15 Obat Diare Anak Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat diare anak paling ampuh di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat diare anak dibutuhkan untuk mengatasi gangguan pencernaan buang air besar yang terlalu sering dengan feses cenderung lembek berair.

Diare merupakan salah satu gangguan pencernaan yang membuat frekuensi buang air besar menjadi lebih sering dan feses biasanya cair. Berpotensi mengganggu aktivitas harian, obat diare anak paling ampuh pun dapat menjadi pilihan tepat.

Apabila tidak ditangani segera, diare dapat menyebabkan si kecil kehilangan elektrolit sehingga tubuh menjadi lemas. Nafsu makan anak juga akan menurun dan tentunya tidak baik untuk kondisi si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan.

Baca juga: Diare: Penyebab, Jenis, Cara Mengobati dan Mencegahnya

Rekomendasi Obat Diare Anak Paling Ampuh di Apotik

Membutuhkan formulasi obat yang berbeda dengan dewasa, Anda tidak bisa secara sembarangan memberikan obat diare pada anak. Apabila diperlukan, memeriksakan si kecil pada dokter ahli menjadi pilihan terbaik.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat diare anak paling ampuh yang dapat Anda coba berikan sebagai pertolongan darurat.

1. Diapet Anak

obat diare diapet anak

Beli Diapet Anak Klik di Sini

Diapet merupakan salah satu obat andalan untuk mengatasi diare non spesifik, termasuk pada anak-anak. Diapet Anak diformulasikan khusus dengan bentuk cair agar lebih mudah dikonsumsi oleh si kecil.

Beberapa kandungan dalam Diapet Anak adalah ekstrak daun jambu biji, rimpang kunyit, buah mojokeling dan juga kulit buah delima. Untuk anak usia diatas 5 tahun, Anda dapat memberikan obat ini 2 kali sehari 1 sachet kemasan 10ml untuk sekali minum.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/dos isi 6 sachet

2. Lacto B

obat diare anak di apotik lacto b

Beli Lacto B Klik di Sini

Probiotik menjadi mikroorganisme baik yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan, termasuk mengobati diare. Mudah ditemukan di apotik dan diperkaya dengan kandungan bermanfaat lainnya, Anda dapat memberikan Lacto B untuk diare anak.

Hadir dalam bentuk serbuk, Anda dapat melarutkan Lacto B dengan air putih ataupun mencampurkannya dengan makanan si kecil. 

Kisaran harga: Rp 7 ribu/pcs

3. Zinkid

obat diare anak paling ampuh zinkid

Beli Zinkid Klik di Sini

Untuk membantu pengobatan diare, Anda juga dapat memanfaatkan vitamin dengan kandungan zinc seperti Zinkid. Dalam setiap 5 ml Zinkid, memiliki kandungan zinc 10mg.

Dosis penggunaan Zinkid untuk si kecil berbeda-beda sesuai dengan usia dan juga kondisi anak. Pastikan untuk mengonsumsi Zinc dengan dosis cukup karena apabila terlalu tinggi dengan periode lama dapat menyebabkan penurunan konsentrasi lipoprotein plasma.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/botol

4. Orezinc

obat diare anak paling ampuh di apotek orezinc

Beli Orezinc Klik di Sini

Mengandung Zinc Sulfate Monohydrate, Orezinc merupakan obat yang ampuh bekerja sebagai terapi komplementer dalam mengatasi diare pada anak. Zinc sendiri dapat meningkatkan sistem imun dan juga mempercepat proses penyembuhan.

Untuk anak usia 6 bulan sampai 5 tahun, Anda dapat memberikan Orezinc sehari 1 sendok takar atau setara 20mg selama 10 hari. Sedangkan untuk bayi usia 2-6 bulan, berikan setengah sendok takar atau setara 10mg selama 10 hari.

Kisaran harga: Rp 48 ribu/botol

5. Interlac

obat diare anak interlac

Beli Interlac Klik di Sini

Tablet kunyah dengan beragam kandungan bermanfaat seperti isomalt, xylitol hingga L. reuteri membuat Interlac ampuh dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengonsumsi Interlac juga dapat membantu mengatasi masalah diare si kecil.

Anda dapat memberikan obat Interlac 1-2 tablet kunyang per hari, baik bersama ataupun tanpa makanan.

Kisaran harga: Rp 141 ribu/strip

6. Entrostop Herbal

obat diare anak entrostop herbal

Beli Entrostop Herbal Klik di Sini

Ketika diare, si kecil mungkin merasakan sensasi perut melilit, perut kembung hingga mual. Untuk meredakannya, Anda dapat memanfaatkan Entrostop Herbal.

Beberapa kandungan dalam obat cair herbal ini adalah sebagai berikut ini.

  • Psidii folium leaf extract
  • Curcuma domestica rhizoma extract
  • Camellia sinensis leaves extract
  • Zingiber rhizome extract

Kisaran harga: Rp 15 ribu/dos isi 6 sachet

7. L-Bio

obat diare anak di apotik l bio

Beli L-Bio Klik di Sini

Ampuh melindungi sistem pencernaan, L-Bio merupakan obat yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diare ataupun konstipasi pada anak. L-Bio memiliki kandungan probiotik seperti lactobacillus acidophilus dan juga lactobacillus casei.

