15 Obat Gigi Ngilu di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Gigi Ngilu di Apotik Paling Ampuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Keluhan gigi ngilu memang merepotkan. Tak cuma bikin makan dan minum jadi sulit, gigi yang ngilu membuat penderita jadi sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Berita baiknya, Anda bisa cukup mudah menemukan obat gigi ngilu di apotik.

Namun, obat untuk gigi ngilu tidak akan mengatasi masalah utama. Gigi ngilu terjadi saat saraf pada akar gigi atau area sekitar gigi terganggu. Beberapa penyebabnya antara lain bakteri yang membuat gigi berlubang bahkan infeksi maupun trauma seperti benturan keras.

Rekomendasi Obat Gigi Ngilu di Apotik Paling Ampuh

Anda bisa menggunakan beberapa obat sakit gigi ngilu berikut yang dapat Anda temukan dengan mudah di apotik sebagai penanganan utama. Namun setelah itu, tetap lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mengatasi masalah utama sehingga rasa sakit tidak datang lagi.

1. Cap Kakak Tua

Kakak Tua obat gigi ngilu

Beli Cap Kakak Tua Klik di Sini

Kalau mencari obat tradisional untuk mengatasi gigi yang ngilu, Cap Kakak Tua bisa jadi pilihannya. Obat gigi ngilu ini memiliki khasiat untuk meredakan nyeri pada gigi dan gusi yang bengkak sekaligus membersihkan gigi dari mulut dari kuman.

Tiap botol Cap Kakak Tua memiliki kandungan Pure Water, Glycerin, Ethyl Alkohol, Creosote, dan Clove Oil. Untuk menggunakannya, cukup basahi kapas dengan Cap Kakak Tua, lalu sumpalkan pada gigi yang sakit.

2. Eugenia Dental

Eugenia Dental obat gigi ngilu

Beli Eugenia Dental Klik di Sini

Cengkeh adalah salah satu bahan alami untuk mengobati gigi ngilu lewat minyak yang terkandung di dalamnya. Namun, kini Anda tak perlu membuat sendiri ekstrak cengkeh yang memakan waktu cukup lama.

Eugenia Dental adalah produk untuk mengobati ngilu pada gigi yang praktis. Seperti namanya, produk ini mengandung minyak eugenol yang biasa ditemukan pada cengkeh. Cukup oleskan minyak pada gigi yang sakit untuk mengurangi keluhan ngilu.

3. Gadjah Minyak Cengkeh

Gadjah Minyak Cengkeh obat gigi ngilu

Beli Gadjah Minyak Cengkeh Klik di Sini

Alternatif obat nyeri gigi dari bahan alami cengkeh yang bisa Anda gunakan adalah Gadjah Minyak Cengkeh. Obat ini biasanya dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi berlubang dan ngilu.

Produk herbal ini memiliki kandungan minyak cengkeh asli. Cara pemakaiannya adalah dengan membasahi kapas dengan minyak cengkeh Cap Gadjah secukupnya, lalu masukkan kapas pada lubang gigi.

4. Puyer Bintang Toedjoeh

Puyer Bintang 7 obat gigi ngilu

Beli Puyer Bintang Toedjoeh Klik di Sini

Selain sakit kepala, Puyer Bintang Toedjoeh juga bermanfaat untuk meredakan keluhan nyeri pada gigi. Analgesik ini tersedia dalam bentuk serbuk. Anda cukup melarutkannya dalam air dan segera meminumnya setelah makan

Puyer Bintang Toedjoeh mempunyai kandungan Acetaminophenum, Acidum Acetylsalicylicum, dan Coffenium. Bahan-bahan ini termasuk jenis analgesik-antipretik dan antiinflamasi.

 

5. Sensodyne Rapid Relief

Sensodyne Rapid Relief obat gigi ngilu

Beli Puyer Bintang Toedjoeh Klik di Sini

Pasta gigi ini dikhususkan untuk gigi sensitif. Seperti namanya, Sensodyne Rapid Relief akan memberi perlindungan pada gigi dari rasa ngilu.

Sensodyne Rapid Relief mempunyai kandungan aktif Strontium Chloride. Bahan ini memang banyak digunakan pada pasta gigi untuk mengatasi keluhan gigi yang hipersensitif dan terbukti efektif.

6. Dentasol

Dentasol obat gigi ngilu

Beli Dentasol Klik di Sini

Dentasol adalah obat gigi ngilu yang bisa Anda gunakan juga untuk meredakan keluhan sariawan, radang gigi, maupun rasa sakit karena rangsangan tumbuh gigi. Cairan ini mengandung antiseptik dan anastesi topikal.

Beberapa bahan di dalamnya adalah Benzocaine, Camphora, Mentholum, Cetylpirinidium Chloride, dan Phenolum. Cara menggunakannyaa adalah dengan mengoleskannya pada bagian yang sakit.

7. Paracetamol

paracetamol obat gigi ngilu

Beli Dentasol Klik di Sini

Paracetamol adalah obat analgesik dan antipretik yang umum dipakai untuk meredakan nyeri dengan tingkat ringan hingga sedang. Anda pun bisa memanfaatkan paracetamol di rumah sebagai obat gigi ngilu karena berlubang.

