fbpx

Olahraga Apa Butuh Vitamin? ini jawabannya!

Published by Maretta Putri on

Share this:

Setiap tanggal 9 September kita merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Sejarah dibalik peringatan Haornas ini bermula saat bulan Januari tahun 1947 Presiden Soekarno meresmikan kepengurusan tetap PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia) dan dalam waktu bersamaan juga presiden membentuk KORI (Komite Olimpiade Republik Indonesia), Hamengkubuwono IX ditunjuk sebagai ketuanya. Pada saat itu KORI mempunyai tugas untuk menangani mempersiapkan atlet-atlet yang akan diikutkan dalam pertandingan olimpiade di London. Namun rencana ini gagal karena adanya agresi militer dan pihak panitia di London menolak keikutsertaan Indonesia dalam Olimpiade. Setelah penolakan atlet Indonesia dalam olimpiade, masalah itu kemudian dibahas dalam konferensi PORI di Solo pada 1 Mei 1948.

Sejarah dulu ya..

Pada konferensi itu akhirnya para pengurus PORI sepakat untuk mengadakan PON (Pekan Olahraga Nasional) yang terselenggara pada tanggal 9-12 September 1948 di Stadion Sriwedari kota Solo. Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, sepak bola, tenis, panahan, renang, bola basket, bola keranjang, dan pencak silat. PON pertama yang diselenggarakan ini, oleh Presiden Soekarno di tetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional bagi bangsa Indonesia. Satu hal yang harus dicatat bahwa PON pertama lahir karena semangat kebangsaan. Pekan olahraga yang direncanakan pemerintah pada masa-masa awal kemerdekan bukan hanya untuk mengembangkan minat olahraga para pemuda, akan tetapi merupakan salah satu langkah membangun persatuan.

Namun pada saat ini Presiden RI Joko Widodo secara resmi sudah mengumumkan untuk PON tahun ini yang rencananya akan berlangsung di Jayapura Papua pada 20 Oktober – 2 November 2020 terpaksa harus ditunda pelaksanaannya sampai tahun depan pada bulan Oktober 2021 karena pandemi Covid-19.

Sebenarnya penting sekali untuk Sobat Sehat bisa berolahraga dengan teratur. Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan bagi tubuh. Yuk sama-sama kenali dulu Manfaat berolahraga bagi tubuh kita!

Manfaat Olahraga bagi Tubuh

manfaat olahraga

Dalam kehidupan manusia, olahraga merupakan salah satu kebutuhan yang harus dilakukan agar kondisi fisik dan kesehatan tetap terjaga dengan baik. Upaya kesehatan diselenggarakan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif), yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan.

Menurut Kemenkes, manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga antara lain:

  1. Meningkatkan kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan osteoporosis, bentuk kanker, obesitas, dan cedera. Partisipasi dalam aktivitas fisik juga dikenal untuk mengurangi depresi, stres dan kecemasan, dan meningkatkan kepercayaan diri, tingkat energi, kualitas tidur, dan kemampuan untuk berkonsentrasi
  2. Secara fisiologis, olahraga dijadikan wahana pemberdayaan kemampuan fungsi fisiologis seperti meningkatkan kesehatan, kebugaran, dan meningkatkan kualitas komponen kondisi fisik seperti kerja jantung dan paru-paru, kelincahan, kecepatan, dan kekuatan
  3. Secara sosial, dapat digunakan sebagai media sosialisasi melalui interaksi dan komunikasi dengan orang lain atau lingkungan sekitar. Salah satu indikasi meningkatnya keinginan masyarakat akan derajat kesehatan yang tinggi, penampilan jasmani yang proporsional dan aktualisasi diri yang lebih luas dalam lingkungannya mencerminkan bahwa kebutuhan masyarakat semakin beragam sehingga membutuhkan tempat atau wahana yang dapat menyalurkan serta memenuhi kebutuhan tersebut.
  4. Saleh & Yonas (2014) juga menambahkan bahwa seseorang yang melakukan olahraga di pagi hari akan menjalaninya dengan maksimal dan nyaman sebab pada pagi hari mempunyai udara yang bersih dan terhindar dari polusi kendaraan serta udara mengandung oksigen yang lebih banyak, seseorang akan mendapatkan manfaat sinar matahari yang mengandung vitamin D selain itu di pagi hari seseorang akan melakukan olahraga dengan lebih semangat sebab telah melewati fase pemulihan di malam hari.

Olahraga juga butuh Vitamin?

olahraga konsumsi vitamin

Vitamin merupakan nutrisi penting yang memiliki berbagai macam fungsi bagi tubuh, beberapa vitamin berperan penting dalam produksi energi. Peningkatan produksi energi selama olahraga dapat menyebabkan peningkatan kebutuhan vitamin bagi anda yang melakukan olahraga.

Berbagai bentuk vitamin diserap oleh tubuh kita masing-masing dengan kecepatan yang berbeda-beda. Antara satu jenis vitamin dengan lainnya mungkin lebih atau kurang efektif daripada yang lain. Vitamin ini dapat anda dapatkan melalui makanan maupun konsumsi suplement. Antioksidan (seperti vitamin C dan E) dapat membantu memperbaiki kerusakan sel dan radikal bebas akibat olahraga.

Ada penelitian tentang mengonsumsi vitamin setelah berolahraga dapat merusak beberapa efek menguntungkan dari olahraga tersebut. Oleh karena itu, penting untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait mengonsumsi vitamin agar dosisnya dapat tepat sesuai kebutuhan anda.

Vitamin banyak ragamnya, mulai dari bentuk sediaannya (tablet, kapsul, sirup) dan banyak juga jenisnya. Pilih vitamin sesuai dengan kebutuhan harian kamu agar tubuh tetap sehat

Olahraga itu Penting!

Olahraga apabila sudah tumbuh serta membudaya dalam masyarakat, pada tahap berikutnya akan menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Semoga masyarakat semakin banyak menyadari akan pentingnya berolahraga, tidak perlu lagi dipaksa atau disuruh untuk melakukan olahraga karena dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan individu dan masyarakat yang cerdas, sehat, terampil, tangguh, kompetitif, sejahtera, dan bermartabat.

Khususnya saat ini ditengah keprihatinan bangsa Indonesia yang menghadapi krisis diberbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara karena virus Covid-19. Kegiatan berolahraga dapat menjadi salah satu solusi alternatif yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh agar stamina dan kesehatan tetap terjaga. Selamat Hari Olahraga Nasional!

Butuh Obat? K24Klik Solusinya 🙂

#KanAdaK24Klik

Follow Us :