8 Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Aman di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Aman di Apotik
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Batuk merupakan kondisi kesehatan yang bisa menyerang siapa pun, termasuk ibu hamil. Untuk mengobatinya, ibu hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat batuk. Pasalnya, kandungan zat aktif dalam obat batuk untuk ibu hamil tersebut bisa mempengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan.

Tak heran, banyak ibu hamil yang bingung obat batuk seperti apa yang bisa dikonsumsi selama kehamilan. Obat-obatan untuk batuk yang biasa dikonsumsi tidak bisa sembarangan digunakan oleh ibu hamil karena dapat mengakibatkan kondisi yang membahayakan janin—bahkan bisa mengakibatkan kecacatan.

Nah, supaya Anda tidak salah pilih, berikut adalah rekomendasi obat batuk ibu hamil yang aman dikonsumsi. Anda bisa membeli obat-obatan yang direkomendasikan ini di apotek K24Klik secara online.

Rekomendasi Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Bisa Dibeli di Apotik K24Klik

Dari obat dengan kandungan herbal hingga obat kimiawi, Anda bisa temukan rekomendasi obat batuk untuk ibu hamil di daftar berikut.

1. Siladex

Siladex obat batuk untuk ibu hamil

Beli Siladex Klik di Sini

Siladex memiliki beberapa varian obat untuk membantu Anda mengatasi gejala batuk (baik batuk berdahak atau kering) serta flu.

Untuk batuk berdahak, Anda bisa memilih Siladex Expectorant dengan kandungan bromhexine dan guaifenesin. Untuk batuk kering, Siladex Antitussive bisa menjadi solusinya.

Kalau Anda juga mengalami gejala flu, Siladex Cough and Cold adalah pilihan yang tepat. Obat ini mengandung dextromethorphan (pereda batuk), pseudoefedrin (pereda gejala flu), dan doxylamine succinate (antialergi). Kandungan obat batuk pilek untuk ibu hamil ini relatif aman digunakan selama kehamilan. Kisaran harga: mulai Rp9.932,-/botol

2. OBH Ika Generik

Beli Siladex Klik di Sini

OBH Ika Generik merupakan obat batuk yang aman untuk ibu hamil yang mengalami gejala batuk berdahak dan pilek.

Kandungan aktif di obat ini adalah Succus liquiritiae (kandungan alami yang menjadi bahan utama OBH), ammonium chloride (pengencer dahak), serta larutan SASA (solutio ammonia spirituosa anisata). Harga: Rp15.909,- s.d. Rp25.665,-/botol

3. Bisolvon

Beli Bisolvon Klik di Sini

Merek obat batuk Bisolvon memiliki dua jenis sediaan obat batuk, yaitu Bisolvon tablet dan Bisolvon sirup. Kedua jenis sediaan Bisolvon ini memiliki kandungan yang sama, yaitu bromhexine HCl dan guaifenesin.

Kedua zat aktif ini berperan sebagai ekspektoran yang bekerja dengan cara menurunkan viskositas (kekentalan) dahak. Dengan demikian, dahak bisa dikeluarkan dengan lebih mudah. Kisaran harga: mulai dari Rp13.656,- (sediaan tablet), mulai Rp55.985,-/botol (sediaan sirup)

4. Woods Antitussive Sirup (untuk batuk kering)

Woods Att Sirup obat batuk untuk ibu hamil

Beli Woods Antitussive Sirup Klik di Sini

Woods Antitussive sirup adalah obat yang diperuntukkan bagi Anda yang mengalami batuk kering. Obat ini memiliki kandungan utama berupa dextromethorphan HBr serta diphenhydramine HCl.

Dextromethorphan merupakan kandungan yang sering Anda jumpai pada obat batuk. Khasiat kandungan ini adalah untuk meredakan gejala batuk kering yang Anda alami.

