15 Obat Cantengan Jempol Kaki di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat cantengan jempol kaki di apotik paling ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat cantengan dibutuhkan untuk mengatasi sudut jari kaki yang terasa sakit, bengkak dan juga kemerahan. Penyebab cantengan yang paling umum dialami karena memotong kuku terlalu dalam, ukuran sepatu tidak pas dan lain sebagainya.

Jempol kaki merupakan jari yang paling sering mengalami cantengan. Seperti apa cantengan? Sudut jari kuku membengkak, kemerahan, terasa nyeri dan juga sakit. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan beragam obat cantengan yang ada di apotik.

Penyebab cantengan sangatlah beragam, namun yang paling sering karena memotong kuku terlalu dalam dan menggunakan sepatu yang kekecilan. Selain itu, cantengan dapat menjadi lebih parah karena infeksi.

Baca juga: 10 Obat Kaki Pecah Pecah di Apotik Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Cantengan Jempol Kaki di Apotik Paling Ampuh

Anda dapat memanfaatkan beragam jenis obat mulai dari antibiotik hingga obat salep untuk mengatasi cantengan. Beberapa obat cantengan di apotik mungkin saja memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat cantengan jempol kaki di apotik paling ampuh yang dapat Anda coba gunakan.

1. Emtrix

obat cantengan jempol kaki di apotik emtrix

Beli Emtrix Klik di Sini

Emtrix merupakan cairan topikal yang mengandung propylene glycol, urea, lactic acid, aqua dan juga sodium hydroxide. Obat ini efektif untuk mengoptimalkan perawatan kuku rusak, termasuk cantengan.

Obat Emtrix sendiri sama sekali tidak memiliki kandungan bahan pengawet ataupun bahan pewangi di dalamnya. Anda dapat menggunakan Emtrix sekali sehari, sebelum tidur.

Kisaran harga: Rp 263 ribu/pcs

2. Carmed

obat cantengan jempol kaki carmed cream

Beli Carmed Klik di Sini

Mengandung zat aktif Urea, Carmed merupakan obat yang dapat mengobati masalah kulit kering, kasar, bersisik, terluka dan juga cantengan. Dikemas dalam bentuk krim, Anda dapat mengoleskan Carmed seperlunya di bagian kuku cantengan rutin 2 kali sehari.

Perlu diketahui bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga perlu resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 59 ribu/tube

3. Amoxicillin

obat cantengan paling ampuh amoxicillin

Beli Amoxicillin Klik di Sini

Cantengan yang disertai dengan infeksi bakteri tentunya memerlukan obat yang berbeda dengan cantengan ringan. Antibiotik merupakan obat paling ampuh untuk mengatasi infeksi, seperti Amoxicillin.

Pastikan Anda telah berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini. Pembelian Amoxicillin sendiri juga harus berdasarkan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/strip

4. Ibuprofen

obat nyeri cantengan jempol kaki ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Saat cantengan jempol kaki, Anda mungkin akan merasakan rasa nyeri yang terkadang tidak tertahankan dan mengganggu aktivitas. Untuk meredakan nyeri tersebut, Anda dapat memanfaatkan obat Ibuprofen.

Obat cantengan di apotik yang satu ini dapat Anda konsumsi tiap 6 jam sekali atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

5. Canesten Cream

obat cantengan di apotik canesten cream

Beli Canesten Cream Klik di Sini

Pada beberapa kasus, cantengan pada kuku kaki dapat disertai dengan infeksi jamur. Kuku cantengan yang disertai infeksi jamur biasanya warnanya terlihat kekuningan, menebal dan juga rapuh.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Canesten Cream. Salep obat cantengan ini memiliki kandungan klotrimazol di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 54 ribu/tube

6. Erysanbe

obat cantengan jempol kaki di apotik erysanbe

Beli Erysanbe Klik di Sini

Mengandung bahan aktif erythromycin, Erysanbe merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi cantengan yang disertai dengan infeksi bakteri.

Termasuk obat antibiotik, penggunaan Erysanbe harus berdasarkan hasil konsultasi dokter. 

Kisaran harga: Rp 24 ribu/strip

7. Sanpicillin

obat cantengan jempol kaki di apotik sanpicillin kapsul

Beli Sanpicillin Klik di Sini

Jempol kaki cantengan mengeluarkan banyak nanah? Salah satu penyebabnya mungkin saja adalah adanya infeksi bakteri. Untuk mengobatinya, Anda dapat menggunakan Sanpicillin Kapsul.

Obat ini memiliki kandungan ampisilin trihydrate di dalamnya dan bekerja ampuh dalam melawan bakteri gram positif maupun negatif.

