15 Obat Cacar Air pada Anak dan Orang Dewasa di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Cacar Air pada Anak dan Orang Dewasa di Apotik
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Cacar air atau chickenpox merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella-zoster. Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami ruam gatal dengan lepuh kecil di permukaan kulit yang berisi cairan.

Penyakit cacar air bisa sangat menular, terutama kepada orang-orang yang sebelumnya tidak pernah terinfeksi atau tidak divaksin cacar. Meski lebih sering menyerang anak-anak, tapi orang dewasa juga bisa terinfeksi cacar. Sangat penting penyakit ini untuk segera di obati. Obat cacar air banyak jenisnya oleh karenanya lebih baik di konsultasikan dengan dokter dahulu.

Ruam lepuh yang terasa gatal karena infeksi cacar air ini biasanya akan muncul 10 sampai 21 hari setelah penderitanya terpapar virus. Gejala lain yang mungkin akan muncul sehari atau dua hari sebelum kemunculan ruam antara lain adalah:

  • Demam
  • Kehilangan selera makan
  • Sakit kepala
  • Merasa lelah dan tidak enak badan.

Jika Anda mengalami cacar air atau salah satu gejala di atas, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Selanjutnya Anda bisa mengonsumsi obat atau menggunakan salep untuk meredakan kondisi ini.

Rekomendasi Obat Cacar air pada Anak Maupun Orang Dewasa di Apotik

Beberapa jenis dan obat untuk cacar air berikut ini untuk anak maupun orang dewasa yang tersedia di apotek antara lain sebagai berikut :

1. Paracetamol

paracetamol obat cacar air

Beli Paracetamol Klik di Sini

Demam merupakan salah satu gejala yang dialami oleh penderita cacar air. Untuk meredakannya, Anda bisa menggunakan paracetamol. Obat yang dijual bebas ini juga bisa membantu mengatasi nyeri dan sakit kepala.

Untuk orang dewasa, dosis yang disarankan adakah 1-2 tablet 500 mg diminum 4 sampai 6 jam sekali. Jika yang terkena cacar adalah anak-anak, paracetamol bisa diberikan dala bentuk sirup dengan mengikuti aturan yang tertera pada label obat. Paracetamol tersedia dalam berbagai merek dengan kisaran harga Rp1.000 – Rp15.000 per strip.

2. Caladine Lotion

Caladine lotion obat cacar air

Beli Cakadine Lotion Klik di Sini

Caladine Lotion adalah obat oles yang mengandung calamine. Lotion ini bisa membantu mengatasi rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit. Kandungan menthol dan camphor yang ada di dalamnya juga bisa memberikan sensasi sejuk.

Caladine Lotion bisa Anda beli di apotek dengan rentang harga Rp17.500 – Rp22.000 per botol.

3. Acyclovir Yarindo 200mg

Acyclovir Yarindo obat cacar air

Beli Acyclovir Klik di Sini

Memiliki komposisi aktif acyclovir, bat ini merupakan salah satu antivirus yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah medis seperti herpes, cacar air dan cacar ular. Acyclovir bekerja dengan cara menekan penyebaran dan perkembangan virus. Termasuk obat keras, Acyclovir sebaiknya dikonsumsi dengan resep dokter.

Acyclovir produksi Yarindo ini bisa dibeli dengan harga Rp800-an per tablet.

4. Aciclovir Hexpharm 400mg

Aciclovir Hexpharm obat cacar air

Beli Acyclovir Klik di Sini

Diproduksi oleh Hexpharm Jaya, Aciclovir Hexpharm juga merupakan obat antivirus. Karena merupakan obat keras, pastikan Anda mengonsumsinya dengan resep dokter.

Dapatkan Aciclovir Hexpharm dengan harga Rp900-an per tabletnya.

5. Poviral 400mg Tablet

Poviral 400mg untuk cacar air

Beli Acyclovir Klik di Sini

Didistribusikan oleh Hexpharm Jaya, Poviral adalah obat yang diformulasikan untuk mengatasi berbagai infeksi virus termasuk cacar air, herpes simpleks, herpes zoster dan lain sebagainya. Obat ini juga dipakai untuk terapi varisela. Obat ini adalah jenis obat keras yang harus digunakan dengan resep dokter.

Poviral 400mg Tablet bisa dibeli dengan harga Rp2.000 – Rp3.000 per tabletnya.

6. Matrovir Cr 10g

matrovir obat cacar air

Beli Matrovir Cr Klik di Sini

Selain pengobatan dari dalam, Anda juga bisa mengatasi cacar air dengan menggunakan salep yang dioleskan langsung ke permukaan kulit yang ruam. Salep untuk cacar air ini memiliki kandungan aktif acyclovir adalah Matrovir Cr 10g. Salep ini tidak hanya bisa mengobati cacar air tapi juga herpes zoster dan herpes simpleks.

Matrovir Cr 10g tersedia dalam kemasan tube dengan harga jual Rp21.000 – Rp22.000.

