15 Obat Sariawan di Lidah di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sariawan di lidah di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sariawan di lidah dapat membantu mengatasi rasa nyeri, perih, kesulitan mengunyah makanan saat sakit sariawan. Beberapa obat sariawan di apotik tersedia dalam jenis tablet, obat kumur hingga obat semprot.

Sariawan merupakan luka kecil yang biasanya muncul di gusi, bibir, langit-langit mulut dan juga lidah akibat peradangan pada mulut. Untuk mengatasi rasa nyeri dan perih, Anda dapat memanfaatkan beragam obat sariawan di lidah yang tersedia di apotik.

Beberapa gejala dari sariawan yang dapat Anda lihat adalah luka merah di sekitar tepi sariawan, terjadi pembengkakkan, nyeri saat sikat gigi hingga terasa perih saat makan dan minum.

Apabila tidak segera diatasi dan sariawan bertambah parah, Anda dapat kehilangan nafsu makan yang pada akhirnya memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 24 Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Sariawan di Lidah di Apotik

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika sariawan? Sebagai pertolongan pertama, berikut ini merupakan rekomendasi obat sariawan di lidah di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1. Kuldon Sariawan

obat kuldon sariawan di apotik

Beli Kuldon Sariawan Klik di Sini

Diproduksi oleh PT. Deltomed Laboratories, Kuldon Sariawan merupakan obat yang bekerja ampuh dalam mengatasi sariawan di lidah. Komposisi dari obat ini adalah ekstrak daun saga, bunga krisan dan juga alang-alang.

Obat sariawan di lidah alami ini dapat Anda konsumsi 3 kali sehari sebanyak 2 tablet sekali minum pada dewasa. Sedangkan pada anak-anak, gunakan 1 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

2. Enkasari Herbal

obat sariawan di lidah enkasari herbal

Beli Enkasari Herbal Klik di Sini

Tidak hanya obat oral yang harus dikonsumsi langsung, Anda juga dapat memanfaatkan obat kumur seperti Enkasari Herbal. Obat sariawan di lidah ini teruat dari 100% herbal alami sehingga terjamin aman untuk digunakan.

Gunakan gelas takar untuk memanfaatkan Enkasari Herbal sebagai salah satu obat kumur yang bekerja ampuh mengatasi sariawan di lidah. Obat ini dapat digunakan baik pada dewasa ataupun anak-anak, sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/pcs

3. Aloclair Plus Spray

obat sariawan di apotik aloclair plus spray

Beli Aloclair Plus Spray Klik di Sini

Untuk mengatasi beragam masalah kesehatan mulut, Aloclair Plus Spray menjadi salah satu pilihan obat yang tepat untuk Anda. Obat semprot yang satu ini mengandung maltodextrin, propylene glycol, aloe vera, na benzoate dan masih banyak lagi.

Anjuran menggunakan obat sariawan semprot ini adalah 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan pada area yang sakit.

Kisaran harga: Rp 132 ribu/botol

4. Ika Sariawan

obat ika sariawan di apotik

Beli Ika Sariawan Klik di Sini

Bukan sekedar obat kumur biasa, Ika Sariawan merupakan salah satu cairan kumur yang juga dapat ditelan. Obat ini memiliki kandungan sari daun saga, daun sirih, akar kayu manis dan juga diperkaya dengan oleum menthae piperitae di dalamnya.

Dosis penggunaan obat ini pada dewasa adalah 3-4 kali sehari, sedangkan pada anak-anak 2 kali sehari sesuai takaran yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/botol

5. Bufacomb in Oral Base

obat sariawan di lidah bufacomb in oral base

Beli Bufacomb in Oral Base Klik di Sini

Termasuk dalam obat golongan kortikosteroid, Bufacomb in Oral Base berfungsi untuk menangani peradangan pada rongga mulut termasuk sariawan.  Anda dapat mengoleskan Bufacomb langsung pada sariawan 2-3 kali sehari.

Perlu diketahui bahwa obat sariawan yang satu ini diformulasikan khusus untuk orang dewasa, jadi pastikan untuk menggunakannya sesuai aturan pakai yang ada.

Produk dijamin 100% asli, Anda dapat membeli Bufacomb in Oral Base di aplikasi beli obat online K24Klik.

Kisaran harga: Rp 33 ribu/tube

6. Cooling 5 Spray

obat sariawan lidah di apotik cooling 5 spray

Beli Cooling 5 Spray Klik di Sini

Memiliki kandungan phenol crystal di dalamnya, Cooling 5 Spray menjadi salah satu antiseptik mulut dan tenggorokan yang bekerja ampuh dalam meredakan sariawan. Tidak hanya itu, obat ini juga biasa digunakan untuk sakit tenggorokan.