Selain itu, obat ini juga diperkaya dengan beberapa kandungan bermanfaat lainnya seperti rice starch dan juga maltodextrin. Untuk anak usia lebih dari 2 tahun, Anda dapat memberikan L-Bio dengan aturan 2-3 sachet per hari.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/pcs

8. Kaotin Sirup

obat diare anak paling ampuh kaotin sirup

Beli Kaotin Sirup Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan kaolin dan juga pektin, Kaotin Sirup berguna untuk pengobatan diare ringan. Dikemas dalam bentuk obat sirup, Kaotin lebih mudah untuk dikonsumsi si kecil.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/botol

9. Zircum Kid

obat diare anak zircum kid

Beli Zircum Kid Klik di Sini

Dalam mengatasi diare pada anak, Anda mungkin memerlukan obat untuk mendukung terapi komplementer seperti Zircum Kid. Obat ini memiliki kandungan Zinc sulfate yang juga ampuh dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/strip

10. Interzinc Sirup

obat diare anak paling ampuh interzinc sirup

Beli Interzinc Sirup Klik di Sini

Diare dapat menyebabkan tubuh si kecil kekurangan cairan atau dehidrasi, Anda dapat memanfaatkan Interzinc Sirup untuk mengatasi kondisi tersebut. Obat dengan kandungan zinc sulfate ini juga dapat meringankan diare pada anak.

Kisaran harga: Rp 63 ribu/botol

11. Daryazinc Drops

obat diare anak di apotek daryazinc

Beli Daryazinc Klik di Sini

Obat dengan kandungan zinc, Daryazinc Drops dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi diare pada anak. Daryazinc juga dapat membantu menggantikan cairan tubuh si kecil yang hilang karena frekuensi buang air besar yang terlalu sering.

Saran mengonsumsi obat ini adalah saat perut kosong, jadi Anda dapat memberikannya pada si kecil setidaknya 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 48 ribu/botol

12. Oralit

obat diare anak di apotik oralit

Beli Oralit Klik di Sini

Kekurangan elektrolit saat diare dapat membuat si kecil lemas, nafsu makan menurun dan menghambat aktivitas harian. Untuk tetap mendukung gerak aktif anak, Anda dapat memberikan Oralit yang ampuh mengatasi kondisi kekurangan cairan atau elektrolit.

Anda dapat melarutkan Oralit ke dalam air putih kurang lebih 200 ml dan memberikannya pada si kecil pada 3 jam pertama.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/pcs

13. Diagit

obat diare anak paling ampuh diagit

Beli Diagit Klik di Sini

Diagit merupakan obat diare yang memiliki kandungan actived attapulgite dan juga pectin di dalamnya. Cara mengonsumsi obat ini bertahap, 2 tablet untuk dewasa dan anak-anak usia lebih dari 12 tahun di awal kemudian berlanjut 2 tablet lagi setiap selesai buang air besar.

Sedangkan pada anak-anak usia 6-12 tahun, Diagit dapat diberikan 1 tablet di awal dan berlanjut 1 tablet lagi setiap buang air besar. Dosis maksimum untuk dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun adalah 12 tablet per hari, sedangkan anak usia 6-12 tahun 6 tablet.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/strip

14. Guanistrep

obat diare anak di apotek guanistrep sirup

Beli Guanistrep Klik di Sini

Mengandung kaolin dan juga pektin, Guanistrep ampuh digunakan untuk pengobatan diare. Penggunaan obat ini pada anak-anak hingga bayi memerlukan konsultasi dokter terlebih dahulu guna meminimalisir efek samping yang tidak diinginkan.

Pastikan untuk mengonsumsi Guanistrep sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan, berdasarkan usia dan juga kondisi pasien.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/botol

15. Cimory Yogurt Drink Original

obat diare anak di apotik cimory yogurt drink original

Beli Cimory Yogurt Drink Original Klik di Sini

Probiotik menjadi salah satu bakteri baik yang dibutuhkan saluran pencernaan untuk mengobati diare. Jenis probiotik yang dapat Anda konsumsi dan memiliki rasa yang lezat adalah Yogurt.

Cimory Yogurt Drink Original terbuat dari 100% susu sapi segar sehingga aman untuk dikonsumsi baik anak-anak maupun dewasa.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

Itulah tadi beragam rekomendasi obat diare anak paling ampuh di apotik yang dapat Anda coba berikan pada si kecil. Apabila kondisi anak tidak kunjung membaik dalam 3 hari, segera periksakan pada dokter ahli guna mendapatkan penanganan terbaik.

Si kecil diare dan butuh obat segera? Praktis anti ribet, K24Klik siap jadi andalan Anda! Kami menjamin pelayanan 24 jam nonstop dan pengiriman cepat kemanapun tidak sampai satu jam.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store, semua jadi beres hanya dalam satu genggaman!

Referensi:

https://www.nationwidechildrens.org/conditions/diarrhea diakses pada 5 Februari 2024