Paracetamol termasuk obat bebas bisa Anda peroleh dengan mudah. Merek yang tersedia pun sangat beragam. Walau begitu, pastikan Anda tetap memperhatikan dosis dan cara penggunaannya sesuai anjuran.

8. Ibuprofen

ibuprofen untuk gigi  ngilu

Beli Dentasol Klik di Sini

Jenis obat lain yang banyak diresepkan untuk mengatasi keluhan nyeri ringan hingga sedang adalah ibuprofen. Obat ini meredakan peradangan serta menghambat produksi prostaglandin yang memicu inflamasi dan rasa sakit.

Tidak semua ibuprofen dijual dengan bebas. Maka dari itu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya untuk mengobati sakit pada gigi yang mengganggu.

9. Asam Mefenamat

 Asam Mefenamat obat gigi ngilu

Beli Asam Mefenamat Klik di Sini

Dokter biasanya juga meresepkan asam mefenamat untuk obat gigi ngilu dan nyeri. Obat generik ini cukup lazim pula diberikan pada penderita dengan keluhan nyeri pada penderita sakit kepala dan wanita yang haid dan mengalami rasa sakit dan tak nyaman.

Asam mefenamat termasuk dalam obat antiinflamasi nonsteroid. Asam mefenamat mudah ditemukan di apotik, tetapi Anda memerlukan resep dokter untuk dapat membelinya.

10. Anastan

Anastan obat gigi ngilu

Beli Anastan Klik di Sini

Anastan adalah analgesik dengan kandungan asam mefenamat. Kegunaan obat ini dalam mengatasi nyeri cukup beragam, mulai dari nyeri gigi ngilu, migrain, sakit kepala, hingga rematik.

Mengonsumsi Anastan juga harus mendapat resep dan petunjuk dari dokter. Obat ini tidak digunakan untuk jangka panjang sehingga jangan tunda lebih lama untuk segera kembali periksa jika sakit terus berlanjut.

11. Pondex

Pondex obat gigi ngilu

Beli Pondex Klik di Sini

Obat gigi ngilu dan nyeri berikutnya adalah Pondex. Pondex termasuk analgesik (non opiat) dan antipretik yang bisa dipakai pula untuk meredakan nyeri otot, sakit pinggang, nyeri traumatik, dan sebagainya.

Tak perlu khawatir jika Anda sulit meminum obat dalam kemasan tablet atau kapsul. Selain tablet, Pondex juga tersedia dalam kemasan sirup (cair)sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi.

12. Profenid

profenid obat gigi ngilu

Beli Profenid Klik di Sini

Ada kalanya sakit gigi yang muncul sangat tidak tertahankan sampai betul-betul membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas. Kalau sudah begini, beberapa jenis obat pereda nyeri tidak mempan.

Profenid bisa jadi obat gigi ngilu dan nyeri yang dokter sarankan. Pasalnya, obat ini memang untuk keluhan sakit gigi yang parah. Adapun kandungan di dalamnya adalah ketoprofen dan termasuk turunan asam propionat.

13. Profenal

Profenal obat gigi ngilu

Beli Profenal Klik di Sini

Obat ngilu gigi ini mempunyai dua kandungan sekaligus, yakni paracetamol dan ibuprofen. Manfaatnya cukup ampuh dalam mengatasi keluhan nyeri pada gigi hingga meredakan demam.

Profenal hadir dalam bentuk tablet dan termasuk obat bebas terbatas. Walau mudah mendapatkannya, pastikan Anda tetap mengikuti anjuran penggunaan dan tidak mengonsumsinya dalam waktu lama.

14. Cataflam

cataflam obat gigi ngilu

Beli Cataflam Klik di Sini

Cataflam mengandung diclofenac potassium atau diclofenac sodium. Cataflam bisa meredakan nyeri gigi ringan hingga sedang.

Cara kerja Cataflam adalah dengan menghambat enzim siklooksigenasi. Enzim ini membantu pembentukan prostaglandin yang menimbulkan rasa sakit. Saat kerja enzim siklooksigenasi terhambat, produksi prostaglandin pun lebih sedikit.

15. Cooling 5 Plus

Cooling obat gigi ngilu

Beli Cooling 5 Plus Klik di Sini

Cooling 5 adalah antiseptik untuk area mulut dan tenggorokan. Produk ini berfungsi untuk meredakan keluhan akibat kuman di area mulut yang​​ juga bisa menjadi penyebab sakit pada gigi.

Kandungan dalam Cooling 5 adalah benzocaine dan phenol yang ampuh mengurangi ngilu. Penggunaan obat ngilu gigi ini cukup mudah, yakni hanya dengan menyemprotkannya pada area gigi yang sakit.

Itulah beberapa obat gigi ngilu karena berlubang maupun trauma yang cukup ampuh. Tak perlu repot, Anda pun kini bisa membelinya dengan lebih praktis secara online di K24Klik.

Semoga membantu, semoga lekas sembuh!

Referensi:

  1. An Overview of Toothaches, https://www.webmd.com/oral-health/toothache. Diakses pada 19 Desember 2022.
  2. Efficacy of Strontium Chloride in Dental Hypersensitivity, https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/3476718/. Diakses pada 19 November 2022.
  3. Can I Use Clove Oil to Ease My Toothache?, https://www.healthline.com/health/clove-oil-toothache. Diakses pada 19 Desember 2022.