Obat Malaria di Apotik dan Pencegahannya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Malaria di Apotik dan Pencegahannya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit. Parasit menyebar di dalam tubuh manusia lewat gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi. Orang yang terinfeksi malaria biasanya akan mengalami demam tinggi, tubuh yang menggigil dan sakit di sekujur tubuhnya. Saat ini sudah banyak obat malaria di temukan, untuk mencari tahu pengobatan serta pencegahan terhadap malaria, simak pembahasannya berikut ini!

Rekomendasi Obat Malaria di Apotik dan Pencegahannya

Jika Anda sudah terinfeksi malaria, ada beberapa jenis dan merek obat-obatan yang bisa didapatkan di apotek antara lain:

1. Doxycycline

Beli Doxycycline Klik di Sini

Obat ini merupakan antibiotik yang bisa digunakan untuk mencegah berbagai jenis infeksi termasuk malaria, infeksi di mata, infeksi kulit, saluran pencernaan sampai infeksi menular seksual. Doxycycline bekerja dengan cara memperlambat sekaligus menghentikan perkembangan bakteri penyebab infeksi.

Obat ini termasuk obat keras dan hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Harganya berkisar antara Rp1.000 – Rp2.000 per tablet.

2. Hyloquin

Hyloquin obat malaria

Beli Hyloquin Klik di Sini

Obat ini memiliki kandungan bahan aktif berupa Hydroxychloroquine sulfate yang mampu mencegah serta mengobati malaria. Selain itu, Hyloquin juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh autoimun atau sistem kekebalan tubuh seperti radang sendi dan lupus. Obat ini termasuk ke dalam golongan obat keras yang hanya boleh dikonsumsi dengan resep dokter.

Hyloquin dijual di apotek dengan harga Rp23.000 – Rp24.000 per tablet.

3. Tablet Kina

Beli Tablet Kina Klik di Sini

Tablet Kina adalah obat yang dapat digunakan untuk mengobati malaria karena parasit yang ada di dalam perut nyamuk yang sudah terinfeksi. Ketika dikonsumsi, tablet Kina akan membunuh parasit yang menyebar di dalam tubuh orang yang sudah terkena gigitan nyamuk tersebut. Selain malaria, tablet Kina juga bisa digunakan untuk mengobati kram kaki di malam hari.

Tablet Kina adalah obat bebas terbatas dengan harga jual Rp23.000 – Rp25.000 per strip.

4. Doxihat

Beli Doxihat Klik di Sini

Doxihat merupakan obat jenis antibiotik yang memiliki kandungan bahan aktif berupa Doxycycline. Obat ini bekerja dengan cara mengganggu serta menghentikan bakteri yang menimbulkan infeksi. Selain infeksi malaria, Doxihat juga bisa digunakan untuk meringankan berbagai infeksi bakteri seperti:

  • Infeksi saluran kemih
  • Infeksi di mata atau kulit
  • Infeksi saluran cerna
  • Infeksi menular seksual termasuk sifilis.

Doxihat dan obat-obatan lain dengan kandungan serupa juga dipakai untuk mengobati jerawat. Doxihat termasuk ke dalam golongan obat keras. Pastikan Anda hanya menggunakannya dengan resep dokter.

5. Primaquin

Doxihat bisa dibeli di apotek dengan harga Rp600 – Rp700 per tablet.

Primaquin Tablet adalah obat yang diformulasikan untuk mengobati sekaligus mencegah malaria. Obat ini bekerja dengan cara menghambat perkembangan parasit yang menyebabkan malaria yang ada di dalam tubuh.

Primaquin termasuk golongan obat keras dan hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Harga jual per tabletnya berkisar antara Rp500 – Rp600.

6. Mefloquine

Mefloquine adalah obat yang bisa mencegah sekaligus mengobati malaria yang disebabkan oleh parasit plasmodium dari nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi. Obat ini bekerja dengan cara mengacaukan pertumbuhan parasit di sel darah merah. Obat ini bisa memiliki sejumlah efek samping seperti insomnia, kejang hingga halusinasi. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Mefloquine bisa didapatkan di apotek dengan harga mulai Rp100 ribuan per strip.

7. Sulfadoxine

Obat ini diformulasikan untuk mengatasi penyakit malaria. Obat ini membutuhkan resep dokter karena terdapat sejumlah efek samping yang perlu dipertimbangkan.

Obat ini dijual dengan rentang harga Rp800 – Rp1.000 per tablet.

Itulah beberapa jenis dan merek obat penyakit malaria dan obat pencegah malaria. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pilihan obat terbaik. Beberapa obat untuk malaria tradisional dan herbal juga tersedia sebagai opsi alternatif.

Beberapa jenis obat malaria alami yang bisa Anda temukan di rumah antara lain adalah kayu manis, kunyit, jahe, jeruk bali, jus jeruk nipis dan cuka apel merah.

Cara Mencegah Infeksi Malaria

Meski jumlah kasus malaria di Indonesia masih cukup banyak, namun pemerintah sudah membuat program bebas malaria 2030. Di tahun tersebut diharapkan masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir lagi dengan infeksi malaria dan bahayanya.

Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi malaria antara lain:

Menggunakan Obat-obatan

Bagi traveler yang ingin melakukan perjalanan ke kawasan yang sedang mengalami wabah malaria atau memiliki risiko tinggi terjadi malaria, dianjurkan untuk mengonsumsi obat pencegah malaria.

Jenis obat yang dikonsumsi harus dikonsultasikan dengan dokter. Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih obat anti malaria seperti riwayat kesehatan Anda.

Lindungi Diri dari Gigitan Nyamuk

Untuk mencegah gigitan nyamuk, lakukan beberapa langkah seperti:

  • Mengaplikasikan lotion anti nyamuk yang mengandung DEET (diethyltoluamide)
  • Kenakan pakaian lengan panjang, terutama jika Anda berencana untuk melakukan aktivitas di luar ruangan pada malam hari
  • Gunakan kelambu saat Anda akan tidur, terutama jika ruangan tidak dilengkapi dengan AC.

Untuk Anda yang tinggal di daerah dengan risiko malaria, selain langkah-langkah di atas, penerapan kebiasaan hidup yang bersih juga perlu seperti:

  • Hindari menggantung pakaian, terutama pakaian yang basah dan kotor di dalam rumah karena bisa menjadi sarang persembunyian nyamuk
  • Lakukan langkah pencegahan dengan 3M yakni menguras tempat penampungan air, mengumpulkan dan mengubur barang yang sudah tidak terpakai atau mendaur ulang agar tidak menjadi tempat genangan air
  • Semprotkan anti nyamuk atau nyalakan obat nyamuk terutama saat sore dan pagi hari
  • Di daerah yang kasus malarianya masih tinggi, disarankan untuk melakukan fogging massal minimal sebulan sekali.

Itulah beberapa jenis obat dan cara pencegahan malaria yang perlu Anda ketahui. Untuk membeli obat malaria, Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah dan datang ke apotek terdekat. Pembelian berbagai jenis obat-obatan hingga suplemen kesehatan bisa dilakukan dengan mudah lewat K24Klik.

Cukup gunakan ponsel Anda, akses situsnya, pilih obat yang Anda butuhkan, lakukan pembayaran dan tunggu sampai obat diantarkan ke depan pintu Anda. Praktis, bukan?