15 Obat Batu Ginjal di Apotik yang Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Batu Ginjal di Apotik Pada Wanita dan Pria

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Penggunaan obat batu ginjal diresepkan dokter sebagai salah satu cara untuk membantu pengeluaran batu ginjal dan melarutkannya melalui urine.

Batu ginjal terjadi akibat adanya endapan di dalam ginjal yang berasal dari zat kimia di dalam urine. Proses pengeluaran batu ginjal sendiri umumnya akan terasa menyakitkan sehingga dokter meresepkan beragam obat ginjal untuk mengatasinya.

Ukuran dari batu ginjal biasanya sekecil butiran pasir, kerikil, kacang polong, hingga sebesar bola golf. Dikarenakan urine mengandung lebih banyak zat kimia, endapan dalam ginjal dapat membentuk kristal yang saling menempel.

Beberapa penyebab umum dari penyakit batu ginjal sendiri adalah kekurangan konsumsi air putih, kelebihan oksalat, mengonsumsi vitamin C secara berlebihan hingga adanya riwayat keluarga penderita sakit batu ginjal.

Penyakit batu ginjal ini dapat dikenali dari beragam gejala yang ditunjukkan. Misalnya merasa nyeri di bagian punggung bawah, mual yang disertai muntah, demam, urine berbau tak sedap hingga warna urine yang keruh.

Baca juga: Sakit Batu Ginjal: Penyebab, Gejala, Pengobatannya

Rekomendasi Obat Batu Ginjal di Apotik yang Ampuh

Penanganan penyakit batu ginjal sendiri perlu pemeriksaan dokter terlebih dahulu untuk menentukan obat terbaik. Sesuai dengan hasil analisis dokter, berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat batu ginjal di apotik yang ampuh.

1. Allopurinol

obat batu ginjal di apotik allopurinol

Beli Allopurinol Klik di Sini

Allopurinol merupakan obat yang efektif membantu menurunkan kadar asam urat pada urine dan darah. Alhasil, kadar urine tetap dalam keadaan basa. Dalam beberapa kasus, allopurinol bersama zat alkali bisa melarutkan batu asam urat.

Dengan memanfaatkan resep dokter, Anda dapat membeli Allopurinol di K24Klik dengan beragam merek seperti Hexpharm.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

2. Hytroz

obat batu ginjal di apotek hytroz

Beli Hytroz Klik di Sini

Kandungan terazosin dalam Hytroz dapat membantu Anda untuk merelaksasi otot kandung kemih. Nah, nantinya aliran urine menjadi lebih lancar sehingga batu ginjal pun mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, Hytroz biasanya juga digunakan untuk mengobati hipertensi ringan hingga sedang dan menghilangkan beragam gejala hiperplasia prostat ringan.

Kisaran harga: Rp 51 ribu/strip

3. Renalof

obat batu ginjal paling ampuh renalof

Beli Renalof Klik di Sini

Mengandung agaropyron repens, Renalof diformulasikan khusus untuk menghilangkan rasa sakit, meluruhkan batu oksalat yang ada di ginjal dan kantung kemih.

Suplemen ini juga dapat membantu merangsang air seni sehingga pengeluaran batu ginjal menjadi lebih mudah. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini 1-2 jam sebelum makan sesuai dosis yang dianjurkan.

Selain membantu mengobati batu ginjal, Renalof juga dapat mencegah terbentuknya kembali kristal dalam saluran urine serta mengurangi iritasi dan peradangan.

Kisaran harga: Rp 1,6 juta/dos

4. Ghensen Ginjal Seahorse

suplemen batu ginjal di apotik ghensen ginjal seahorse

Beli Ghensen Ginjal Seahorse Klik di Sini

Selain mengatasi rasa lemah, letih, dan lesu, Ghensen Ginjal Seahorse bisa digunakan untuk melancarkan urine. Beberapa kandungan bermanfaat di dalamnya juga dapat membantu meluruhkan batu ginjal. 

Komposisi alami dari suplemen ini adalah hippocampus, panax ginseng, plantaginis folium dan masih banyak lagi. Anjuran mengonsumsi Ghensen Ginjal Seahorse adalah 2 kali sehari sebanyak 2 kaplet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 58 ribu/botol

5. Batugin Elixir

obat batu ginjal di apotik batugin elixir

Beli Batugin Elixir Klik di Sini

Dengan kandungan ekstrak sonchi folium dan juga stribilanthi folium di dalamnya, Batugin Elixir merupakan obat yang ampuh dalam meluruhkan batu urine. Cara kerja obat ini adalah membuat arus kemih deras sehingga pengeluaran batu ginjal menjadi lebih mudah.

Selama masa pengobatan, Anda dapat memanfaatkan 3-4 kali sehari sebanyak 1 cup takaran penuh Batugin Elixir. Sedangkan setelah batu ginjal dapat keluar, konsumsi 1 kali sehari dengan 1 cup takaran penuh.

