Tazakka dapat disiapkan dalam kondisi dingin dan bisa di tambahkan dengan madu maupun gula.

Itulah tadi beragam rekomendasi susu ibu hamil yang bagus dan harganya yang dapat Anda coba. Untuk memastikan kesehatan ibu dan anak terjaga, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter ahli maupun ahli gizi terlebih dahulu.

Susu habis, tidak punya stok tersisa? Tidak perlu keluar ke apotek, Anda dapat membeli di K24Klik yang menjamin pengiriman cepat 1 jam sampai.

Dengan menggunakan aplikasi kami yang tersedia di Play Store dan juga App Store, Anda berkesempatan mendapatkan harga terbaik di seluruh produk farmasi yang tersedia. Yuk coba sekarang juga!

Referensi:

https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/#:~:text=Folic%20acid%20before%20and%20during,tube%20defects%2C%20including%20spina%20bifida diakses pada 12 Januari 2024

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5104202/ diakses pada 12 Januari 2024