15 Obat Batuk Herbal untuk Anak dan Dewasa di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batuk herbal untuk anak dan dewasa di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat batuk herbal dapat menjadi solusi ampuh untuk mengatasi batuk kering maupun berdahak pada anak dan juga dewasa. Kandungan herbal dalam obat batuk diketahui juga ampuh dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Batuk merupakan salah satu gangguan pernapasan yang umum menyerang segala usia mulai dari dewasa hingga anak-anak. Selain menggunakan berbagai macam obat kimia, Anda juga dapat memanfaatkan obat batuk herbal yang banyak tersedia di apotik.

Baca juga: 15 Obat Batuk Alami yang Manjur untuk Kering dan Berdahak

Rekomendasi Obat Batuk Herbal untuk Anak dan Dewasa di Apotik

Meracik obat batuk herbal sendiri memiliki resiko tinggi membahayakan yang berakibat fatal pada kesehatan tubuh. Untuk itu, Anda dapat menggunakan beberapa rekomendasi obat batuk herbal untuk anak dan dewasa yang tersedia di apotik.

1 . OBH Combi Batuk Berdahak Menthol Sirup

obat batuk herbal obh combi batuk berdahak

Beli OBH Combi Batuk Berdahak Klik di Sini

Mengandung berbagai bahan herbal seperti ekstrak licorice dan rempah adas manis, obat ini ampuh dalam meredakan batuk berdahak. OBH Combi Batuk Berdahak Menthol Sirup ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia diatas 12 tahun dan dewasa.

Obat batuk herbal dewasa ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari dengan aturan pakai 3 sendok takar tiap kali konsumsi.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

2. Wybert Batuk

obat herbal wybert batuk

Beli Wybert Batuk Klik di Sini

Batuk membuat tenggorokan Anda terasa sakit dan tidak nyaman? Anda dapat menggunakan Wybert Batuk yang mengandung beragam bahan herbal bermanfaat seperti thymi herba, kencur hingga jahe.

Obat ini bekerja ampuh dalam meredakan batuk sekaligus melegakan tenggorokan. Tidak hanya itu, kandungan jahe merah dan kencur dalam Wybert Batuk juga dapat menghangatkan tubuh sehingga masuk angin pun teratasi.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

3. Laserin Sirup

obat batuk herbal laserin sirup

Beli Laserin Sirup Klik di Sini

Salah satu obat batuk herbal untuk anak yang dapat Anda gunakan adalah Laserin Sirup. Obat ini mengkombinasikan sari-sari tumbuhan berkhasiat yang efektif dalam meredakan batuk dan juga melegakan sistem pernapasan.

Obat batuk herbal alami ini juga dapat diminum oleh dewasa dengan aturan pakai 3 kali sehari sebanyak 1-2 sendok makan tiap kali konsumsi.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

4. Herbakof Sirup

obat batuk herbal herbakof sirup

Beli Herbakof Klik di Sini

Herbakof Sirup merupakan obat batuk herbal paling ampuh yang mengandung campuran ekstrak rimpang jahe, buah mahkota dewa, daun legundi dan daun saga. Obat ini dapat meredakan batuk baik kering maupun berdahak serta melegakan pernapasan.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

5. OB Herbal

ob herbal batuk dewasa dan anak

Beli OB Herbal Klik di Sini

Obat batuk yang satu ini terbuat dari 100% bahan herbal bermanfaat seperti thymi herba dan licorice. OB Herbal dapat membantu Anda menghangatkan tenggorokan, kemudian meredakan batuk kering dan juga berdahak.

OB Herbal dapat dikonsumsi oleh dewasa dan juga anak-anak, asalkan sesuai aturan pemakaian atau dosis anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/botol

6. Komix Herbal

obat batuk herbal dewasa anak komix herbal

Beli Komix Herbal Tube Klik di Sini

Praktis dibawa kemana-mana, Anda dapat memanfaatkan Komix Herbal Tube untuk meredakan batuk. Obat mungil ini bekerja secara efektif membantu meredakan batuk sekaligus rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Beberapa kandungan herbal yang terdapat dalam Komix Herbal Tube adalah jahe merah, lagundi, licorice, thymi herba, peppermint oil dan juga madu.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/pcs

7. Woods Naturals Syrup

obat batuk herbal woods naturals syrup

Beli Woods Naturals Syrup Klik di Sini

Obat batuk herbal anak dan dewasa lainnya yang dapat Anda beli di apotik adalah Woods Naturals Syrup. Anda dapat meredakan batuk berdahak menggunakan obat ini karena mengandung ekstral daun meniran, daun Ivy dan juga daun mint.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/botol

8. Obasa Herbal

obasa herbal

Beli Obasa Herbal Klik di Sini

Kandungan jahe merah, kencur dan thymi herba dalam Obasa Herbal bekerja efektif dalam meredakan batuk, masuk angin sekaligus melegakan tenggorokan. Obat batuk herbal dewasa ini dapat dikonsumsi dengan ketentuan 3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

9. OB Herbal Junior

ob herbal junior

Beli OB Herbal Junior Klik di Sini

Bingung menentukan obat herbal apa yang aman dikonsumsi oleh anak-anak? Anda dapat memanfaatkan OB Herbal Junior yang terbuat dari 100% bahan-bahan herbal berkhasiat.

