15 Susu Bayi Formula Terbaik di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Susu Bayi Formula Terbaik di Apotik dan Harganya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Meskipun para ahli sepakat bahwa tidak ada makanan yang terbaik selain ASI untuk bayi (khususnya bayi usia 0-6 bulan), terkadang bayi membutuhkan susu bayi formula untuk menambah nutrisi yang masuk.

Saat ini, ada beragam merek susu formula untuk bayi yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Tak heran, memilih produk susu formula yang terbaik mungkin akan membingungkan.

Kira-kira, bagaimana, sih, cara menentukan susu bayi formula yang terbaik? Berikut ini adalah rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi usia 0-12 bulan beserta penjelasan mengenai kandungan nutrisi dan harganya.

Bagaimana Menentukan Produk Susu yang Terbaik untuk Bayi?

Dalam konteks kedokteran, bayi didefinisikan sebagai anak berusia 0-12 bulan. Biasanya, produk susu formula untuk bayi dibagi menjadi dua kategori: susu untuk bayi berusia 0-6 bulan, dan susu untuk bayi berusia 6-12 bulan.

Untuk memilih produk susu yang tepat, lakukan hal-hal berikut:

● Pastikan memilih produk yang sesuai dengan usia bayi

Bayi usia 0-6 bulan membutuhkan nutrisi yang mirip dengan ASI. Artinya, pilihlah produk yang memiliki kandungan prebiotik, vitamin, mineral, serta laktoferin. Ketiga kandungan ini akan baik untuk pencernaan bayi serta menjaga daya tahan tubuh.

Lain halnya dengan bayi usia 6-12 bulan. Pada usia tersebut, bayi sudah mampu mencerna makanan dengan lebih baik. Pergerakan mereka pun sudah lebih aktif. Oleh karena itu, Anda bisa memilih produk susu formula yang tinggi lemak, kalsium, protein, dan zat besi.

● Jangan pilih produk susu formula bayi yang terlalu manis

Jangan memberikan si kecil susu formula yang punya kandungan gula tinggi. Pasalnya, ini bisa mengakibatkan anak rentan akan infeksi di kemudian hari. Selain itu, bayi juga rentan akan permasalahan hormonal yang mengarah ke diabetes.

● Jika bayi Anda alergi susu sapi, berikan susu formula berbahan dasar kedelai

Untuk mengetahui apakah bayi Anda alergi susu sapi, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Jika memang si kecil mengalami reaksi alergi susu sapi (biasanya ditandai dengan gatal dan ruam kulit, bengkak di bagian tubuh tertentu, batuk, dll.), maka dokter akan memberikan rekomendasi susu formula berbahan dasar kedelai (soya).

Rekomendasi Susu Bayi Formula yang Bagus dan Bisa Didapatkan di Apotik

Berikut ini rekomendasi susu formula bayi yang bagus untuk bayi usia 0-6 bulan dan 6-12 bulan.

1. SGM Ananda 0-6 Bulan

susu bayi formula sgm ananda

Nah, varian susu bayi baru lahir dari SGM dikenal dengan nama SGM Ananda 0-6 bulan. SGM Ananda 0-6 bulan hadir dengan kandungan berbagai macam vitamin dan mineral, AA, DHA, FOS, Inulin, dan masih banyak lagi.

Harga: mulai Rp15.335,-/pcs

Beli SGM Ananda 0-6 Bulan Klik di Sini

2. Bebelove 1 0-6 bulan

sgm bebelove susu bayi formula

Bebelove 1 adalah susu bayi yang diformulasikan untuk bayi baru lahir hingga bayi berusia 6 bulan. Produk keluaran Nutricia ini memiliki kandungan laktosa, whey protein, 13 vitamin dan 11 mineral, serta AA-DHA yang mendukung perkembangan otak bayi.

Harga: Rp77.555,-/boks 400 gram.

Beli Bebelove 1 0-6 bulan Klik di Sini

3. S-26 Promil Gold 1

S-26 Promil Gold 1 bayi susu formula

Rekomendasi susu formula terbaik selanjutnya adalah S-26 Promil Gold 1. Produk ini merupakan susu yang diproduksi oleh Wyeth dan hadir dalam bentuk kaleng.

Selain mengandung makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak), susu formula S-26 Promil Gold dilengkapi juga dengan kalsium, mineral (terutama zat besi dan zinc), serta berbagai macam vitamin.

Harga: Rp168.844,-/kaleng (400 gram), Rp370.890,-/kaleng (900 gram)

Beli S-26 Promil Gold 1 Klik di Sini

4. Enfamil A+ Gentle Care

Enfamil A+ Gentle Care susu bayi formula

Susu bayi yang bagus dan direkomendasikan adalah Enfamil A+ Gentle Care. Sama seperti S-26 Promil Gold, susu bayi ini juga hadir dengan kemasan kaleng.