Di sisi lain, diphenhydramine merupakan kandungan antialergi yang bermanfaat untuk mengurangi terjadinya peradangan/alergi yang terjadi di saluran pernapasan. Kisaran harga: mulai Rp22.062,-/botol

5. Woods Expectorant Sirup (untuk batuk berdahak)

Woods Att Sirup obat batuk untuk ibu hamil

Beli Woods Antitussive Sirup Klik di Sini

Selain Woods Antitussive, Anda bisa menjumpai produk Woods Expectorant Sirup sebagai obat untuk mengatasi gejala batuk berdahak. Kandungan utama dari obat ini adalah bromhexine dan guaifenesin yang berkhasiat untuk mengencerkan dan membantu mengeluarkan dahak. Kisaran harga: mulai Rp21.877,-/botol

6. Vicks Formula 44 Sirup

Vicks Formula 44 Sirup obat batuk untuk ibu hamil

Beli Vicks Formula 44 Sirup Klik di Sini

Vicks Formula 44 Sirup juga hadir dengan obat batuk sirup yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan utama Vicks Formula 44 sirup ini adalah dextromethorphan HBr dan doxylamine succinate.

Dextromethorphan merupakan kandungan zat aktif yang bisa dijumpai di berbagai obat batuk. Manfaat utama kandungan ini adalah menekan batuk terutama yang disebabkan karena iritasi pada tenggorokan. Kisaran harga: mulai Rp10.661,-/botol

7. Vicks Vaporub

Vicks Vaporub obat batuk untuk ibu hamil

Beli Vicks Vaporub Klik di Sini

Vicks Vaporub merupakan produk yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi gejala batuk yang sedang Anda alami. Kandungan utama Vicks Vaporub adalah menthol dan camphor yang berfungsi melegakan saluran pernapasan.

Untuk menggunakan produk ini, Anda bisa mengoleskannya di daerah tenggorokan dan dada. Anda juga bisa menggunakannya secara berulang jika efeknya sudah dirasa berkurang. Kisaran harga: mulai Rp8.992,-/pcs

8. Guaifenesin tablet

Guaifenesin Erlimpex obat batuk untuk ibu hamil

Beli Guaifenesin tablet Klik di Sini

Guaifenesin tablet dengan kandungan tunggal guaifenesin merupakan obat generik yang direkomendasikan sebagai obat batuk untuk ibu hamil.

Penggunaan guaifenesin biasanya hanya digunakan untuk batuk berdahak. Obat ini bekerja dengan cara mengencerkan mukus (dahak). Alhasil, dahak bisa dikeluarkan dengan lebih mudah. Kisaran harga: mulai Rp1.635,-/strip

Nah, itulah rekomendasi obat batuk untuk ibu hamil yang bisa Anda beli secara online di apotik K24Klik. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda, ya!

Namun, sebelum mengonsumsi obat diatas, Anda harus berkonsultasi kepada dokter secara langsung, agar diarahkan sesuai dengan trimester kehamilan Anda ya Sobat Sehat.

Dengan membeli obat di K24Klik, Anda tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah untuk membeli obat. Cukup order dan bayar, obat yang Anda butuhkan bisa langsung diantar ke rumah. Simpel, kan?

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK582924/. Diakses pada 28 Januari 2023.
  2. https://www.ugm.ac.id/id/berita/1034-vitex-trifolia-mampu-obati-asma. Diakses pada 28 Januari 2023.
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3183890/. Diakses pada 28 Januari 2023.
  4. https://www.tabletwise.net/medicine/glyceryl-guaiacolate-succus-liquiritiae. Diakses pada 28 Januari 2023.
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5253529/. Diakses pada 28 Januari 2023.
  6. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682492.html. Diakses pada 28 Januari 2023.
  7. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682539.html. Diakses pada 28 Januari 2023.
  8. https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/camphor-uses-amd-risks. Diakses pada 28 Januari 2023.
  9. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/oxomemazine?mtype=generic. Diakses pada 28 Januari 2023.
  10. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/guaifenesin-oral-route/side-effects/drg-20068720?p=1. Diakses pada 29 Januari 2023.