Obat ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari 2 sendok takar atau setara 10 ml. Anjuran penggunaan obat ini adalah untuk anak usia 6-12 tahun dan juga di atas 12 tahun.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

10. Siladex Cough Herbal Sirup

obat batuk dewasa anak siladex cough herbal sirup

Beli Siladex Cough Herbal Sirup Klik di Sini

Mengandung berbagai bahan herbal bermanfaat, Siladex Cough Herbal Sirup dapat membantu Anda mengatasi batuk tidak berdahak. Obat ini juga bekerja efektif dalam melegakan tenggorokan dan memberi efek menghangatkan pada tubuh.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari dengan takaran yang disesuaikan oleh usia. Dewasa dan anak di atas 12 tahun mengonsumsi sebanyak 2 sendok takar atau 10 ml, anak usia 6-12 tahun sebanyak 5 ml dan 2,5 ml untuk anak usia 2-5 tahun.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/botol

11. Anakonidin Herbal Sirup

obat batuk anakonidin herbal sirup

Beli Anakonidin Herbal Klik di Sini

Anakonidin Herbal Sirup merupakan salah satu obat batuk yang terbuat dari berbagai zat aktif bahan-bahan herbal berkhasiat. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari, 5 ml setiap kali konsumsi untuk anak usia 2-5 tahun dan 10 ml untuk usia 6-12 tahun.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

12. OB Herbal Ziplong Stick

ob herbal ziplong dewasa anak

Beli OB Herbal Ziplong Stick Klik di Sini

Tiap 12 ml kemasan OB Herbal Ziplong Stick mengandung jahe, kencur, jeruk nipis, licorice, thymi dan juga madu yang dapat membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan.

Saran mengonsumi obat ini adalah sesudah makan. Perlu diketahui bahwa klaim obat ini adalah tidak menyebabkan kantuk, namun pada beberapa orang efek samping tersebut bisa saja masih dirasakan.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/dos

13. Ssa Lo Han Kuo Infusion

obat batuk herbal ssa lo han kuo infusion

Beli Ssa Lo Han Kuo Infusion Klik di Sini

Obat tradisional China yang satu ini bermanfaat untuk meredakan batuk dan juga panas dalam. Ssa Lo Han Kuo Infusion dapat dikonsumsi dengan cara melarutkannya ke dalam segelas air hangat.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/dos

14. Obana Sirup

obat batuk herbal obana sirup

Beli Obana Sirup Klik di Sini

Jika Obasa Sirup merupakan obat batuk herbal khusus untuk Dewasa, nah Obana Sirup ini adalah versi aman untuk anak-anak. Obat ini mengandung berbagai ekstrak bahan herbal berkhasiat seperti jahe merah, thymi herba dan juga madu.

Pastikan untuk mengocok botol obat ini terlebih dahulu sebelum diminum. Kemudian, Anda dapat memberikan Obana Sirup 3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan atau 15 ml pada si kecil.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/botol

15. Silex Sirup

obat batuk herbal silex sirup

Beli Silex Sirup Klik di Sini

Obat batuk herbal di apotik yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui? Anda dapat mengandalkan Silex Sirup. Obat ini bekerja secara efektif dalam mengatasi batuk berdahak, batuk alergi ataupun batuk karena flu.

Anjuran penggunaan obat ini adalah 3-4 kali sehari dengan takaran 5-15 ml tiap konsumsinya. Untuk ibu menyusui ataupun ibu hamil, mungkin memerlukan konsultasi dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi Silex Sirup.

Kisaran harga: Rp 87 ribu/botol

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat batuk herbal untuk anak dan dewasa yang tersedia di apotik. Apabila batuk tidak kunjung mereda, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Butuh obat tengah malam tanpa ribet? Tidak perlu keluar rumah dengan jaminan pengiriman cepat. Anda dapat mengandalkan K24Klik. Unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store, beli obat jadi lebih praktis!

Referensi:

https://www.everydayhealth.com/cough/guide/ diakses pada 25 Agustus 2023