fbpx

Tenang, Ini Cara Meminimalkan Penyebaran Virus Corona serta Perbedaan dengan Flu Biasa

Published by Dewi Dwiputri on

Share this:

Virus Corona, Begini Cara Meminimalkan Penyebaran hingga Perbedaan dengan Flu Biasa

Pasca Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya warga Indonesia yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona, banyak warga yang panik. Mereka takut terinfeksi virus yang sudah banyak menelan korban tersebut. Barang yang diburu saat ini adalah masker dan hand sanitizer. Akibatnya produk tersebut menjadi sangat langka. Jika ada, harganya melambung tinggi. Untuk mencegah infeksinya semakin menyebar, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Sobat Sehat lakukan seperti pada uraian berikut!

Pencegahan Virus Corona yang dapat Dilakukan

Sebenarnya Sobat Sehat dapat meminimalkan risiko terkena infeksi COVID-19 dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik.
  • Menggunakan masker setiap beraktivitas di luar ruangan atau di tempat umum.
  • Memperbanyak minum air putih.
  • Beristirahat yang cukup.
  • Tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor.
  • Menghindari kontak dengan orang yang sedang batuk dan demam.

Namun akan lebih bijak jika Sobat Sehat hanya membeli masker secukpnya serta memberikan masker pada orang yang sakit. Dikarenakan jika digunakan sendiri hanya dapat melindungi satu orang, tetapi jika digunakan pada orang sakit dapat melindungi puluhan hingga ratusan orang disekitarnya.

Perbedaan Virus Flu dengan Virus Corona

Virus Corona
https://www.freepik.com

Sebenarnya baik Corona maupun Flu sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang pada saluran pernapasan manusia. Namun, kedua virus tersebut berasal dari golongan yang berbeda dan memiliki karakteristik yang berbeda pula.

Virus penyebab flu berasal dari golongan rhinovirus. Virus ini menyebar dari manusia ke manusia dan paling sering menyerang anak-anak atau remaja. Infeksi rhinovirus bisa terjadi sepanjang tahun, tapi paling sering di musim hujan.

Sedangkan COVID-19 yang sekarang sedang mewabah disebabkan oleh coronavirus. Coronavirus menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti MERS, SARS, dan pneumonia.

Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia.

Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19.
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19.
  • Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan.

Gejala Virus Flu dan Corona yang Penting Diketahui

virus corona mirip dengan virus flu
https://www.freepik.com

Berikut ini merupakan perbedaan gejala dari flu biasa dan infeksi virus Corona atau COVID-19 yang penting diketahui:

Flu Biasa

Flu umumnya terjadi ketika rhinovirus menyerang saluran pernapasan. Umumnya, keluhan yang muncul datang dari hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas). Gejala-gajalanya adalah sebagai berikut:

  • Bersin-bersin
  • Hidung tersumbat dan berair
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala ringan
  • Batuk Demam (jarang)

Gejala-gejala tersebut biasanya baru akan muncul 1–3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit.

COVID-19

Sama seperti rhinovirus, virus Corona juga menginfeksi saluran pernapasan. Oleh karena itu, orang yang terkena infeksinya bisa mengalami gejala yang mirip dengan flu. Meski begitu, virus Corona lebih sering menyebabkan keluhan pada saluran pernapasan bawah.

Ada 3 gejala utama yang dapat muncul pada pasien COVID-19, yaitu:

  • Demam tinggi
  • Batuk
  • Sesak napas

Selain itu, pasien COVID-19 bisa juga mengalami gejala lain, seperti nyeri otot, nyeri kepala, nyeri tenggorokan, pilek, diare, mual dan muntah. Meskipun gejala ini sangat jarang terjadi.

Pada kasus yang parah, infeksi COVID-19 bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti sindrom gangguan pernapasan akut, pneumonia (infeksi paru) yang berat, edema paru, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh, misalnya ginjal.

Nah Sobat Sehat, itu tadi beberapa cara pencegahan penularan virus Corona serta perbedaannya dengan virus flu biasa. Yang perlu diketahui, virus Corona termasuk ke dalam self limited disease yakni penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Jadi, langkah terbaik untuk mencegahnya dengan menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *