11 Obat Keputihan Gatal dan Bau di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat keputihan gatal dan bau di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat keputihan gatal dan bau dibutuhkan untuk mengatasi keluarnya cairan kental dan berbau tidak sedap dari vagina. Beberapa kasus keputihan mungkin saja tidak normal dan perlu dikonsultasikan pada dokter ahli.

Keputihan merupakan kondisi normal pada wanita dimana vagina mengeluarkan cairan atau lendir. Biasanya, keputihan akan muncul pada saat menjelang haid, setelah haid dan juga masa subur.

Pada beberapa kasus, keputihan mungkin saja menimbulkan gatal dan bau tidak sedap yang tentunya mengganggu keseharian Anda. Oleh karena itu, obat keputihan gatal dan bau pun perlu dimanfaatkan sesuai anjuran dokter.

Baca juga: 14 Obat Vagina Gatal dengan Penyebabnya

Rekomendasi Obat Keputihan Gatal dan Bau di Apotik

Untuk mengatasi keputihan, Anda juga dapat menggunakan beragam obat keputihan gatal dan bau di apotik. Beberapa rekomendasi obat keputihan gatal di bawah ini memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

1. Vagistin Ovula

obat keputihan gatal dan bau vagistin ovula

Beli Vagistin Ovula Klik di Sini

Salah satu penyebab keputihan adalah infeksi jamur ataupun bakteri. Dengan kandungan metronidazole dan nystatin di dalamnya, Vagistin Ovula bekerja ampuh untuk mengatasi infeksi penyebab keputihan.

Termasuk dalam obat golongan keras, penggunaan Vagistin Ovula sendiri perlu pertimbangan dan resep dari dokter ahli. Penggunaan obat ini biasanya hanya disarankan untuk 7-10 hari dengan anjuran 1 kali sehari 1 ovula.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/pcs

2. Herbatia Sari Putih

obat keputihan gatal bau di apotik herbatia sari putih

Beli Herbatia Sari Putih Klik di Sini

Anda juga dapat memanfaatkan Herbatia Sari Putih untuk mengatasi masalah keputihan. Obat yang satu ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak rumput fatimah, manjakani, daun pegagan, daun sirih dan juga kulit buah delima.

Manfaat utama dari Herbatia Sari Putih adalah mengurangi keputihan yang keluar berlebihan dari vagina sekaligus menjaga kesehatan organ intim wanita.

Anjuran mengonsumsi obat herbal ini adalah 3 kali sehari, 1 kapsul tiap kali minum sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/pcs

3. Albothyl Ovula

obat keputihan gatal bau albothyl ovula

Beli Albothyl Ovula Klik di Sini

Mengandung polycresulen di dalamnya, Albothyl Ovula merupakan obat yang ampuh untuk menghilangkan kuman dan bakteri pada organ kewanitaan. Dengan bentuk ovula, obat ini dapat langsung dimasukkan pada vagina Anda.

Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. Dosis penggunaan yang biasa dianjurkan adalah 1 kali sehari sebelum tidur.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/pcs

4. Rapet Wangi

obat keputihan gatal bau alami di apotik rapet wangi

Beli Rapet Wangi Klik di Sini

Mengkombinasikan beragam herbal bermanfaat, Rapet Wangi ampuh untuk menghilangkan gatal-gatal dan bau tidak sedap pada vagina yang disebabkan oleh keputihan. Anda dapat mengonsumsi obat herbal ini 2 kali sehari sebanyak 1 kapsul sekali minum.

Apabila dikonsumsi rutin, Rapet Wangi dapat membantu Anda mencegah keputihan, bau badan, bau keringat dan juga bau mulut.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/pcs

5. Diflucan

obat keputihan gatal bau di apotek diflucan

Beli Diflucan Klik di Sini

Infeksi candida pada vagina dapat membuat Anda mengalami keputihan yang terkadang cenderung tidak normal. Diflucan dapat menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi keputihan gatal dan bau tidak sedap.

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan Diflucan harus berdasarkan petunjuk dokter. Dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini adalah sekali sehari sebanyak 1 kapsul tiap kali minum.

Selain ampuh mengatasi keputihan, Diflucan juga bermanfaat untuk mengatasi infeksi candida pada mulut, tenggorokan dan juga aliran darah. Obat ini memiliki kandungan fluconazole yang merupakan anti jamur golongan triazole.

Kisaran harga: Rp 53 ribu/kapsul

6. Fladystin Ovula

obat keputihan gatal bau fladystin ovula

Beli Fladystin Ovula Klik di Sini

Mengandung metronidazole dan nystatin, Fladystin Ovula merupakan antibiotika yang ampuh mengobati keputihan. Manfaat utama dari obat ini adalah mengatasi infeksi pada vagina yang diakibatkan oleh parasit trichomonas vaginalis dan jamur candida albicans.

Cara penggunaan obat jenis ovula ini sendiri langsung dimasukkan pada vagina, 1 ovula tiap malam untuk penggunaan selama 5-10 hari.

Fladystin termasuk dalam golongan obat keras jadi pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/pcs

7. Albothyl Concent

obat keputihan gatal bau di apotik albothyl concent

Beli Albothyl Concent Klik di Sini

Dengan kandungan policresulen di dalamnya, Albothyl Concent ampuh digunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada vagina dan keputihan. Policresulen diketahui efektif dalam membunuh bakteri ataupun jamur yang menyebabkan infeksi pada vagina.

Mengatasi penyebab infeksi tersebut, Albothyl Consent pun dapat membantu Anda meredakan berbagai keluhan terkait keputihan. Untuk aturan penggunaan obat ini, Anda harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/botol

8. Neo Gynoxa Ovula

obat keputihan di apotek neo gynoxa ovula

Beli Neo Gynoxa Ovula Klik di Sini

Mengandung metronidazole dan juga nystatin, Neo Gynoxa Ovula merupakan antibiotik yang ampuh mengobati keputihan. Efektivitas obat ini teruji ampuh dalam mengatasi amoeba, trichomonas vaginalis dan juga candida albicans.

Penggunaan harus berdasarkan hasil konsultasi dokter, Neo Gynoxa Ovula hanya disarankan untuk jangka pendek 7-10 hari saja. Anda dapat menggunakan 1 ovula sekali sehari dengan cara memasukkan obat ini langsung ke dalam vagina.

Beberapa efek samping mungkin saja Anda alami saat menggunakan obat ini seperti diare, sakit kepala, mual hingga vertigo.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/pcs

9. Betadine Fem Wash Foam Gentle Protection

obat keputihan betadine fem wash foam gentle

Beli Betadine Fem Wash Klik di Sini

Infeksi bakteri yang menyebabkan keputihan bisa saja dikarenakan kurang terjaganya kebersihan vagina. Untuk mencegah sekaligus mengatasi beragam gangguan keputihan, Anda dapat memanfaatkan Betadine Fem Wash Foam Gentle Protection.

Hadir dengan formulasi khusus, Betadine Fem Wash membantu menjaga keseimbangan pH pada daerah kewanitaan. Ini akan membuat kelembaban pada vagina berkurang dan keputihan teratasi.

Manfaat dari penggunaan cairan pembersih khusus kewanitaan ini adalah menjaga kebersihan vagina. Kemudian juga mencegah dan mengobati gatal serta bau tidak sedap pada vagina.

Kisaran harga: Rp 55 ribu/pcs

10. Grafazol

obat keputihan gatal bau di apotik grafazol

Beli Grafazol Klik di Sini

Dengan kandungan zat aktif metronidazole, Grafazol ampuh untuk mengobati beragam infeksi termasuk yang menyerang vagina. Obat ini dapat dikonsumsi 1 kablet 500mg tiap 8 jam atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Tidak hanya digunakan untuk mengatasi infeksi vagina penyebab keputihan, obat ini juga ampuh dalam mengobati infeksi pada perut dan juga gusi.

Lama penggunaan Grafazol sendiri berbeda-beda sesuai dengan keluhan yang ada. Untuk lebih tepatnya dalam mengatasi keputihan gatal dan bau, konsultasikan pada dokter ahli terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

11. Resik V Godokan Sirih

obat keputihan resik v godokan sirih

Beli Resik V Godokan Sirih Klik di Sini

Salah satu obat keputihan gatal alami di apotik yang dapat Anda gunakan adalah Resik V Godokan Sirih. Cairan pembersih kewanitaan ini terbuat dari beragam bahan-bahan alami dan juga air godokan sirih asli untuk menjaga kebersihan area kewanitaan.

Apabila digunakan secara rutin, Resik V Godokan Sirih dapat membantu Anda mencegah masalah area kewanitaan seperti lembab, gatal, bau tidak sedap dan keputihan.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/pcs

Namun perlu diketahui bahwa pada beberapa kasus keputihan mungkin saja pertanda masalah genital yang lebih serius. Mulai dari menimbulkan rasa gatal berlebihan, bau tidak sedap, tekstur kental berwarna kuning atau hijau.

Apabila merasa keputihan tidak normal, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Butuh obat ataupun vitamin tapi tidak sempat membeli di apotek? Tenang, K24Klik siap membantu Anda!

Aplikasi beli obat online yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store, kami menjamin layanan 24 jam nonstop dengan kesediaan produk farmasi lengkap dan 100% asli.

Referensi:

https://www.healthline.com/health/vaginal-discharge diakses pada 5 Desember 2023