Termasuk dalam golongan obat keras, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum menggunakan obat Sanpicillin.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/strip

8. Liposin Salep

obat cantengan jempol kaki liposin salep

Beli Liposin Salep Klik di Sini

Nyeri saat cantengan dapat diredakan menggunakan Liposin Salep yang memiliki kandungan lidocaine di dalamnya. Selain itu, obat ini juga mengandung antibiotik bacitracin, neomycin dan polymyxin B.

Kandungan antibiotik dalam Liposin Salep mampu membantu mencegah terjadinya infeksi saat cantengan. Obat salep ini memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 55 ribu/tube

9. Amoxsan

obat cantengan di apotik amoxsan

Beli Amoxsan Klik di Sini

Dengan kandungan amoxicillin di dalamnya, Amoxsan dapat menjadi salah satu obat yang ampuh dalam mengobati cantengan disertai infeksi. Pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum menggunakan antibiotik yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 46 ribu/strip

10. Sporacid

obat cantengan jempol kaki di apotik sporacid

Beli Sporacid Klik di Sini

Salah satu penyebab cantengan adalah infeksi jamur, untuk mengatasinya Anda dapat memanfaatkan Sporacid. Obat antijamur ini memiliki kandungan itraconazole di dalamnya dan hanya bisa didapatkan menggunakan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 269 ribu/strip

11. Salep Kulit 88

obat cantengan jempol kaki salep kulit 88

Beli Salep Kulit 88 Klik di Sini

Ampuh dalam menangani beragam penyakit kulit, Anda juga dapat memanfaatkan Salep Kulit 88 untuk bantu mengobati cantengan di kaki. Cukup oleskan secukupnya pada area yang sakit.

Beragam kandungan dalam obat ini adalah acidum salicylicum, acidum benzoicum, sulfur praecipitatum, camphora, mentholatum dan juga base salep.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/tube

12. Dolo Neurobion Tablet

obat sakit cantengan jempol kaki dolo neurobion

Beli Dolo Neurobion Klik di Sini

Merasa sakit dan nyeri tak tertahankan saat cantengan? Anda dapat memanfaatkan Dolo Neurobion untuk meredakan rasa sakit tersebut.

Meski tidak bekerja langsung dalam mengobati cantengan, namun penggunaan obat ini dapat membantu Anda lebih nyaman dalam beraktivitas. Kandungan dalam obat ini adalah vitamin B1, B6. B12 dan juga paracetamol.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/strip

13. Sagestam

obat cantengan di apotek sagestam cream

Beli Sagestam Cream Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan Sagestam Cream dengan kandungan gentamicin sulfate di dalamnya. Obat topikal untuk kulit ini dapat langsung dioleskan pada jempol kaki yang cantengan disertai infeksi.

Perlu diperhatikan bahwa Sagestam termasuk dalam golongan obat keras dan memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/tube

14. Gentamicin Oint

obat cantengan di apotek gentamicin oint

Beli Gentamicin Oint Klik di Sini

Selain antibiotik tablet ataupun kapsul, penggunaan bentuk salep juga dapat menjadi alternatif Anda. Misalnya adalah Gentamicin Oint yang memiliki kandungan antibiotik gentamicin di dalamnya.

Penggunaan antibiotik sendiri ampuh untuk mengobati cantengan yang disertai dengan infeksi. Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya obat salep yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/tube

15. Paracetamol

obat nyeri paracetamol cantengan jempol kaki di apotek

Beli Paracetamol Klik di Sini

Selain Ibuprofen, Anda juga dapat memanfaatkan Paracetamol untuk meredakan sakit dan juga nyeri saat cantengan. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat cantengan jempol kaki di apotik paling ampuh yang dapat Anda coba gunakan. Beberapa diantara rekomendasi di atas merupakan obat keras yang memerlukan resep dokter.

Tidak sempat pergi ke dokter secara langsung tapi butuh menebus obat? Tenang, layanan Telemedicine siap menjadi andalan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter ahli secara lebih praktis.

Jika sudah berkonsultasi, Anda juga dapat langsung menebus obat di aplikasi K24Klik. Bekerjasama dengan jaringan apotek terbesar di Indonesia, K24Klik jamin kesediaan produk farmasi 100% asli.

Tidak hanya itu, K24Klik juga siap mengantarkan pesanan obat Anda sampai ke rumah dalam waktu kurang dari 1 jam. Bersama K24Klik, semua jadi beres!

Unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store sekarang juga, dapatkan beragam penawaran menarik khusus untuk Anda!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ingrown-toenails/symptoms-causes/syc-20355903 diakses pada 2 Januari 2024