Produk susu dari Mead Johnson ini diformulasikan untuk bayi yang sering mengalami masalah pencernaan ketika mengonsumsi susu sapi. Dengan teknologi Partially Hydrolyzed Protein (PHP), kandungan whey protein dalam susu Enfamil A+ relatif lebih aman untuk perut bayi.

Harga: Rp278.464,-/kaleng (350 gram)

Beli Enfamil A+ Gentle Care Klik di Sini

5. Nutribaby 1 Royal

Nutribaby 1 Royal susu bayi formula

Selanjutnya ada produk susu bayi dari Nutricia, yaitu Nutribaby 1 Royal. Produk susu ini mengandung makronutrien dan mikronutrien yang diformulasikan khusus sesuai dengan kebutuhan bayi berusia 0-6 bulan.

Beberapa kandungan yang ada dalam susu ini meliputi whey protein, FOS dan GOS (yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan bayi), AA dan DHA, 17 vitamin, 16 mineral, dan berbagai kandungan lainnya.

Harga: Rp114.037,-/boks 400 gram

Beli Enfamil A+ Gentle Care Klik di Sini

6. NAN pHPro 1

Nestle juga memiliki produk susu formula untuk bayi, yaitu NAN pHPro 1 untuk bayi 0-6 bulan. Susu ini mengandung bubuk whey protein yang terhidrolisa, maltodekstrin, laktosa, berbagai vitamin dan mineral, serta DHA dan ARA yang penting untuk perkembangan otak bayi.

Harga: Rp202.086,-/kaleng (400 gram), Rp410.973,-/kaleng (800 gram)

Beli  NAN pHPro 1 Klik di Sini

7. Neocate LCP 0-12 bulan

Neocate LCP 0-12 bulan susu bayi formula

Anda bisa memberikan Neocate LCP untuk anak berusia 0 hingga 12 bulan. Harga susu bayi yang satu ini memang agak mahal, tetapi produk ini diklaim bisa mencegah gejala alergi susu sapi pada bayi karena sifatnya yang hipoalergenik.

Kandungan yang ada di dalam susu ini meliputi berbagai makronutrien dan mikronutrien vitamin dan mineral yang sesuai untuk kebutuhan bayi Anda.

Harga: Rp370.016,-/kaleng (400 gram)

Beli Neocate LCP 0-12 bulan Klik di Sini

8. BMT Platinum Moricare 1

BMT Platinum Moricare 1 susu bayi formula

BMT Platinum Moricare 1 adalah susu formula yang diperuntukkan bagi bayi berusia 0-6 bulan. Selain itu, produk susu keluaran Morinaga ini merupakan produk yang bagus untuk bayi baru lahir yang tidak mendapatkan ASI. Pasalnya, kandungan susu BMT Morinaga ini memiliki kandungan yang mendekati ASI.

Kandungan nutrisi dalam susu formula Morinaga BMT Platinum ini meliputi makronutrien, DHA, AA, ALA, serta berbagai vitamin dan mineral. Kandungan ALA dalam susu bayi ini merupakan salah satu bentuk asam lemak esensial yang penting untuk perkembangan otak.

Harga: Rp161.117,-/kaleng (400 gram)

Beli BMT Platinum Moricare 1 bulan Klik di Sini

9. Nutricia Infatrini

Nutricia Infatrini susu bayi formula

Sama seperti Neocate LCP, Infatrini juga merupakan produk keluaran Nutricia. Merek susu ini cocok untuk si kecil yang mengalami masalah kesehatan khusus. Susu ini cocok untuk bayi berusia 0-12 bulan.

Dibandingkan susu formula lain, kalori susu Nutricia Infatrini ini lebih tinggi dari standar susu formula pada umumnya. Kandungan nutrisinya pun juga disesuaikan agar mampu mengkompensasi kebutuhan nutrisi pada bayi dengan kondisi medis tertentu.

Harga: Rp262.826,-/kaleng (400 gram)

Beli Nutricia Infatrini 1 bulan Klik di Sini

10. S-26 Promil Gold 2

S-26 Promil Gold 2 susu bayi formula

Jika S-26 Promil Gold 1 diperuntukkan bagi bayi 0-6 bulan, S-26 Promil Gold 2 diperuntukkan bagi bayi berusia 6-12 bulan. Susu bayi ini mengandung kandungan gizi yang akan membantu pertumbuhan bayi yang optimal.

Beberapa kandungan yang bisa Anda jumpai di susu ini meliputi laktosa, whey protein, 11 mineral, AA, DHA, serta berbagai macam vitamin. Susu ini tersedia dalam kemasan kaleng ukuran 400 dan 900 gram.