7. Matrovir 400mg Tablet

Beli Matrovir 400mg Tablet Klik di Sini

Matrovir 400mg Tablet sebenarnya memiliki komposisi yang sama dengan Poviral 400mg Tablet dan Aciclovir Hexpharm 400mg. Obat antivirus yang didistribusikan oleh Konimex ini dapat membantu meringankan infeksi cacar air, herpes genital, herpes zoster dan herpes simpleks.

Matrovir 400mg Tablet bisa dibeli dengan resep dokter seharga Rp2.000 – Rp3.000 per tabletnya.

8. Azovir 5% Cr 5g

Azovir 5% Cr 5g obat cacar air

Beli Azovir 5% Cr 5g Tablet Klik di Sini

Krim yang dioleskan pada lesi cacar ini juga bisa mengatasi herpes simpleks akut di kulit dan membran mukosa serta herpes genital di fase awal maupun fase berulang. Didistribusikan oleh Medikon Prima, obat ini termasuk golongan obat keras yang harus digunakan dengan resep dokter.

Anda bisa membeli Azovir 5% Cr 5g dengan rentang harga Rp24.000 – Rp25.000.

9. Isprinol

Isprinol obat cacar air

Beli Isprinol Klik di Sini

Isprinol adalah obat antivirus yang mengandung bahan aktif methisoprinol yang bisa membantu meningkatkan imunitas sekaligus meringankan penyakit yang disebabkan oleh infeksi seperti cacar air. Isprin ol juga sering diresepkan untuk mengatasi hepatitis B, penyakit herpes hingga gondongan.

Isprinol tersedia dalam sediaan sirup dan tablet dengan harga jual Rp13.000 – Rp14.000 per tablet. Sementara untuk sediaan sirup harganya Rp108.000 Rp109.000 per botolnya.

10. Isoprinosine

Isoprinosine 500mg untuk cacar air

Beli Isoprinosine Klik di Sini

Sama seperti Isprinol, Isoprinosine juga diformulasikan untuk meredakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Isoprinosine merupakan obat keras.

Harga Isoprinosine tablet adalah Rp18.000 – Rp19.000 per tablet. Sementara untuk sediaan sirup dijual dengan harga berkisar antara Rp153.000 – Rp155.000.

11. Dextamine Sirup 

dextamine sirup obat cacar air

Beli Dextamine Sirup Klik di Sini

Cacar air bisa menyebabkan rasa gatal di permukaan kulit yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Salah satu obat yang biasa diresepkan oleh dokter untuk mengatasi gatal ini adalah Dextamine Sirup. Obat ini termasuk golongan antihistamin.

Dextamine Sirup bisa Anda dapatkan di apotek dengan harga berkisar antara Rp39.000 – Rp40.000 per botol ukuran 60ml.

12. Ozen Syrup 60 ml

Ozen Sirup obat cacar air

Beli Ozen Sirup Klik di Sini

Obat jenis antihistamin lain yang bisa membantu meringankan reaksi alergi pada cacar adalah Ozen Syrup. Obat ini bekerja dengan menahan zat yang bisa memicu reaksi alergi sehingga rasa gatal yang dialami bisa berkurang. Ozen Syrup juga termasuk golongan obat keras.

Ozen Syrup dengan ukuran 60ml dijual di apotek dengan kisaran harga Rp54.000 – Rp55.000.

13. PK Cito 5 gr

 PK Cito 5 gr obat cacar air

Beli PK Cito Klik di Sini

PK Cito sebenarnya adalah antiseptic yang bisa membantu membersihkan kulit yang mengalami infeksi jamur, alergi atau bakteri. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan lepuh yang sudah pecah agar tidak menjadi sarang bakteri.

Harga PK Cito per pcs rentangnya antara Rp7.000 – Rp8.000.

14. Bedak Salicyl Cap Gajah

Bedak Salicyl Cap Gajah obat cacar air

Beli Bedak Salicyl Menthol Klik di Sini

Rasa gatal di permukaan kulit yang disebabkan oleh cacar air juga bisa dikurangi dengan menggunakan bedak Salycil Cap Gajah. Bedak ini terdiri dari Acyd Salicyl 2% Talc Venetum 98%. Harga per botolnya adalah Rp6.000 – Rp7.000.

15. Mederma Gel 20 g

Mederma Gel obat cacar air

Beli Mederma Gel 20 g Klik di Sini

Setelah cacar kering, akan timbul bekas luka yang mengganggu. Untuk membantu menghilangkannya, Anda bisa menggunakan obat bekas cacar, salah satu pilihannya adalah Mederma Gel. Salep ini bisa membantu memperbaiki struktur kulit yang rusak karena cacar serta mengatasi merah-merah di permukaan kulit.

Mederma Gel merupakan jenis obat bebas yang bisa dibeli dengan harga Rp241.000 – Rp245.000 per tube-nya.

Itulah beberapa jenis obat cacar air yang bisa Anda beli di apotek. Sekarang beli obat tidak perlu repot-repot keluar rumah. Cukup gunakan ponsel Anda dan lakukan pemesanan obat maupun salep untuk cacar air hanya di K24 Klik.

Sumber:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chickenpox/symptoms-causes/syc-20351282 (diakses 20 Desember 2022)