Pentingnya Dukung Kejar Tumbuh si Kecil

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Pentingnya Dukung Kejar Tumbuh si Kecil
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Bunda, dari hari ke hari si kecil tentunya terus bertumbuh. Faktanya pertumbuhan fisik si Kecil bisa terhambat (Faltering Growth). Hal utama yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan si kecil adalah asupan nutrisi yang tidak tepat sehingga dibutuhkan intervensi. Pastikan Bunda selalu berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat bagi si Kecil yang mengalami faltering growth.Intervensi tumbuh kejar dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

  1. Intervensi perilaku dan pemberian makanan

2. Intervensi pilihan makanan

a. Jumlah, jenis, dan tekstur makanan disesuaikan dengan tahap perkembangan si Kecil.

b. Optimalkan makanan/minuman padat energi dan nutrisi.

c. Pengayaan Gizi (Fortifikasi) makanan padat kalori/rujuk ke ahli nutrisi anak,

Pedoman terbaru NICE (National Institute for Health and Care Excellence) 2019 menyarankan untuk mempertimbangkan penggunaan formula padat energi-nutrisi untuk anak yang mengalami pertumbuhan yang terhambat.

Pentingnya Penuhi Kebutuhan Nutrisi si Kecil

Bunda penting juga untuk penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan Suplementasi nutrisi oral yang bermanfaat untuk meningkatkan asupan nutrisi si Kecil yang mungkin kebutuhan nutrisinya masih belum terpenuhi meskipun sudah disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya energi dan protein. Komposisi Suplementasi nutrisi oral dalam mikronutrien yang baik untuk si kecil contohnya adalah Zat besi dan vitamin C:


1. Zat besi

kekurangan zat besi berdampak negatif terhadap kecerdasan, perilaku, dan kemampuan motor anak yang bisa berlanjut hingga dewasa. Pemberian fortifikasi zat besi dianjurkan karena rendahnya daya serap dan ketersediaan zat besi akibat kalsium dalam susu. Pemberian asupan zat besi dapat disesuaikan dengan angka kecukupan zat besi.


2. Vitamin C


Vitamin C dapat membantu tubuh untuk meningkatkan daya serap zat besi. Antioksidan vitamin C juga bisa menjaga kekebalan tubuh, baik untuk tulang dan gigi si Kecil.


Dapatkan asupan tepat untuk dukung kejar tumbuh si Kecil jadi Anak Generasi Maju dengan harga terjangkau
Selain dari makanan, tambahkan SGM Eksplor Gain Optigrow dengan IronC (Vitamin C dan Zinc) yang dilengkapi dengan Formula Tinggi Kalori, Minyak Ikan, Omega 3 & 6, dan nutrisi penting lainnya untuk Dukung Kejar Tumbuh si Kecil sesuai dengan rekomendasi dokter.

Categories: Info Kesehatan