11 Obat Sariawan Anak di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Sariawan Anak di Apotek

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sariawan anak dapat membantu mengatasi beragam keluhan nyeri ataupun sakit saat sariawan. Beberapa obat sariawan anak paling ampuh adalah Mycostatin Drop, Mjs Nature Batsaria dan juga Aloclair Plus.

Sariawan merupakan luka kecil di bagian mulut yang biasanya memberikan sensasi nyeri hingga susah makan. Pada si kecil, sariawan dapat memengaruhi nafsu makan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda memerlukan beragam obat sariawan anak yang tersedia di apotek. Obat-obat sariawan untuk si kecil biasanya tersedia dalam bentuk tablet kunyah, sirup ataupun drop dengan rasa yang mudah diterima.

Baca juga: 15 Obat Radang Tenggorokan Anak di Apotik

Rekomendasi Obat Sariawan Anak di Apotek

Jika tidak ditangani dengan tepat, sariawan anak dapat membuat nafsu makan dan daya tahan tubuh menurun. Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat sariawan anak di apotek yang dapat Anda gunakan.

1. Mjs Nature Batsaria

obat sariawan mjs nature

Beli Mjs Nature Batsaria Klik di Sini

Hadir dengan rasa manis, Mjs Nature Batsaria dapat menjadi salah satu obat sariawan anak andalan Anda. Kandungan obat ini adalah madu, daun saga, kayu manis dan kombinasi herbal bermanfaat lainnya.

Selain memiliki rasa yang manis, obat ini juga tidak akan memberikan sensasi perih ketika digunakan pada si kecil. Untuk sariawan, Anda dapat mengonsumsi obat ini dengan cara meneteskan langsung ke area sariawan.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/pcs

2. Mycostatin Drop

obat sariawan anak Mycostatin Drop

Beli Mycostatin Drop Klik di Sini

Salah satu penyebab sariawan pada anak adalah pertumbuhan jamur di dalam mulut. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Mycostatin Drop dengan kandungan zat aktif nystatin di dalamnya.

Anjuran memberikan obat ini pada anak-anak adalah 1-6ml untuk 4 kali dalam sehari atau sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 95 ribu/botol

3. Aloclair Plus Spray

obat sariawan anak aloclair plus

Beli Aloclair Plus Spray Klik di Sini

Untuk mengatasi masalah kesehatan mulut pada anak seperti sariawan, Aloclair Plus Spray dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Komposisi dalam obat ini adalah maltodextrin, ekstrak aloe vera, propylene glycol hingga Na Benzoate.

Anda dapat menggunakan obat semprot ini 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan, langsung pada area sariawan.

Kisaran harga: Rp 132 ribu/botol

4. Enystin Drop

obat sariawan anak enystin drop -

Beli Enystin Drop Klik di Sini

Mengandung zat aktif Nystatin di dalamya, Anda dapat menggunakan Enystin Drop untuk mengobati sariawan pada anak. Diproduksi oleh DankosFarma, sediaan obat ini berbentuk drop sehingga mudah untuk digunakan ataupun ditelan.

Anjuran menggunakan obat ini pada si kecil adalah 4 kali setiap hari dengan aturan 1 ml setiap kali diberikan.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/botol

5. Nymiko Suspensi

obat sariawan anak nymiko

Beli Nymiko Klik di Sini

Obat sariawan anak, bayi hingga dewasa yang satu ini memiliki kandungan nystatin di dalamnya. Nymiko Suspensi dapat diberikan 4 kali sehari sebanyak 1 ml tiap kali penggunaan pada anak.

Beberapa masalah kesehatan yang biasanya diatasi menggunakan obat ini adalah kandidiasis rongga mulut, esofagus dan juga intestinal.

Kisaran harga: Rp 51 ribu/botol

6. Constantia Suspensi Oral Drop

Constantia obat sariawan anak

Beli Constantia Klik di Sini

Mengobati sariawan di mulut akibat pertumbuhan jamur, Constantia Suspensi Oral Drop mengandung Nystatin di dalamnya. Nystatin tersebut dapat merusak sel jamur sekaligus menghentikan pertumbuhan jamur Candida pada rongga mulut.

Anjuran penggunaan obat ini pada anak adalah 4 kali sehari dengan aturan 1-6 ml tiap kali pemakaian. Teteskan terlebih dahulu obat ini pada sariawan anak sebelum kemudian ditelan.

