Pentingnya Vitamin D3 Bagi Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat vitamin D3 bagi tubuh
Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Seperti yang kita ketahui, vitamin adalah nutrisi tambahan yang diperlukan tubuh untuk menunjang kinerja tubuh kita. Vitamin biasanya dapat kita temui pada makanan ataupun buah-buahan yang bersifat organik. 

Kita tahu bahwa vitamin terbagi menjadi beberapa macam yaitu Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, dan Vitamin K. Semua macam-macam vitamin tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita setiap harinya. 

Pembahasan kita kali ini adalah pentingnya vitamin D3 bagi tubuh. Sebelum itu, kita perlu tau dulu pengertian dari vitamin D itu sendiri. Langsung saja simak pembahasannya ya Sobat Sehat!

Apa itu Vitamin D?

Vitamin D adalah nutrisi yang bermanfaat bagi pembentukan tulang. Meski vitamin D sangat penting bagi tubuh, namun banyak orang yang mengalami kekurangan vitamin D. Hal ini biasanya terjadi karena tubuh tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga vitamin D yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap dengan baik. Maka dari itu, kita perlu suplemen untuk mencegah kekurangan vitamin D. 

Jenis-Jenis Vitamin D

Vitamin D ini memiliki dua jenis utama yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Sumber vitamin D2 berasal dari nabati, sedangkan vitamin D3 berasal dari hewani. Makanan yang bersumber dari vitamin D3 biasanya seperti ikan berminyak, kuning telur, dan mentega. sedangkan makanan yang bersumber dari vitamin D2 biasanya seperti jamur yang terkena sinar matahari dan suplemen makanan lainnya. 

Manfaat dan Kegunaan Bagi Tubuh

Manfaat dan kegunaan bagi tubuh, antara lain:

1.Mencegah Osteoporosis

Jika tubuh kita sudah memiliki asupan vitamin D3 yang cukup, maka kita akan terhindar dari osteoporosis. Tak hanya itu, asupan vitamin D3 yang terpenuhi akan meningkatkan kepadatan tulang pada lansia.

2.Mencegah Perburukan Gangguan Ginjal

Seseorang yang memiliki penyakit ginjal tertentu, seperti gagal ginjal, dapat menyebabkan fungsi ginjal dalam menghasilkan vitamin D terganggu. Oleh karena itu, banyak pasien gagal ginjal kekurangan vitamin D.

Para penderita gagal ginjal disarankan untuk mencukupi vitamin D3 dari makanan ataupun suplemen agar asupan vitamin D dalam tubuh dapat bertambah.

3.Mengobati Gangguan Kelenjar Paratinoid

Kelenjar paratinoid adalah kelenjar penghasil hormon paratinoid yang memiliki peran penting dalam mengatur kadar kalsium dalam darah. Jika fungsi dari kelenjar paratinoid mengalami gangguan, maka jumlah vitamin D dan kalsium akan berkurang. Konsumsi vitamin D3 sangat diperlukan agar jumlah vitamin D dan kalsium dalam darah tercukupi.

4.Mengobati dan Mencegah Rakitis dan Osteomalacia

Rakitis merupakan kelainan pertumbuhan tulang pada anak, pada kondisi ini tulang akan melunak dan melemah. Sedangkan osteomalacia merupakan kondisi tulang yang tidak dapat mengeras sehingga sangat mungkin terjadi bengkok dan retak. 

Selain untuk pengobatan dan pencegahan penyakit, vitamin D juga merupakan fungsi vital bagi kesehatan, seperti menjaga kesehatan otot dan tulang, membantu tubuh melawan infeksi, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menurunkan berat badan.

Sumber Vitamin D3

Kandungan vitamin D3 pada makanan (www.freepik.com)

1.Vitamin D3 terbentuk pada kulit

Kulit kita akan mampu memproduksi vitamin D3 jika kita rutin untuk berjemur selama setengah jam per hari. Waktu yang disarankan untuk berjemur yaitu sebelum jam 10 pagi.

2.Vitamin D3 yang terkandung dalam sumber makanan

Sumber makanan yang mengandung vitamin D3 biasanya berasal dari hewan ternak seperti minyak ikan, kuning telur, hati sapi, dan mentega. 

3.Vitamin D3 yang terkandung dalam suplemen

Selain terbentuk pada kulit melalui sinar matahari dan sumber makanan, vitamin D3 juga dapat diperoleh dari suplemen yang biasa kita beli di apotek atau dokter. Untuk konsumsi suplemen harus sesuai dengan takaran yang diarahkan oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya. 

Jika Sobat Sehat membutuhkan vitamin untuk menjaga kesehatan tulang seperti vitamin D3,  Anda dapat melakukan pemesanan produk melalui K24Klik.

#KanAdaK24Klik