Anda dapat langsung menyemprotkan Cooling 5 Spray di area sariawan, 2-3 kali semprotan tiap 2 jam atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 46 ribu/botol

7. Alangsari Plus Jeruk Nipis

obat sariawan alangsari plus jeruk nipis

Beli Alangsari Plus Jeruk Nipis Klik di Sini

Memanfaatkan obat sariawan di lidah yang alami juga dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk Anda. Alangsari Plus Jeruk Nipis hadir dengan kandungan ekstrak alang-alang, daun cincau hijau dan juga jeruk nipis di dalamnya.

Minuman herbal ini dapat membantu meredakan sariawan dan juga panas dalam. Anda dapat mengonsumsi Alangsari Plus Jeruk Nipis dengan air dingin untuk memberikan sensasi lebih menyegarkan.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/dos

8. Efisol C Loz Tablet

obat sariawan efisol c loz tablet

Beli Efisol C Loz Tablet Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan dequalinium chloride dan juga vitamin C, obat tablet hisap yang satu ini biasa digunakan untuk menangani sariawan dan juga permasalahan rongga mulut lainnya seperti sakit tenggorokan.

Efisol C Loz Tablet dapat dikonsumsi 1 tablet tiap 3 jam untuk pengobatan dan tiap 4-5 jam ketika keluhan sakit sariawan sudah mereda.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/strip

9. Borax Glycerin Gom Cito

obat sariawan di lidah borax glycerin gom cito

Beli Borax Glycerin Gom Cito Klik di Sini

Dapat digunakan baik untuk anak-anak maupun dewasa, Borax Glycerin Gom Cito bekerja efektif dalam mengatasi sariawan dan juga bibir pecah-pecah. Kandungan dalam obat ini sendiri adalah Borax Glycerin sebanyak 10%.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/botol

10. Xonce Tablet

obat sariawan paling ampuh di apotik xonce tablet

Beli Xonce Tablet Klik di Sini

Kebutuhan vitamin C yang tidak terpenuhi dapat menjadi salah satu penyebab sariawan muncul di lidah samping ataupun tengah. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan vitamin C dengan dosis cukup seperti Xonce Tablet.

Obat sariawan di lidah anak dan dewasa ini memiliki kandungan vitamin C 500mg dan dapat dikonsumsi 1-2 tablet per harinya.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

11. Candistin Drop

obat sariawan candistin drop

Beli Candistin Drop Klik di Sini

Sariawan juga dapat disebabkan oleh pertumbuhan jamur di mulut yang juga memicu gangguan pada tenggorokan. Salah satu obat sariawan di lidah paling ampuh yang dapat Anda manfaatkan adalah Candistin Drop.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat ini. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang dianjurkan untuk mengoptimalkan efektivitas dari Candistin Drop.

Kisaran harga: Rp 52 ribu/botol

12. Jesscool

obat sariawan jesscool di apotik

Beli Jesscool Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Jesscool untuk mengatasi beragam gejala panas dalam termasuk sariawan, bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan. Komposisi dari obat ini sendiri adalah ekstrak thyme herba dan juga chicory root.

Anda dapat melarutkan 1 tablet effervescent Jesscool dalam segelas air dingin, lalu segera minum hingga habis.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/dos

13. Enystin Drop

obat sariawan di lidah enystin drop

Beli Enystin Drop Klik di Sini

Mengandung zat aktif Nystatin di dalamnya, Enystin Drop merupakan salah satu obat sariawan paling ampuh di apotik yang aman diberikan pada bayi, anak dan dewasa. Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat golongan keras yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/botol

14. One Med Gentian Violet

obat sariawan one med gentian violet

Beli One Med Gentian Violet Klik di Sini

One Med Gentian Violet 1% mengandung methyl rosaniline chloride yang dapat membantu mengobati sariawan dan juga menghilangkan bau mulut. Anda dapat menggunakan obat ini untuk kumur ataupun dioles langsung pada sariawan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/botol

15. Kandistatin Drop

obat sariawan di apotik kandistatin drop

Beli Kandistatin Drop Klik di Sini

Untuk mengobati sariawan di lidah ataupun area mulut lainnya yang diakibatkan oleh pertumbuhan jamur, Anda juga dapat memanfaatkan Kandistatin Drop. Obat ini memiliki kandungan nystatin di dalamnya, aman untuk anak dan dewasa sesuai dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 63 ribu/botol

Itulah tadi beragam rekomendasi obat sariawan di lidah di apotik yang dapat Anda coba manfaatkan. Sariawan yang tidak kunjung sembuh memerlukan pemeriksaan dokter untuk penanganan terbaik.

Butuh obat ataupun vitamin? Tidak perlu repot keluar rumah, Anda dapat melakukan pesanan online melalui aplikasi K24Klik.

Unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store sekarang juga, beragam penawaran menarik mulai dari potongan harga hingga gratis ongkos pengiriman menunggu Anda!

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21766-mouth-ulcer diakses pada 12 Maret 2024