Kisaran harga: Rp 42 ribu/botol

7. Nystatin Drop

obat sariawan anak nstatin

Beli Nystatin Klik di Sini

Obat antijamur yang satu ini dapat membantu Anda menangani sariawan pada anak. Nystatin Drop dapat digunakan pada anak usia 1 tahun, anak usia 2 tahun, anak usia 3 tahun ke atas hingga bayi dan dewasa.

Untuk anak-anak, Anda dapat memberikan Nystatin Drop 4 kali sehari dengan aturan 1-6ml tiap kali penggunaan.

Kisaran harga: Rp 33 ribu/pcs

8. Cazetin Drops

Beli Cazetin Drops Klik di Sini

Dapat digunakan pada anak maupun dewasa, Cazetin Drops memiliki kandungan Nystatin di dalamnya. Anda dapat memberikan obat ini pada si kecil 3-4 kali sehari dengan anjuran 1 ml tiap kali pemberian.

Kisaran harga: Rp 29 ribu/botol

9. Candistin Drops

Candistin obat sariawan anak

Beli Candistin Klik di Sini

Mengobati sariawan di mulut akibat pertumbuhan jamur, Candistin menjadi salah satu obat sariawan anak andalan Anda. Obat ini bekerja dengan cara merusak sel jamur dan juga menghentikan pertumbuhan jamur Candida pada mulut yang menyebabkan sariawan.

Pada anak-anak maupun bayi, obat ini dapat diebrikan 4 kali sehari dengan ketentuan 1-6ml tiap kali penggunaannya.

Kisaran harga: Rp 52 ribu/botol

10. Aloclair Plus Gel

aloclair plus gel obat sariawan anak

Beli Aloclair Plus Gel Klik di Sini

Aloclair Plus Gel merupakan obat dengan komposisi terbuat dari beragam kandungan bermanfaat yang dapat mengatasi sariawan, termasuk pada anak. Gel ini dapat digunakan 1-2 tetes gel langsung pada area sariawan, 3-4 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 105 ribu/pcs

11. Xonce Tablet

Xonce Tablet obat sariawan anak

Beli Xonce Klik di Sini

Defisiensi vitamin C dapat menjadi salah satu penyebab si kecil mengalami sariawan. Anda dapat memanfaatkan Xonce Tablet untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin C anak sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan.

Anjuran mengonsumsi vitamin ini untuk si kecil adalah setengah hingga ½-1 tablet untuk 2-3 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

Rekomendasi Obat Sariawan Alami untuk Anak

Selain menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotik, Anda juga dapat memanfaatkan obat sariawan alami untuk anak. Beberapa diantaranya juga sangat mudah ditemukan di masyarakat dan memiliki rasa yang digemari si kecil.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sariawan alami untuk anak yang dapat Anda manfaatkan.

1. Yogurt

obat sariawan anak yogurt

Beli Yogurt Klik di Sini

Minuman probiotik yang kaya akan manfaat, Yogurt dapat menjadi salah satu minuman bergizi yang ampuh dalam menghentikan pertumbuhan jamur Candida di mulut. Terlebih lagi, Yogurt memiliki banyak rasa lezat untuk si kecil.

Mengonsumsi yogurt seperti Cimory Yogurt Drink Mixed Berry juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan anak.

2. Buah dan Sayur Tinggi Vitamin C

Salah satu cara ampuh untuk mempercepat proses pengobatan sariawan anak adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Anda dapat mencoba mengonsumsi buah dan sayur tinggi vitamin C seperti brokoli, bayam, jeruk dan stroberi.

3. Minyak Cengkih

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan obat alami seperti minyak cengkih. Obat alami ini dapat bekerja sebagai antiseptik dan juga pereda nyeri untuk sariawan pada anak.

Nah, itulah tadi beragam rekomendasi obat sariawan anak di apotek yang dapat Anda coba manfaatkan. Apabila sariawan si kecil tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk penanganan terbaik.

Si kecil tiba-tiba sakit dan kehabisan stok obat di rumah? Tidak perlu membeli langsung di apotek, Anda dapat memesannya melalui aplikasi K24Klik.

Untuk beragam penawaran harga terbaik dan jaminan produk 100% asli, unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga.

Referensi:https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21766-mouth-ulcer diakses pada 22 Maret 2024