Kisaran harga: Rp 62 ribu/pcs

6. Tahesta Cuka Apel

obat herbal batu ginjal di apotik tahesta cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

Cuka apel mengandung asam asetat yang meringankan nyeri akibat batu ginjal. Selain itu, larutan ini juga membantu mengurangi pembentukan dan meluruhkan batu ginjal.

Anda dapat membeli Tahesta Cuka Apel sebagai salah satu pilihan tepat membantu pengobatan batu ginjal. Tersedia di K24Klik, cuka apel ini kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Kisaran harga: Rp 62 ribu/botol

7. Renax Kapsul

supleman batu ginjal paling ampuh renax kapsul

Beli Renax Klik di Sini

Renax merupakan salah satu suplemen yang dapat membantu meluruhkan batu oksalat di ginjal dan saluran kemih. Suplemen batu ginjal ini memiliki kandungan serisocalyx folium, orthosiphonis herba, sonchus folium dan juga plantago folium.

Kisaran harga: Rp 654 ribu/botol

8. Nephrolit

obat batu ginjal di apotik nephrolit

Beli Nephrolit Klik di Sini

Mengkombinasikan ekstrak orthosifon stamineus folium dan strobilantus, Nephrolit dapat membantu meluruhkan batu ginjal di saluran kemih. Obat ini juga dapat membantu melancarkan buang air kecil.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

9. Keling

obat batu ginjal di apotek keling

Beli Keling Klik di Sini

Keling merupakan kapsul jamu yang mengandung ekstrak sonchi folium, sericocalycis folium, orthosiphonis folium dan juga cyperi rhizoma. Manfaat dari obat ini adalah membantu meluruhkan batu oksalat, melancakan air seni dan mengurangi sakit pinggang.

Dosis penggunaan obat ini adalah 2 kali sehari sebanyak 2 kapsul sekali minum atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/pcs

10. Furosemide

obat batu ginjal paling ampuh furosemide

Beli Furosemide Klik di Sini

Obat diuretik menjadi jenis obat yang digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Nah, furosemide merupakan obat diuretik yang dapat menangani gangguan ginjal, mencegah serangan jantung, stroke serta menurunkan tekanan darah.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan Furosemide.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

11. Enatin Kapsul

obat batu ginjal paling ampuh enatin kapsul

Beli Enatin Klik di Sini

Apabila ukuran batu ginjal masih dalam kategori kecil, penyembuhan tanpa operasi mungkin saja dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi suplemen herbal yang mengkombinasikan beragam bahan alami bermanfaat seperti Enatin Kapsul.

Suplemen ini memiliki kandungan juniper oil, peppermint oil, turpentine oil, sulfur dan juga essential fatty acids di dalamnya. Untuk pengobatan, Anda dapat mengonsumsi 3-4 kali sehari sebanyak 2 kapsul tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 108 ribu/botol

12. Cystone

nutrisi baik untuk batu ginjal di apotik cystone

Beli Cystone Klik di Sini

Mengandung beragam herbal bermanfaat, Cystone merupakan salah satu nutrisi baik untuk menangani batu ginjal dan juga infeksi saluran kencing rekuren. Anjuran mengonsumsi suplemen ini adalah 2-3 kali sehari sebanyak 2 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 471 ribu/dos

13. Alluric

obat batu ginjal di apotik alluric

Beli Alluric Klik di Sini

Menumpuknya asam urat dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab batu ginjal. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Alluric yang memiliki kandungan allopurinol di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 26 ribu/strip

14. Kejibeling

obat batu ginjal kejibeling

Beli Kejibeling Klik di Sini

Bahan-bahan yang terkandung dalam Kejibeling berasal dari tanaman dan kaya akan kalium, kalsium dan natrium. Manfaat utama dari suplemen ini adalah membantu melancarkan buang air kecil dan meluruhkan batu oksalat di ginjal.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

15. Bicarbonas Natricus

Mengandung sodium bicarbonate, Bicarbonas Natricus merupakan obat generik yang biasa digunakan untuk mengontrol pH urin. Pada penderita batu ginjal, tinggi rendahnya kadar asam pada urine sangatlah berpengaruh.

Dengan mengonsumsi obat ini, kadar asam pada urine akan menurun sehingga pengobatan batu ginjal pun menjadi lebih efektif dan mencegah keparahan penyakit.

Selain itu, Bicarbonas Natricus juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kelebihan asam lambung.

Kisaran harga: Rp 200 ribu/botol isi 1000 tablet

Itulah tadi beragam rekomendasi obat batu ginjal di apotik yang ampuh dan dapat dibeli sesuai dengan petunjuk dokter. Untuk penanganan terbaik, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli.

Butuh vitamin ataupun obat? Tidak perlu repot keluar rumah, K24Klik siap jadi andalan Anda!

Unduh aplikasi Play Store dan juga App Store, dapatkan penawaran terbaik khusus untuk pengguna baru!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-stones/symptoms-causes/syc-20355755 diakses pada 12 Februari 2024