Harga: Rp168.844,-/kaleng (400 gram), Rp370.890,-/kaleng (900 gram).

Beli S-26 Promil Gold 2 bulan Klik di Sini

11. Lactogen 1 HappyNutri

 Lactogen 1 HappyNutri susu formula bayi

Susu Lactogen 1 HappyNutri ini merupakan susu bayi usia 0-6 bulan. Beberapa kandungan utama yang menjadi keunggulan dari produk ini adalah probiotik untuk melancarkan pencernaan bayi, ALA dan LA, DHA, serta zat besi.

Selain itu, masih banyak vitamin dan mineral yang tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan dan imunitas tubuh bayi.

Harga: Rp63.439,-/boks 180 gram

Beli Lactogen 1 HappyNutri Klik di Sini

12. SGM Ananda Gain 100

SGM Ananda Gain 100 susu bayi formula

SGM Ananda Gain 100 merupakan susu formula yang bagus untuk bayi yang mengalami kurang gizi atau gizi buruk. Susu ini biasanya diberikan atas dasar anjuran dokter untuk bayi berusia 0-12 bulan, terutama bagi bayi yang tidak diberikan ASI karena alasan tertentu.

Harga: Rp76.811,-/boks 400 gram

Beli SGM Ananda Gain 100 Klik di Sini

13. BMT Soya

BMT Soya susu bayi formula

Jika bayi Anda tidak cocok dengan susu sapi (alergi atau mengalami lactose intolerant), biasanya dokter akan menganjurkan agar bayi diberi susu formula berbahan dasar kedelai (soya). Nah, BMT Soya ini merupakan salah satu produk susu formula Morinaga yang berbahan dasar kedelai.

Tidak perlu khawatir, nutrisi yang bisa Anda dapatkan dalam susu soya tetap sama berkualitasnya jika dibandingkan dengan susu sapi, kok! Sebagai contoh, susu formula Morinaga ini mengandung maltodekstrin, isolat protein kedelai, FOS-GOS, serta AA-DHA. Vitamin dan mineral pun juga menjadi kandungan dalam produk ini.

Harga: Rp102.603,-/kaleng (300 gram), Rp208.090,-/kaleng (600 gram).

Beli BMT Soya Klik di Sini

14. SGM BBLR

SGM BBLR susu bayi formula

Susu SGM BBLR adalah produk susu yang diperuntukkan bagi bayi yang lahir prematur. Selain itu, susu ini juga bisa diberikan kepada bayi 0-12 bulan atas pertimbangan berat badan yang sangat rendah. Penggunaan produk susu formula ini harus dilakukan dengan rekomendasi dari dokter.

Kandungan yang ada dalam susu ini meliputi konsentrat whey protein, maltodextrin, 13 premiks vitamin dan 9 mineral, AA, DHA, dan karnitin. Kalori per sajiannya lebih tinggi daripada susu formula umumnya mengingat penggunaan formula ini diperuntukkan bagi bayi prematur dan berat badan rendah.

Harga:  Rp84.496,-/boks (400 gram).

Beli SGM BBLR Klik di Sini

15. Lactogen Premature

Lactogen Premature susu bayi formula

Selain SGM, produk susu bayi yang diperuntukkan bagi bayi prematur dan berat badan rendah adalah Lactogen Premature. Sama seperti susu formula untuk bayi prematur lainnya, Lactogen Premature mengandung kalori yang lebih tinggi dalam tiap sajiannya untuk membantu bayi mencapai pertumbuhan optimalnya.

Whey protein, maltodekstrin, vitamin dan mineral, serta berbagai asam amino menjadi kandungan dari susu formula bayi ini.

Harga: Rp100.472,-/kaleng (400 gram).

Beli SGM BBLR Klik di Sini

Nah, itulah 15 rekomendasi susu bayi yang bagus kandungan nutrisinya. Jadi, susu formula yang mana yang akan Anda berikan untuk si kecil?

Jika Anda sudah memutuskan ingin menggunakan salah satu produk susu bayi, coba kunjungi K24Klik. Di K24Klik, Anda bisa temukan rekomendasi susu bayi di atas dengan harga yang kompetitif. Anda tak perlu lagi keluar untuk membeli susu bayi Anda. Dengan K24Klik, belanja susu bayi jadi lebih mudah!

Referensi

  1. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/breastfeeding/recommendations-benefits.html. Diakses pada 25 November 2022.
  2. https://www.healthxchange.sg/children/food-nutrition/baby-nutrition-breast-milk-best-nutritional-start. Diakses pada 25 November 2022.
  3. https://medlineplus.gov/ency/article/007228.htm. Diakses pada 25 November 2022.
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3738999/. Diakses pada 25 November 2022.
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4615227/. Diakses pada 25 November 2022.